Wednesday, November 28, 2012

Mengenal dan Memahami Konsep Layer pada RPG Maker XP

Kangje.com - Dari map yang telah kita buat di atas, kita mengenal dan bekerja pada layer map yang berbeda-beda dari beberapa objek yang kita masukkan. Hal ini tidaklah dilakukan dengan begitu saja, tetapi dengan menempatkan objek pada layer yang berbeda-beda membuat hasil akhir kita kelihatan seperti nyata.

Hasilnya adalah objek akan kelihatan saling menumpuk satu dengan yang lainnya (ada yang di atas, ada yang di bawah) tetapi tanpa merusak antara objek tersebut. Itulah maksud penggunaan layer yang berbeda-beda pada beberapa objek dalam map di RPG Maker XP.

Mengenal dan Memahami Konsep Layer pada RPG Maker XP

Dalam menempatkan objek pada suatu layer tidak boleh sembarangan. Terdapat aturan tertentu supaya objek tidak saling menimpa dan saling merusak ketika ditempatkan di dalam map. Dalam satu layer tidak boleh menempatkan dua objek pada satu kotak tile yang sama. Jika hal ini dilakukan akan menimbulkan kerusakan pada objek yang dibuat lebih awal. 

Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar ini menjelaskan penempatan objek yang saling tumpang tindih pada satu layer dan hasilnya rusak.
Pada layer 2 di atas buat dua buah pohon besar dan berikan jarak diantaranya. Setelah dua pohon itu jadi, masih di layer 2 kita buat pohon besar lagi yang tidak ada daunnya. Kemudian buat pohon tanpa daun tersebut di tengah-tengah kedua pohon yang dibuat tadi. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Hasilnya objek pohon berdaun yang dibuat lebih awal akan terpotong oleh objek pohon tanpa daun yang baru dimasukkan. Untuk menghindari hal tersebut, maka pemahaman akan layer dan penggunaannya sangat diperlukan untuk membuat map yang baik. Untuk membuat map dengan objek yang saling tumpang tindih, kita dapat memanfaatkan layer yang berbeda pada setiap objek yang kita masukkan. Perhatikan gambar dan perintah di bawah ini:
Pada layer 2 buatlah dua atau empat pohon dengan daun. Berikan jarak yang cukup untuk masing-masing pohon. Setelah pohon di layer 2 selesai dibuat pindahkan posisi layer aktif menjadi layer 3 dengan cara klik icon layer 3. Setelah layer 3 aktif, tambahkan pohon tanpa daun di antara pohon-pohon berdaun tersebut. Hasilnya bisa tampak seperti gambar berikut:
Perhatikan gambar di atas, meskipun objek diletakkan tumpang tindih seperti pada penjelasan pertama tadi tidak terjadi kerusakan pada objek yang lebih dulu dibuat. Hal ini dikarenakan posisi layer objek yang sudah berbeda. Untuk lebih jelas melihatnya, silahkan klik layer event, perbedaan akan terlihat jelas, objek mana yang ada di atas dan objek mana yang ada di bawah.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan layer mempengaruhi kedudukan objek yang dimasukkan ke dalam layer tersebut.
  • Layer 1 berada pada latar yang paling belakang. 
  • Layer 2 berada pada latar tengah (di antara latar belakang dan latar paling depan). 
  • Layer 3 berada pada latar paling depan. 
  • Sedangkan layer event tidak terlalu berpengaruh pada kedudukan objek.
  • Layer 1 sebaiknya diisi dengan objek dasar dari map seperti rumput, auto tile (air, tanah)
  • Layer 2 sebaiknya diisi dengan objek lapisan pertama / lapisan bawah seperti meja, batu, kayu, pohon, dan rumah.
  • Layer 3 sebaiknya diisi dngan objek lapisan kedua /atas seperti jendela, pintu, buku, perabotan, dan lain-lain.
Untuk membuat model seperti itu tidaklah sulit, cukup berpindah ke layer 1 dan layer 2 secara berganti ketika memasukkan tile yang diinginkan bertumpuk depan dan belakang.

Demikian artikel kali ini tentang Mengenal dan Memahami Konsep Layer pada RPG Maker XP. Silahkan dicoba dan jika mengalami kesulitan silahkan hubungi kami melalui kolom komentar yang tersedia.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon