Saturday, August 27, 2011

Menganalisa Penyebab dan Mengatasi Komputer yang Lambat

Kangje.com - Bagi kita, komputer memang suatu kebutuhan yang harus tersedia dan dapat melayani kapanpun dibutuhkan dengan segera. Komputer sangat berperan terhadap pekerjaan kita sehari-sehari. Membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat adalah kegunaan komputer.

Tapi, bagaimana jika komputer yang kita gunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kita menjadi lambat sekali saat digunakan. Pastinya kita kan merasa kesal dan bingung, kenapa komputer menjadi seperti ini. Tadinya komputer yang akan kita gunakan untuk kejar target pekerjaan, eh malah menjadi lambat dan tidak bisa buat kerja cepat.

Tapi, tahukah kita kenapa komputer kita menjadi lambat seperti itu ? Sebaiknya kita mempelajari kenapa komputer kita menjadi lambat. Komputer lambat bisa disebabkan oleh beberapa hal yang dapat dianalisa dari penyebab kenapa komputer menjadi lambat.
Menganalisa Penyebab dan Mengatasi Komputer yang Lambat

Menganalisa Penyebab dan Mengatasi Komputer yang Lambat

Di bawah ini ada beberapa analisa kenapa komputer berubah menjadi lambat dan cara mengatasinya. Mari kita analisa terlebih dahulu penyebab komputer menjadi lambat.
  • Aplikasi yang terinstal terlalu banyak. Aplikasi yang terinstal semakin banyak akan mempengaruhi kinerja sistem komputer. Apalagi program yang terinstal mayoritas memiliki fungsi startup, pasti akan menyebabkan komputer menjadi sangat lambat. Langkah yang perlu kalian lakukan adalah uninstall aplikasi yang memang tidak begitu diperlukan. Terutama yang memakan media penyimpanan besar. Selain itu periksa juga aplikasi-aplikasi bawaan browser yang terinstal tanpa sepengetahuan kita.
  • Data yang tersimpan dalam hard disk. Semakin banyak data yang tersimpan, menyebabkan sistem semakin lama untuk mendeteksi index file. Dan proses itu akan mempengaruhi kinerja komputer yang resource nya terpakai terus. Langkah yang perlu kalian lakukan adalah menghapus atau backup ke media penyimpanan lain beberapa data yang sudah jarang digunakan. Selain itu juga cek cache yang ada di komputer, gunakan aplikasi seperti Ccleaner untuk membersihkan cache yang tidak bermanfaat dan memberatkan media penyimpanan.
  • Komputer terkena virus. Virus juga dapat menyebabkan lambatnya sistem komputer. Sebaiknya kalian instal antivirus yang selalu up to date database virusnya. Dan jika memang serang virus sudah parah, sebaikanya kalian scan dengan antivirus live CD. Bisa menggunakan Kaspersky Live CD, Avira Live CD, AVG Live CD, dll.
  • Sistem operasi corrupt. Komputer lambat juga dapat disebabkan karena file sistem operasi corrupt. Corrupt disini dapat disebabkan karena infeksi virus ataupun rusak karena salah instal software. Tindakan yang perlu kalian lakukan adalah repair sistem operasi. Tetapi sebelumnya kalian harus pastikan komputer sudah terbebas dari virus. Saran kita, scan dulu komputer menggunakan antivirus live CD, baru kemudian repair sistem operasi.
  • Startup sistem terlalu banyak. Penyebab ini yang paling umum ditemui. Aplikasi startup adalah aplikasi yang akan dijalankan begitu sistem operasi masuk desktop. Langkah yang perlu kalian ambil adalah mengurangi atau menonaktifkan aplikasi startup. Kami sarankan hanya sisakan antivirus saja yang menjalankan proses startup. Untuk langkah mengurangi startup silahkan baca disini.
  • Temporery file menumpuk. Temporary file, cache, history, dan lain-lain yang lama tidak dibersihkan akan membuat tumpukan data di hard disk. Hal tersebut akan menambah beban pada kinerja sistem operasi. Terlebih lagi jika temporary file dan kawan-kawan tersebut memuat aplikasi yang berbahaya seperti malware dan virus, semakin cepat menambah berat komputernya. Tindakan yang perlu kalian lakukan adalah melakukan pembersihan temporary file dan kawan-kawan tersebut. Caranya bisa memanfaatkan tool sistem operasi Disk Clean Up (jika kalian menggunakan Windows). Atau dapat memanfaatkan aplikasi pembersih temporary file seperti Ccleaner, Glary Utilities, dan lain-lain.
  • Hardware komputer yang kurang mendukung. Memasang hardware baru pada sebuah komputer perlu memperhatikan tingkat kompatabilitasnya. Alasannya, jika hardware tersebut tidak kompatibel yang terjadi adalah kinerja komputer menjadi lambat. Hardware yang sangat mempengaruhi kinerja ini seperti RAM, VGA, Sound Card, dan lain-lain. Tindakan yang perlu kalian lakukan adalah memahami spesifikasi maksimal komputer (motherborad) sebelum upgrade hardware pendukungnya. Setelah hardware pendukung terpasang, pastika driver dan chipset juga terinstal.

Selain beberapa penyebab komputer lambat yang telah kita sebutkan di atas, kemungkinan penyebab lain juga pasti ada. Secara umum, penyebab di atas adalah yang paling banyak dijumpai. Jadi jika kalian mengalami hal baru terkait penyebab komputer lambat, silahkan share dengan kami melalui kolom komentar.

Atau jika kalian ada pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar atau masuk ke haaman Kontak Kami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon