Tuesday, October 30, 2012

Cara Menjalankan Aplikasi Berbasis Windows di Ubuntu

Kangje.com - Sistem operasi Windows dan Linux memang memiliki perbedaan yang mencolok. Terutama dari segi komersialnya, ya Windows itu berbayar dan Linux itu mayoritas gratis. Inilah salah satu kelebihan Linux bila dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Sifatnya yang gratis dan open source (dapat dikembangkan oleh siapa saja) membuat Linux menjadi idola di beberapa kalangan pemakai komputer.

Akan tetapi, kelemahan/kekurangan Linux jika gunakan oleh orang awam yang kurang paham dengan komputer adalah kurangnya program-program aplikasi sehari-hari yang mendukung sistem operasi ini.

Contohnya saja adalah program aplikasi Microsoft Office. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini akan susah juga beradaptasi dengan aplikasi sejenis dengan sistem operasi yang berbeda. Bentuk interface sangat mempengaruhi kebiasaan pengguna. Padahal di Linux, aplikasi ini tidaklah mendukung. 
Cara Menjalankan Aplikasi Berbasis Windows di Ubuntu



Cara Menjalankan Aplikasi Berbasis Windows di Ubuntu

Tetapi ternyata ada cara yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis Windows di Linux. Wahh, pasti ini adalah kabar gembira tentunya.

Dengan menggunakan satu program yang berjalan di sistem operasi Linux, yaitu Wine, kita dapat menjalankan aplikasi berbasis Windows di Linux. Misalnya adalah aplikasi Microsoft Office 2010. Dengan memanfaatkan program ini, tidak hanya MS Office saja yang dapat dijalankan, tetapi juga produk dari Adobe pun ada yang dapat dijalankan di dalamnya.

Memang sistem kerjanya sedikit rumit. Tetapi untuk memakainya tidaknya sulit. Bagi yang sudah terbiasa dengan linux pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan Wine.

  • Pertama adalah instalasi Wine dengan perintah sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa dan dilanjutkan dengan sudo apt-get update && apt-get install wine1.5.
  • Selanjutnya adalah instalasi aplikasi berbasis Windows di dalam Wine yang sudah terinstal di dalam Linux tersebut. Dalam hal ini Linux yang banyak dipakai adalah Linux Ubuntu.

Nah itulah cara menjalankan aplikasi Windows di Linux dengan Wine. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon