Wednesday, November 21, 2012

Alasan Orang Untuk Tetap Eksis di Dunia Maya Dengan Media Sosial

Kangje.com - Jika membahas tentang alasan orang memakai media sosial untuk tetap eksis di dunia maya memang bervariasi sekali hasilnya. Setiap orang dapat dipastikan memiliki beberapa alasan kenapa mereka menggunakan media sosial untuk tetap eksis di dunia maya. Dan itu membuat alasan-alasan penggunaan semakin banyak dan berbeda-beda.

Adakalanya alasan antara satu orangan dengan orang yang lainnya memiliki kesamaan, baik dalam kesamaan tujuan dari alasan pemakaian maupun kesamaan dalam segi alasan itu sendiri. Beberapa alasan orang menggunakan media sosial untuk tetap eksis di dunia maya yang dapat dirangkum dalam tulisan ini meliputi hal-hal berikut ini.

Alasan Orang Untuk Tetap Eksis di Dunia Maya Dengan Media Sosial

Untuk mencari dan menambah teman dengan mudah

Alasan yang pertama orang tetap eksis di dunia maya dengan media sosial adalah untuk mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya. Teman yang telah dikumpulkan pada media sosial yang dipakai tidak hanya sebatas hubungan dunia maya saja, tetapi bisa berkembang ke arah dunia nyata dengan seiring berjalannya waktu. 

Kemudahan yang diberikan oleh media sosial untuk fitur pencarian orang yang ingin ditambahkan menjadi teman membuat orang senantiasa memanfaatkan media sosial sebagai jalan untuk mencari teman yang banyak. Dan hasil akhirnya adalah komunikasi akan tetap terjalin di dunia maya yang menyebabkan pemilik akun media sosial tersebut tetap eksis di dunia maya lewat media sosial yang digunakannya.
Alasan Orang Untuk Tetap Eksis di Dunia Maya Dengan Media Sosial

Menunjang promosi bisnis yang dilakukan

Media sosial menjadi jalan yang efektif untuk promosi bisnis yang ditekuni. Hal ini dikarenakan media sosial memiliki member anggota yang tidak sedikit tergabung dalam satu wadah media sosial. Dengan melakukan promosi lewat media sosial, kemungkinan besar atau bahkan dapat dipastikan promosi bisnis akan dilihat oleh orang banyak yang tergabung dalam media sosial tersebut, seperti contohnya Facebook dan Twitter.

 Banyak orang yang melakukan kampanye pemasaran usaha menggunaka media sosial. Hal yang mendorong kegiatan ini adalah efektifitas dan penekanan biaya promosi yang kecil, bahkan gratis. Beberapa alasan para pelaku bisnis menggunakan media sosial untuk keperluan promosi adalah mereka dapat tetap terhubung dengan banyak orang, baik yang membutuhkan produk atau jasanya ataupun tidak untuk saat itu. 

Alasan berikutnya adalah meraka akan dapat menjalin hubungan yang lebih personal dalam kepentingan bisnis yang ditawarkan lewat media sosial. Dan alasan yang lainnya adalah meraka akan mendapatkan komentar yang signifikan mengenai bisnis yang ditawarkan dari orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya.

Mencari teman lama, teman baru, teman dekat, pacar, bahkan jodoh

Saat ini peran media sosial seperti Facebook dan Twiter bagi anak muda lebih cenderung ke arah ini, yaitu mencari teman dekat, pacar, bahkan jodohnya. Tidak sedikit orang yang menemukan pacar, bahkan belahan jiwanya melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter

Hal ini dikarenakan fasilitas kebebasan mencari teman darimanapun dan siapapun bagi para member-nya. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, tidaklah sulit bagi seseorang untuk mencari orang lain yang tetap untuknya, meskipun baru sebatas dunia maya, tetapi itu tidak menutup kemungkinan untuk berlanjut ke arah dunia nyata jika komunikasi tetap terjadi. Dan inilah yang saat ini banyak mendorong orang untuk tetap eksis di dunia maya dengna media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Dapat menunjang Search Engine Optimization (SEO) dan meningkatkan trafik pengunjung

Untuk alasan yang satu ini mungkin dikhususkan bagi meraka yang gemar blogging. Media sosial menjadi salah satu pilihan cara membuat website atau blog mendapatkan tempat yang bagus di mata mesin pencari seperti Google

Hal ini dikarenakan website yang di-share lewat media sosial akan mendapat pengunjung asli tanpa bantuan traffic exchange. Dengan begitu, mesin pencari akan cepat mengindeksi halaman demi halaman artike yang ada di website atau blog

Selain itu, dengan share website atau blog ke media sosial, website atau blog akan dilihat oleh orang banyak yang tergabung di dalam media sosial tersebut. Mungkin tidak semua mau mengunjungi website atau blog tersebut, tetapi setidaknya ada beberapa member yang akan masuk ke blog atau website melewati link yang telah dicantumkan lewat share media sosial. 

Oleh karena itu dengan tetap eksis di dunia maya dengan media sosial dengan topik yang diinginkan akan dapat menunjang seberapa terkenal blog atau website yang dimiliki.

Menjadi tempat curahan hati dan perasaan

Beberapa media sosial saat ini menjadi lahan curahan hati dan perasaan (curhat) bagi penggunanya. Status yang dilontarkan dalam media sosial merupakan isi perasaan yang terkadang tidak bisa diungkapkan kepada orang lain. Meraka menuliskan dalam bentuk kata-kata untuk mengungkapkan maksut hatinya. 

Dengan begitu akan banyak orang yang menjadi temannya membaca tulisannya tersebut dan memberikan respon yang berbeda-beda. Dan akhirnya komunikasi akan terjalin dan eksis dengan model curhat akan terbentuk pada diri mereka.

Dapat membuat terkenal

Memang tidak menutup kemungkinan orang akan terkenal hanya dengan eksis di dunia maya lewat media sosial. Contohnya saja pelantun lagu lipsing, Shinta dan Jojo. Mereka terkenal setelah eksis dengan lagu lipsing-nya yang berjudul Keong Racun pada Yotube.

Nah itu tadi beberapa alasan orang ingin tetap eksis di dunia maya dan media sosial. Apakah alasan kalian ada di salah satu yang kami sebutkan di atas? Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon