Kamis, 18 Agustus 2022

[SOLVED] Mengatasi Intel VT-x Disable Pada VMware Workstation Pro

Halo sobat Kangje, kali ini kami ingin berbagi sedikit tips untuk kalian semua. Tips kali ini berkaitan dengan masalah yang timbul ketika menggunakan VMware Workstation dengan komputer yang menggunakan chipset Intel. Biasanya masalahnya adalah pada bagian Intel VT-x yang masih pada posisi disable.

[SOLVED] Mengatasi Intel VT-x Disable Pada VMware Workstation Pro


VMware Workstation merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat mesin virtual di sebuah komputer dengan sistem operasi Windows dan Linux. Mesin virtual tersebut dapat digunakan untuk menjalankan berbagai sistem operasi dan aplikasi tanpa merusak sistem operasi utama yang ditempati oleh VMware Workstation.

Saat ini pemanfaatan mesin virtual sudah sangat populer, baik untuk dunia kerja maupun untuk dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan mesin virtual, resiko kesalahan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Mengatasi Sistem Operasi di VMware Gagal Power On Karena Intel VT-x Disable

Masalah sistem operasi di VMware Workstation gagal power on pada komputer dengan chipset Intel ini akan memunculkan pesan error yang berisi "This host supports Intel VT-x, but Intel VT-x is disabled."

Jika sobat-sobat mengalami masalah ini, tidak perlu kawatir. Kita hanya perlu mengatur Intel VT-x ke posisi Enable dan sistem operasi yang ada di VMware Workstation akan berjalan dengan normal.

Langkah-langkah untuk Enable Intel VT-x adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke BIOS sistem. Jika komputer dalam keadaan mati, silahkan nyalakan dan tekan tombol untuk masuk BIOS (Del/F2/F10/Esc). Jika komputer dalam keadaan hidup, restart dan tekan tombol untuk masuk BIOS.
  • Jika sudah masuk ke BIOS sistem, carilah menu Intel VT-x dengan nama "Intel Virtualization Technology". Menu ini biasanya ada di bagian menu utama System/ Configuration/System Configuration/Security/Advanced atau yang lainnya. Intinya cari menu dengan nama tersebut.
  • Ubah status menjadi Enable.
  • Simpan pengaturan BIOS dan restart komputer.

Setelah komputer melakukan booting dan masuk ke Windows/Linux secara normal. Silahkan jalankan kembali VMware Workstation dalam mode Run as Administrator. Kemudian silahkan coba untuk power on sistem operasi yang telah diinstal pada VMware Workstation.

Demikianlah cara mudah mengatasi masalah sistem operasi pada VMware Workstation gagal power on karena masalah Intel VT-x disable. Semoga membantu dan selamat mencoba. Jika mengalami masalah, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "[SOLVED] Mengatasi Intel VT-x Disable Pada VMware Workstation Pro"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,