Kamis, 27 Januari 2022

2 Cara Save Word Ke PDF Dokumen Tanpa Menggunakan Aplikasi Lain

Ada banyak cara untuk menjadikan file Microsoft Word menjadi file PDF. Mulai dari cara offline maupun cara online. Dan pada kesempatan kali ini, Kangje ingin berbagi sedikit tips bagi kalian yang ingin menyimpan dokumen Word menjadi PDF tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Cara menyimpan dokumen Microsoft Word ke PDF tanpa menggunakan aplikasi tambahan ini berlaku jika kalian menggunakan sistem operasi Windows 8 ke atas dan/atau menggunakan versi Microsoft Office Word 2010 ke atas.

2 Cara Save Word Ke PDF Dokumen Tanpa Menggunakan Aplikasi Lain

 

2 Cara Save Word Ke PDF Dokumen

Berikut ini dua cara menyimpan dokumen Word menjadi PDF langsung dari Windows atau Microsoft Office Word. Bagi kalian yang menggunakan Windows 8, Windows 10, Windows 11, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, Microsoft Office 2016, Microsoft Office 2019, Microsoft Office 2022 dapat langsung melakukan tips ini.

Cara Save Word ke PDF Melalui Fitur Save As

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Save As pada Microsoft Office Word. Dengan fitur ini kalian dapat menyimpan dokumen Word ke dalam berbagai jenis dokumen lainnya, salah satunya adalah dokumen PDF.

Caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan dijadikan PDF, atau buat dokumen baru yang nantinya akan dibuat sebagai dokumen PDF.
  2. Klik menu File, kemudian pilih Save As.
  3. Pilih tempat dimana kalian ingin menyimpan file PDF ini nanti, klik menu Browse dan pilih folder yang kalian inginkan pada kotak dialog yang muncul.
  4. Pada bagian File name, isikan dengan nama file yang diinginkan.
  5. Pada bagian Save as type, klik-cari-pilih PDF (*.pdf).
  6. Pada bagian Optimize for, pilih Standard jika ingin ukuran file-nya normal dan pilih Minimum size jika ingin mengirim file hasil PDF ke internet.
  7. Terakhir klik tombol Save.

File PDF dari dokumen Word kalian sudah jadi. Silahkan cari pada folder dimana kalian menyimpan tadi. Jika sudah ada berarti langkah cara save Word ke PDF dokumen sudah berhasil.

Cara Save Word ke PDF Melalui Fitur Microsoft Print to PDF

Selain menggunakan fitur Save As dari Microsoft Word, ada satu lagi cara mudah simpan file Word ke PDF, yaitu melalui fitur Microsoft Print to PDF. Cara ini berlaku untuk pengguna Windows 8 ke atas, untuk Windows 7 masih memerlukan plugin.

Cara menyimpan file Word ke PDF dengan fitur Microsoft Print to PDF adalah sebagai berikut:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan dijadikan PDF, atau buat dokumen baru yang nantinya akan dibuat sebagai dokumen PDF.
  2. Klik menu File, kemudian pilih Print.
  3. Pada bagian pilihan Printer, kalian klik-cari-pilih Microsoft Print to PDF.
  4. Klik tombol Print untuk memulai konversi.
  5. Muncul kotak dialog baru, pilih lokasi kalian ingin menyimpan file, isi nama file pada bagian File name.
  6. Klik tombol Save.
Sampai disini proses simpan dokumen Word ke PDF melalui fitur Microsoft Print to PDF sudah selesai. Silahkan periksa folder dimana kalian menyimpan tadi dan lihat nama file-nya, sudah ada atau belum.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Save Word Ke PDF Dokumen Tanpa Menggunakan Aplikasi Lain"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,