Wednesday, August 24, 2011

Persiapan Menanam dan Perawatan Pohon Kelapa Kopyor

Kangje.comKelapa kopyor memang tidak diragukan lagi rasanya yang enak dan khas tersebut. Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang pada dasarnya adalah kelapa yang upnormal. Kelapa kopyor merupakan kelapa yang memiliki kelainan dibanding dengan kelapa yang yang lain. 

Kelapa kopyor memiliki ciri-ciri daging yang lunak dan mudah terpisah dengan tempurungnya. Kelapa kopyor tidak hanya dihasilkan oleh pohon kelapa yang khusus menghasilkan buah kelapa kopyor. Buah kelapa yang kopyor bisa terjadi pula pada kelapa biasanya, tetapi perbandingannya sangat kecil sekali, bisa kurang dari 5%. 

Oleh karena itu, telah dikembangkan pohon kelapa kopyor yang dapat menghasilkan buah kelapa yang kopyor dengan perbandingan minimal 30% sampai maksimalnya mendekati 80%. Dan berikut ini kami bagikan informasi persiapan menanam dan perawatan pohon kelapa kopyor.

Persiapan Menanam dan Perawatan Pohon Kelapa Kopyor

Untuk menanam pohon kelapa kopyor tidak jauh beda dengan menanam pohon kelapa biasa ataupun pohon-pohon berbuah yang lainnya. Tetapi, untuk menghasilkan buah yang maksimal, sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal yang mungkin dianggap kecil dalam menanam pohon kelapa kopyor. 

Hal-hal ini meliputi keadaan tanah, musim, cuaca, dan perlakuan pada bibit kelapa kopyor itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas beberapa point di atas untuk menanam pohon kelapa kopyor dalam memaksimalkan pertumbuhan dan hasil.
Persiapan Menanam dan Perawatan Pohon Kelapa Kopyor

Pemilihan bibit kelapa kopyor yang bagus

Untuk memilih bibit yang bagus perlu kita perhatikan bentuk dari tunas yang dihasilkan oleh kelapa pembibit tersebut. Ciri sederhana untuk memilih bibit kelapa kopor yang bagus dapat kalian lihat seperti di bawah ini.
  1. Daun tunas minimal cabang 2 dan maksimal cabang 3
  2. Pilihlah yang batang dan daunnya tegak
  3. Untuk menghasilkan buah yang besar, pilihlah buah pembibitan yang besar, karena ini adalah kultur jaringan

Melihat kondisi tanah yang akan ditanami

Ini berfungsi untuk mengamati kondisi tanah yang akan ditanami pohon kelapa kopyor. Apakah tanahnya subur ataukah tidak. Jenis tanah yang cocok untuk kelapa kopyor adalah tanah merah dan tanah hitam.

Jika kondisi tanah seperti itu, maka pohon kelapa kopyor akan tumbuh normal. Tetapi, jika kondisi tanah lainnya perlu perlakuan khusu pada pemupukannya.

Memperhatikan perubahan cuaca pada daerah yang akan ditanami pohon kelapa kopyor

Perubahan cuaca yang ekstrim pasti akan sangat mempengaruhi pertumbuhan pohon kelapa kopyor ini. Kondisi cuaca dan iklim yang cocok adalah daerah pesisir pantai sampai daerah dengan ketinggian kurang dari 400 meter dari permukaan air laut.

Pemupukan dan Hama

Ini sangat perlu diperhatikan bagi kondisi tanah yang kurang bagus dan pada tempat yang tergolong banyak hewan pemakan pupus kelapa. Pemupukan dapat dilakukan 1-1,5 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.

Hama yang menyerang pohon kelapa pada umumnya adalah kumbang kwangwong. Cara mengatasi serangan kwangwong pada kelapa itu ada beberapa cara. Kami akan jabar di bawah ini.
  1. Untuk pencegahan dapat menggunakan garam. Masukkan 1 sendok makan garam ke dalam kantung plastik. Lubangi kecil (sebesar jarum) sebanyak 3 atau 4 lubang di bagian bawah plastik. Gantungkan di bagian tulang daun paling atas dari pohon. Kontrol setiap 2 bulan sekali untuk memastikan garam masih ada.
  2. Untuk pencegahan kedua dapat dengan menggunakan jebakan seperti jaring. Pohon kelapa dilingkari jaring ikan, terutama pada bagian tunas mudanya.
  3. Jika serangan kwangwong sudah parah, silahkan gunakan pestisida dengan cara menyemprotkannya 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali ke semua bagian pohon. Pestisida yang kita rekomendasikan adalah Buldok. Penggunaannya dicampur dengan air dan disemprotkan ke seluruh bagian pohon, terutama ketiak daun.
Itulah sedikit informasi untuk persiapan menanam dan peraewatan pohon kelapa kopyor, semoga bisa berguna bagi para pembaca semua.

Untuk pembelian bibit kelapa kopyor genjah Pati yang berkualitas bagus, silahkan masuk ke sini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon