Thursday, June 13, 2019

Pengertian Dan Fungsi Page Setup Pada Aplikasi Komputer Secara Umum

Kangje.com - Hampir setiap aplikasi pengolah kata dan gambar di komputer memiliki bagian ini. Adanya bagian tersebut sangat penting karena berhubungan dengan hasil cetak fisik (print) suatu pekerjaan dengan komputer. Bagian tersebut bernama Page Setup dan setiap aplikasi pengolah kata dan gambar dapat dipastikan memiliki bagian ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan page setup dan seperti apa sih sebenarnya fungsi Page Setup pada aplikasi komputer tersebut? Jawabannya akan kami bahas di bawah ini.

Pengertian Page Setup

Berbicara tentang pengertian Page Setup kita tidak akan menemukan pengertian secara paten. Kami berusaha mencari literatur dari buku-buku dan artikel di internet, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Kami tidak menemukan pendapat ahli yang mumpuni untuk memberikan statement pengertian Page Setup ini.

Namun, di beberapa artikel kami menemukan beberapa orang mencoba untuk menuliskan pengertian Page Setup tersebut. Dan setelah diambil beberapa sample, ternyata semuanya mirip dengan basis pemikirannya adalah fungsi dari Page Setup tersebut.

Seperti salah satu di bawah ini, yang kami temukan sebuah thread di halaman tanya jawab Brainly.com, ID: eka1012 (status: pakar) menyatakan "Page setup adalah tools dimana kita bisa mengatur ukuran kertas yg akan digunakan, layout kertas apakah vertikal atau horizontal".
Pengertian Dan Fungsi Page Setup Pada Aplikasi Komputer Secara Umum

Dan sebagai pelengkap, kami juga akan coba mengartikan apa pengertian Page Setup menurut Kangje.com.

Page Setup adalah sebuah fitur berbentuk menu pada aplikasi komputer pengolah kata dan gambar di mana fungsinya adalah untuk mengatur halaman (paper), pengaturan batas (margin), tata letak (layout), dan orientasi halaman yang berhubungan erat dengan hasil cetak fisik (print) hasil pekerjaan.

Page Setup diwujudkan dalam sebuah menu yang cukup kompleks. Poin pengaturan yang ada di dalam menu Page Setup berbeda-beda antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Ada yang cenderung simple, tetapi ada juga yang sangat lengkap.

Contoh aplikasi yang menggunakan Page Setup adalah: Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, dll), Corel Draw, Photoshop, dll.

Fungsi Page Setup pada Aplikasi Komputer

Sudah sedikit kita singgung di atas mengenai fungsi Page Setup pada aplikasi komputer.

Secara umum dan mudah dipahami, Page Setup berfungsi untuk mengatur halaman (paper), pengaturan batas (margin), dan tata letak (layout).

Fungsi-fungsi Page Setup tersebut dirangkum kedalam sebuah menu di dalam sebuah aplikasi komputer. Melalui menu tersebut, pengaturan dapat dilakukan dengan submenu-submenu yang ada didalamnya.

Fungsi Page Setup ini dirasa sangat penting sekali untuk pekerjaan yang akan dicetak. Karena hasil dari Page Setup ini yang akan menyesuaikan ukuran kertas, margin, dan layout-nya ketika dicetak.

Salah satu aplikasi yang memiliki pengaturan Page Setup yang kompleks adalah Microsoft Word. Kami yakin kalian pasti sudah pada pernah menggunakan aplikasi ini.

Di dalam menu Page Setup Microsoft Word terdapat tiga kelompok menu dan setiap kelompok menu memiliki banyak pengaturan yang akan menyesuaikan dan merapikan hasil cetakan pekerjaan.

Meskipun banyak pengaturan di dalam page Setup Microsoft Word, pengoperasiannya tidaklah sulit. Kalian akan dengan mudah mempelajari dan memahaminya.

Semoga artikel tentang Pengertian dan Fungsi Page Setup pada Aplikasi Komputer ini bermanfaat untuk kalian. Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan, silahkan tuliskan di dalam kolom komentar ya, Insya Allah kami akan segera merespon.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100