Tuesday, August 14, 2012

Cara Membuat Efek Kartu Terbakar dengan Photoshop CS 5

Kangje.com - Untuk kalian yang lagi belajar Photoshop ini ada teknik dasar yang keren untuk dicoba. Teknik ini terkenal dengan nama Flame Card. Efeknya sering pakai oleh designer untuk membuat penekanan desain yang berapi-api.

Nantinya tips dalam efek ini dapat kalian terapkan untuk berbagai desain sesuai dengan imajinasi kalian, misalkan foto kalian dibuat berapi-api atau mengeluarkan kekuatan api.

Kartu terbakar atau flame card biasa dipakai untuk memanipulasi gambar-gambar yang berbau seram. Efek api ini banyak dipakai pada gambar-gambar horor dan lainnya. Manipulasi ini menggunakan Photoshop CS 5. Untuk yang menggunakan versi di bawah Photoshop CS 5 mungkin akan ada perbedaan pada letak tools yang dipakai.
Cara Membuat Efek Kartu Terbakar dengan Photoshop CS 5


Cara Membuat Efek Kartu Terbakar dengan Photoshop CS 5

Untuk kalian yang ingin mencobanya, berikut ini telah kami jabarkan langkah-langkah membuat efek kartu terbakar menggunakan PhotoshopCara membuatnya adalah seperti berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buatlah dokumen baru dengan ukuran A4, atur layout dokumen Landscape.
  2. Fill dokumen dengan warna hitam dengan cara klik menu Edit > Fill > Black.
  3. Buatlah shape kotak dengan Rounded Rectangle Tool dengan warna putih, selanjutnya klik menu Layer > Rasterize > Shape. Atur nilai radius sesuai kebutuhan.
  4. Buat Layer Mask pada Shape tersebut dengan cara klik Layer > Layer Mask > Reveal All, selanjutnya klik menu Edit > Fill > Pattern > Artist Surfaces > Water Colour.
  5. Selanjutnya buatlah Shape berbentuk daun waru, ambil dari Custom Shape dan berilah warna hitam, selanjutnya klik Layer > Rasterize > Shape. Beri nama layer tersebut “daun waru a”.
  6. Copy Layer daun waru tersebut dengan Ctrl+J, beri nama “daun waru b”,  kemudian balik posisi daun waru tersebut dan ratakan kedua daun waru a dan b tersebut rata secara horizontal dengan cara klik Align Horizontal.
  7. Pilih layer Daun waru a dan b pada panel Layer dan jadikan satu grup dengan cara klik Ctrl+G. Beri nama grup “daun waru grup 1”. Gunakan tombol Ctrl untuk memudahkan dalam memilih layer.
  8. Copy group “daun waru grup 1” dan beri nama “daun waru grup 2”, selanjutnya geser ke kanan dan ratakan secara vertikal dengan cara pilih daun waru grup 1 dan 2 lalu klik Align Vertical Centers.
  9. Aktifkan lagi custom shape, berikutnya buatlah logo Fleur-de-lis yang sudah tersedia dalam box custom shape, lalu pilih layer tersebut dan juga layer kartu, ratakan tengah dengan cara klik Align Vertical dan Align Horizontal.
  10. Berikutnya pilih layer kartu, daun waru grup 1 dan 2, serta layer icon Fleur-de-lis. Jadikan satu grup dengan cara klik Ctrl+G, dan beri nama “kartu As waru”. Gunakan tombol Ctrl untuk memilih.
  11. Duplikat grup kartu As waru dan beri nama grup tersebut “kartu As waru 2” dengan cara klik Layer > Duplicate Group, selanjutnya klik Ctrl+T untuk memulai transformasi.
  12. Klik kanan pada layer grup tersebut hingga muncul menu transformasi.
  13. Pindah titik pusat ke bagian tengah bawah.
  14. Pilih Flip Vertical, kemudian aturlah posisi layer grup Kartu As waru 2 sehingga berada di bawah layer grup Kartu As waru. Tekan enter untuk mengikuti transformasi.
  15. Seleksi grup Kartu As waru 1 dan 2, jadikan satu grup dengan menekan Ctrl+G, beri nama grup “kartu dan bayangan”.
  16. Tekan Ctrl+T lagi untuk memulai transformasi, klik kanan pada layer grup tersebut pilih perspective, atur perspective kartu tersebut, selanjutnya klik kanan lagi dan pilih Scale, atur lebar kartu sehingga didapat tampilan kartu yang menarik untuk dilihat. Tekan enter untuk memulai transformasi.
  17. Selanjutnya pilih grup “Kartu As waru 2” dan buatlah Layer Mask dengan cara klik Layer > Layer Mask > Reveal All.
  18. Aktifkan Gradient Tool pada Tool Box, klik Gradient Picker untuk menampilkan Gradient Editor, lalu pilih Gradient Foreground To Transparent pada Gradient Editor seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
  19. Buatlah gradient dari arah bawah ke atas hingga terbentuk gambar seperti berikut.
  20. Sesuaikan arah gradient dengan kemiringan kartu.
  21. Buatlah layer kosong baru dan beri nama “api”. Gunakan layer yang berbeda pada setiap Brush yang digunakan.
  22. Aktifkan Brush Tool, pilihlah tipe Brush Smoke. Pastikan warna Foreground putih, selanjutnya buatlah brush asap di tepi kartu.
  23. Gunakan Smudge Tool  untuk memperbaiki bentuk api.
  24. Copy layer “api” tersebut dengan menekan Ctrl+J, beri nama “Bayangan Api”  kemudian tekan Ctrl+T untuk melakukan transformasi, pilih Flip Vertical untuk membuat bayangan api.
  25. Atur nilai Opacity agar bayangan api tampak lebih redup.
  26. Pilih layer api  dan bayangan api, kemudian tekan Ctrl+G, jadikan satu Group dengan nama “Api”
  27. Tambahkan Tulisan “Flame Card” pada gambar tersebut dan beri effect Layer Style Drop Shadow.
  28. Selesai dan selamat mencoba.

Demikian tutorial kali ini tentang Cara Membuat Efek Kartu Terbakar dengan Photoshop CS 5. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada kesulitas silahkan tuliskan di dalam kolom komentar.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon