Saturday, February 18, 2012

Cara Mempercepat Render Website pada Mozilla Firefox

Kangje.com - Situs yang memiliki tampilan full image dan video biasanya memiliki kapasitas yang besar dan hal ini akan membuat kinerja browser yang kita pakai menjadi lambat dalam render isi website tersebut. Sebagai contohnya adalah web browser Mozilla Firefox yang melakukan render isi website dan menampilkannya dengan kecepatan yang lumayan singkat.

Tapi apakah kita sadar bahwa kecepatan yang terlihat cepat itu ternyata memang dipersiapkan oleh Mozilla Firefox untuk memberikan hasil render yang diterima setiap 0,12 detik. Jadi kita melihatnya akan terasa lebih cepat. Setiap selesai menampilkan maka Mozilla akan melakukan render ulang terhadap website tersebut untuk melengkapi content yang belum termuat.

Dan itu menyebabkan waktu total yang lama, tinggal mengalikan saja 0,12 detik kali berapa kali render dilakukan. Hasilnya waktu tunggu untuk menampilkan konten website sepenuhnya menjadi lebih lama.
Cara Mempercepat Render Website pada Mozilla Firefox

Cara Mempercepat Render Website pada Mozilla Firefox

Tetapi ada cara untuk menghemat waktu yang dibutuhkan Mozilla Firefox untuk render website. Sistem kerjanya adalah dengan mengurangi jumlah rendering ulang yang dilakukan Mozilla Firefox terhadap website tersebut. Hal ini akan meningkatkan kinerja Mozilla Firefox dalam render website.

Caranya kami rangkumkan dalam poin-poin di bawah ini.
  • Buka Mozilla Firefox.
  • Ketikkan “about:config” tanpa tanda petik pada kotak URL. Kemudian tekan Enter
  • Tekan tombol “I’ll be careful, I promise!” tanpa tanda petik, jika keluar tampilan sepeti itu.
  • Setelah tampilan utama config Firefox muncul, klik kanan pada layar utama tersebut dan pilih New > Integer.
  • Isikan teks “content.notify.interval” tanpa tanda petik, kemudian tekan OK. Kemudian masukkan nilai integer-nya, dalam hal ini masukkan nilai “500000” tanpa tanda petik. Lalu tekan OK.
  • Langkah selanjutnya adalah klik kanan lagi pada layar utama dan pilih New > Boolean. Isikan teks “content.notify.ontimer” tanpa tanda petik kemudian tekan OK. Lanjutkan dengan memilih “true” dan kemudian tekan OK sekali lagi.
  • Restart Mozilla Firefox dan selesai.
Setidaknya akan ada peningkatan performance untuk kinerja Mozilla Firefox setelah melakukan perubahan ini. Silahkan dicoba dan semoga berhasil meningkatkan kinerja render Mozilla Firefox.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon