Friday, August 30, 2013

Tips Memilih Router yang Tepat untuk Jaringan Nirkabel

Kangje.com - Jaringan nirkabel menjadi sangat populer saat ini dengan banyaknya perangkat pendukung tipe jaringan tersebut. Berbagai perangkat yang dapat terkoneksi ke jaringan memiliki fitur koneksi menggunakan wireless/nirkabel. Oleh karena itu banyak sekali perusahaan, kantor, sekolah, maupun rumah-rumah memasang jaringan nirkabel untuk memudahkan perangkat yang mereka gunakan dalam melakukan koneksi ke internet.

Tetapi membangun jaringan nirkabel tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya strategi yang tepat untuk membangun jaringan nirkabel dengan hasil yang maksimal.

Dengan banyaknya perangkat jaringan yang beredar di pasaran membuat bingung beberapa orang untuk menentukan akan menggunakan perangkat yang mana untuk membangun jaringan nirkabel mereka. 

Kemampuan dari masing-masing perangkat jaringan nirkabel yang beredar pun cukup bervariatif, sehingga pengguna menjadi semakin bingung, apalagi sebagai orang awam dalam dunia jaringan komputer.

Tips Memilih Router yang Tepat untuk Jaringan Nirkabel

Beberapa perangkat jaringan nirkabel yang beredar di pasaran memberikan suatu kemudahan dalam menggunakan, tetapi tidak jarang juga ada beberapa perangkat jaringan nirkabel yang masih rumit dalam penggunaannya. 

Berikut ada tips tentang bagaimana mempertimbangkan dalam menentukan perangkat yang akan digunakan untuk membangun jaringan nirkabel. 

Tips berikut diutarakan oleh Boon Ping Tang, Regional Sales Director Asia Cisco Consumer Business Group yang dilansir oleh Detik.com.
Tips Memilih Router yang Tepat untuk Jaringan Nirkabel

Perhatikan software yang menyertai perangkat jaringan nirkabel

Perangkat utama dalam membuat jaringan nirkabel adalah Router. Ketika memilih Router, perlu diperhatikan tentang software yang menyertai Router tersebut. 

Software yang menyertai perangkat Router tersebut haruslah mudah dioperasikan, meskipun Anda adalah seorang pemula. Software yang mudah dioperasikan memiliki ciri menyembunyikan kompleksitas yang akan dihadapi oleh pengguna seperti pengaturan subnet mask, protokol, dan lain-lain. 

Dengan menyembunyikan kompleksitas tersebut, langkah untuk pengaturan tinggal dilakukan dengan klik sana dan klik sini. 

Sebagai tambahan, perhatikan juga fitur tambahan dari perangkat Router yang akan Anda terapkan. Fitur tambahan tersebut seperti Parental Control yang dapat memberikan fitur kontrol waktu dan penggunaan bagi anak-anak ketika mengakses internet.

Perhatikan kinerja perangkat yang akan digunakan

Router menjadi perangkat utama yang langsung berhadapat dengan dunia internet. Jadi pastikan kinerja Router yang akan digunakan berada dalam kondisi yang bagus. 

Dengan kondisi kinerja yang bagus, akses yang akan Anda dapat juga akan maksimal tanpa adanya hambatan. 

Deteksi paling mencolok dalam menentukan baik atau tidaknya kinerja Router adalah ketika akses video dilakukan oleh beberapa host secara bersamaan melewati Router tersebut. Jika terputus-putus, maka Router memang kurang baik kinerjanya.

Perhatikan desain perangkat jaringan nirkabel yang tepat

Desain perangkat jaringan nirkabel juga menentukan kualitas suatu perangkat jaringan nirkabel.

Penggunaan accessories perangkat jaringan nirkabel seperti antena yang menyertai perangkat utama jaringan nirkabel tersebut sangat mempengaruhi kinerja Router nantinya. 

Dengan penggunaan bahan yang tepat untuk desain accessories perangkat tersebut akan menunjang kinerja perangkat yang disertainya. 

Selain itu, desain yang menarik akan menambah nilai positif dimana Anda akan memasang perangkat tersebut, meskipun berada di terpat umum dan banyak orang.

Dengan memperhatikan informasi yang lengkap dari apa yang dibutuhkan dapat menunjang keberhasilan sesuatu yang akan dibangun. 

Seperti penjelasan di atas, ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan sebagai pertimbangan ketika akan membangun jaringan nirkabel. Hal ini dimaksudkan untuk kelancaran dan keamanan jaringan yang dibangun.

Demikian artikel kali ini tentang Tips Memilih Router yang Tepat untuk Jaringan Nirkabel. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan pertimbangan.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon