Wednesday, August 15, 2012

Kelebihan Opencart untuk Membangun Toko Online

Kangje.com - Toko online merupakan sarana untuk berjualan di dunia maya. Saat ini, membuat toko online tidaklah sulit. Membuat toko online sangat mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang yang mengenal internet. Berbagai panduan pun banyak tersedia di dunia maya mengenai cara membuat toko online yang mudah dan bagus. Salah satu cara membuat toko online dengan mudah dan cepat adalah dengan menggunakan CMS Opencart yang tersedia gratis di internet.

Opencart merupakan sebuah website bertipe CMS (Content Management System) yang tersedia gratis dan memiliki spesialisasi dalam dunia toko online (online store). Untuk memperoleh CMS Opencart secara gratis, kita hanya perlu mengunjungi website resmi Opencart di www.opencart.com dan masuk ke menu Download.

Di menu download tersebut kita bisa mengambil/mengunduh CMS Opencart dengan versi yang terbaru. Untuk instalasi ke hosting yang berbayar, kita tidak perlu susah payah download dari website resmi Opencart, karena di dalam hosting tempat kita berlangganan telah tersedia instalasi otomatis yang sangat mudah.
Kelebihan Opencart untuk Membangun Toko Online

Kelebihan Opencart untuk Membangun Toko Online

Keunggulan Opencart dibandingkan jenis CMS Online Store lainnya adalah daya load di internet lebih ringan. Opencart tergolong ringan dalam kualitas loading website. Dan kualitas ini tidak mengurangi fasilitas yang tersedia di Opencart tersebut. Fasilitas masih utuh dan kualitas loading tergolong lebih cepat dibandingkan jenis CMS online store yang lainnya.

Untuk membuat tampilan Opencart supaya menarik, berbagai modul dan plugin sudah tersedia dan original dari website resmi Opencart. Melalui menu Extentions, kita dapat memperoleh berbagai modul dan plugin yang lainnya dengan sangat mudah. Tersedia dalam berbagai versi, sehingga dapat disesuaikan dengan Opencart yang kita gunakan. 

Modul dan plugin yang ada di website resmi Opencart ada yang berbayar dan banyak juga yang gratis. Tinggal sebijak apa kita mengambil dan memakai fasilitas tersebut.

Kelebihan Opencart untuk Membangun Toko Online

Untuk instalasi modul ke dalam Opencart yang telah terinstalasi tidaklah sulit. Setiap modul yang kita download dari website resmi tersebut selalu disertai dengan cara instalasi modul tersebut. Jadi tidak perlu susah payah mencari caranya lagi di internet.

Setiap modul memiliki kompatibelitas sendiri-sendiri terhadap versi Opencart yang dipakai, jadi harap berhati-hati jika mengambil modul dan plugin lainnya. Untuk efek samping dari kompatibelitas modul dengan versi Opencart tidaklah berdampak besar, hanya saja mengurangi space hosting kita nantinya.

Untuk pengelolaan di dalam dashboard Opencart juga sangat mudah. Berbagai panduan sudah tersedia di internet, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.Untuk tampilan theme yang hendak dipakai, kita dapat menggunakan theme lain yang bukan bawaan saat instalasi. 

Caranya juga kita mengambil dari website resmi Opencart kemudian kita instalasi ke dalam Opencart kita melalui direktori instalasi Opencart di hosting kita. Tenang saja, semua modul sudah sudah disedia cara instalasinya juga.

Selain itu, CMS Opencart merupakan CMS yang open source, jadi kita bisa mengubah tampilan dan tulisan yang ada di dalam Opencart itu menjadi yang kita inginkan. Hanya saja untuk melakukan hal ini, kita harus menguasi struktur pemrograman web seperti CSS, HTML, PHP, dan lain-lain. Tapi semua itu dapat dipelajari dengan browse saja di internet.

Demikianlah review untuk membuat toko online menggunakan CMS Opencart. Semoga dapat membantu dalam menentukan dengan apa kita akan membuat toko online dan nantinya bentuknya seperti apa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon