Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Membuat Fasilitas Print PDF pada Posting Blog

Kangje.com - Fasilitas print PDF sering kita jumpai pada beberapa website. Print PDF ini merupakan suatu fasilitas untuk mencetak isi/konten website menjadi file PDF yang bisa dibawa kemana saja dengan mudah. Jadi bisa memudahkan pengunjung untuk mencetak isi dari konten yang kalian terbitkan di website.

Untuk website yang berbasis CMS seperti Joomla dan Wordpress tidak begitu ada masalah untuk menambahkannya, karena sudah ada beberapa modul dan plugin yang dapat dipakai. Akan tetapi bagaimana jika kita ingin menambahkan fasilitas tersebut pada blog yang terbuat dari Blogspot/Blogger??? Jawabannya tentu saja BISA, tetapi dengan sedikit modifikasi pada HTML-nya.

Dan kali ini akan dibahas tentang cara menambahkan fasilitas Print to PDF pada posting Blog yang terbuat dari Blogspot atau Blogger.
Cara Membuat Fasilitas Print PDF pada Posting Blog

Cara Membuat Fasilitas Print PDF pada Posting Blog

Cara untuk menambahkan fasilitas ini memang sedikit rumit bagi pemula, tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan HTML yang ada di Blogger tidaklah akan mengalami kesulitan. Untuk kalian yang ingin menambahkan fitur ini di blog, berikut ini kami siapkan skrip dan langkah-langkahnya. Silahkna diikuti dengan seksama dan urut.
  • Buka Dashbord blog dan masuklah ke menu Template.
  • Pilih Edit Template dan klik Process.
  • Setelah halaman HTML tebuka jangan lupa berikan tanda centang pada pilihan Expand Widget Templates.
  • Setelah terbuka kembali, cari tag script dengan nama <div class='post-footer'>, gunakan fasilitas find untuk mempermudah menemukan tag tersebut.
  • Setelah ketemu, letakkan kode di bawah ini tepat di bawah tag tersebut.
<div align="left"><b><marquee behavior="alternate" bgcolor="yellow" onmouseout="this.start()" onmouseover="this.stop()" scrollamount="3" width="100%"><!-- BEGIN joliprint Code --><b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"> <script charset="ISO-8859-1" src="http://api.joliprint.com/joliprint/js/joliprint.js" type="text/javascript"> <script type='text/javascript'>$joliprint().set(&quot;service&quot;, &quot;blogger-snippet&quot;).set(&quot;label&quot;,&quot;Print to PDF&quot;).set(&quot;labelposition&quot;,&quot;after&quot;).set(&quot;button&quot;, &quot;pdf-icone&quot;).write();</script><b:else> <b:if cond="data:post.isFirstPost">  <script charset="ISO-8859-1" src="http://api.joliprint.com/joliprint/js/joliprint.js" type="text/javascript"> </b:if> <script type='text/javascript'>$joliprint().set(&quot;service&quot;, &quot;blogger-snippet&quot;).set(&quot;label&quot;,&quot;Print PDF&quot;).set(&quot;labelposition&quot;,&quot;after&quot;).set(&quot;button&quot;, &quot;pdf-icone&quot;).set(&quot;url&quot;,&quot;<data:post.url/>&quot;).write();</script></b:if><!-- END joliprint Code --></b:else></b:if></marquee></b> </div>
  • Kemudian Save Template untuk menyimpan.
  • Selesai
Demikian artikel kali ini tentang Cara Membuat Fasilitas Print PDF pada Posting Blog. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Fasilitas Print PDF pada Posting Blog"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,