Minggu, 27 Februari 2022

Cara Cek Data Pendidikan Mahasiswa Atau Alumni PD DIKTI

Kemdikbud telah membuat sebuah pangkalan data untuk perguruan tinggi yang bernama PD DIKTI. Pangkalan data tersebut akan menampung semua data perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Data-data yang disimpan di dalam pangkalan data ini sangat lengkap, mulai dari data perguruan tinggi, dosen, mahasiswa, sampai dengan lulusan (alumni).

Cara Cek Data Pendidikan Mahasiswa Atau Alumni PD DIKTI

 

Pada kesempatan kali ini Kangje akan berbagi tips khusus untuk kalian yang masih berstatus mahasiswa aktif maupun yang telah lulus. Kalian dapat mengakses informasi lengkap mengenai jalannya pendidikan kalian di suatu perguruan tinggi. Data tersebut tentu sangat berguna, karena beberapa profesi memerlukan validasi data di PD DIKTI tersebut yang memvalidasi ijazah kalian.

Data yang ditampung di dalam PD DIKTI merupakan data mulai tahun 2002 sampai dengan sekarang. Jadi untuk kalian yang telah lulus dari tahun 2002 sampai dengan sekarang, baik yang masih aktif kuliah maupun yang telah lulus dapat memperoleh informasi lengkap melalui pangkalan data tersebut.

Informasi Mahasiswa atau Alumni di PD DIKTI

Ada beberapa informasi penting yang tersimpan di dalam PD DIKTI terkait mahasiswa dan alumni. Informasi-informasi tersebut antara lain:

  1. Data biodata mahasiswa, meliputi: nama, jenis kelamin, nama perguruan tinggi, nama program studi, jenjang pendidikan, NIM, semester awal, status awal mahasiswa, status mahasiswa saat ini, dan nomor ijazah (jika sudah lulus).
  2. Data riwayat status kuliah, meliputi: semester per tahun, status per semester, dan jumlah SKS yang telah diambil per semester.
  3. Data riwayat studi, meliputi: data mata kuliah yang telah diambil, semester pengambilan mata kuliah, dan jumlah SKS per mata kuliah.

Dari data-data tersebut kita dapat memperoleh history lengkap perjalanan kuliah kita di perguruan tinggi.


Cara Cek Data Pendidikan Mahasiswa atau Alumni di PD DIKTI

Untuk kalian yang ingin mengetahui beberapa informasi yang diperlukan oleh sebuah profesi yang sedang dijalani dapat mengikuti langkah berikut ini untuk mencari informasi tersebut di PD DIKTI.

  • Siapkan terlebih dahulu data untuk pencarian, yaitu: nama perguruan tinggi atau nama program studi atau nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa (NIM). Kami sarankan agar mudah pilih untuk menggunakan NIM saja, karena sifatnya unik masing-masing mahasiswa.
  • Akses ke halaman website resmi PD DIKTI https://pddikti.kemdikbud.go.id
  • Pada kolom pencarian, ketikkan NIM kalian. Jika lupa, NIM biasanya tertera juga di dalam ijazah. Jika NIM di ijazah menggunakan tanda baca seperti titik atau strip, untuk pengetikan di kolom pencarian ini hilangkan semua tanda baca (ditulis langsung tanpa tanda baca).
  • Tekan Enter untuk memulai pencarian.
  • Di dalam hasil pencarian akan menampilkan beberapa bagian, yaitu: bagian Perguruan Tinggi, bagian Program Studi, bagian Dosen, bagian Mahasiswa. Kalian perhatikan di bagian Mahasiswa, apakah sudah ada nama kalian yang muncul di bagian ini? Jika sudah berarti kalian telah berhasil mencari data kalian di PD DIKTI. Jika tidak muncul sama sekali, coba periksa lagi keyword pencarian kalian tadi, mungkin ada kesalahan penulisan.
  • Jika sudah muncul nama kalian di bagian Mahasiswa, langsung saja kalian klik nama kalian itu untuk membuka data lebih lengkap. Silahkan kalian cermati data-data tersebut apa sudah sesuai dengan bukti fisik yang kalian pegang atau tidak.
Sampai disini kalian telah berhasil mencari data pendidikan di PD DIKTI baik yang masih berstatus sebagai mahasiswa maupun yang telah lulus lama.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika mengalami kendala silahkan share dengan kami, siapa tahu ada solusinya. Terimakasih,

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Data Pendidikan Mahasiswa Atau Alumni PD DIKTI"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,