Kamis, 16 Agustus 2012

Cara Membuat Game 2D dengan RPG Maker

Kangje.com - RPG Maker merupakan salah satu produk software yang digunakan untuk membuat game 2D. Game yang dibuat dengan menggunakan RPG Maker berbasiskan Role Playing Game. Tipe permainannya adalah dengan menjalankan satu karakter saja dalam satu game melalui tombol kontrol.

RGP Maker sangat terkenal dikalangan pembuat game 2D yang bersifat petualangan, pertempuran, teka-teki, dan lain-lain. Software RGP Maker XP adalah salah satu versi dari RPG Maker. Aplikasi ini menyediakan tools yang kompleks dalam mengembangkan ide kreatif untuk membuat game.

Pergerakan game yang dibuat menggunakan RGP Maker hanya dapat menggerakkan satu karakter dengan tombol navigator. Tetapi untuk melakukan beberapa karakter bergerak bersama-sama, dapat dilakukan dengan menambahkan event yang berjalan secara paralel. Tetapi khusus untuk battle (pertempuran), kedua atau beberapa karakter akan dapat bergerak dengan tombol navigator yang berbeda karena adanya skill yang telah di-setting sebelumnya.
Cara Membuat Game 2D dengan RPG Maker


Cara Membuat Game 2D dengan RPG Maker

Membuat game menggunakan RPG Maker tergolong sangat mudah dan dapat dikerjakan oleh setiap orang yang mengenal komputer. Sistem kerja RPG Maker dalam membuat game adalah meletakkan logika kepada karakter dan menggunakan tools dan event untuk mengoperasikan karakter tersebut.  

Jadi, semua sudah disediakan seperti plot-plot program yang berbentuk kotak dialog lengkap dengan fasilitas properties yang dapat diatur sesuai kebutuhan kita. Propertis inilah yang nantinya akan mempengaruhi perilaku karakter yang dimasukinya. Tetapi di samping itu, kita juga dapat membuat sebuah skrip program untuk menambahkan suatu objek atau perintah ke dalam sebua game.

Software RGP Maker tersedia dalam berbagai versi diantaranya RPG XP, RPG VX, RPG Maker 2003, dan yang terbaru adalah RPG VX Ace. Mungkin nanti akan muncul lagi versi lebih baru dengan fitur yang luar biasa. 

Sedangkan untuk versi yang lama seperti RPG Maker 95, dan lain-lain. Software ini berlisensi, tetapi juga menyediakan versi trialnya untuk mencoba-coba. Kualitas dan kemudahan dalam menggunakan tergantung dari versi yang dipakai. Semakin baru versi pasti fasilitas dan game yang dihasilkan akan semakin bagus.

Untuk Download software ini dengan lisensi trial dapat langsung ke website resmi RPG Maker di www.rpgmakerweb.com dan mengunduhnya secara gratis. Beberapa versi terbaru disediakan di sana, jadi tinggal memilih mana yang akan dipakai. Untuk membantu dalam mempelajari RPG Maker, tersedia juga forum yang membahas semua tentang RPG Maker dan cara menggunakannya. 

Forum RPG Maker Indonesia merupakan komunitas pengguna RPG Maker yang sudah lama maupun baru berkumpul dan bertemu untuk berbagi pengalaman dan tips menggunakan RPG Maker. Alamat forum ada di www.rpgmakerid.com. Berbagai tips dan masalah dapat ditemukan solusinya disini.

Tertarik untuk mencoba mempelajari RPG Maker untuk membuat game? Silahkan unduh softwarenya dan coba untuk membuat gamenya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Game 2D dengan RPG Maker"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,