Tuesday, October 2, 2018

Ukuran Kertas F4 Dan Cara Mengaturnya Di Ms. Word Secara Permanen

Ukuran Kertas F4 Kertas sebagai media untuk mencetak hasil dari pekerjaan di komputer memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran kertas memiliki standar sendiri secara internasional yang berupa tipe seri kertas. Dan di Indonesia, tipe atau ukuran kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak dokumen adalah kertas A4 dan kertas F4.
Ukuran Kertas F4 Dan Cara Mengaturnya Di Ms. Word Secara Permanen

Untuk kalian yang sedang menyelesaikan skripsi atau dokumen-dokumen Pendidikan pasti tidak akan asing lagi dengan kertas A4. Sedangkan kertas F4 lebih sering digunakan sebagai kertas untuk mencetak surat menyurat atau foto copy.

Ukuran Kertas F4 Dan Cara Mengaturnya Di Ms. Word Secara Permanen

Di Indonesia, kertas F4 disebut juga kertas Folio. Selain disebut dengan kertas Folio, kertas F4 juga disebut dengan kertas Foolscap. Tetapi sebenarnya ukuran dari kertas F4 dan Folio/Foolscap itu berbeda.

Di dalam jurnal/artikel dari Adobe Systems Incorporated yang berjudul “PostScript Printer Descriptions File Format Specification”, ukuran dari ketiga kertas tersebut adalah sama. Di dalam artikel tersebut menjelaskan tentang ukuran kertas F4 atau ukuran kertas Folio.

Ukuran Kertas F4

Setiap kertas yang terdaftar secara internasional pasti memiliki ukuran yang terstandar internasional juga. Kertas F4 merupakan model ukuran kertas pengembangan, dan ukuran kertas F4 juga diatur secara internasional.

Standar ukuran ini bertujuan untuk memudahkan dalam produksi kertas dan memudahkan dalam penggunaan, misalkan saja pengaturan margin di aplikasi pengolah kata di komputer seperti Microsoft Word.

Berikut ini standar ukuran kertas F4 dalam satuan millimeter, centimeter, dan inchi.
  1. Ukuran kertas F4 dalam millimeter = 215 mm x 330 mm
  2. Ukuran kertas F4 dalam centimeter = 21,5 cm x 33 cm
  3. Ukuran kertas F4 dalam inchi = 8,46” x 12,99”

Sedangkan untuk rasio kertas F4 adalah 1,625.

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 Di Word Secara Permanen

Ukuran kertas F4 tidak ada secara default ketika kita install Windows dan Microsoft Word. Di dalam printer server properties Windows hanya meyimpan tipe kertas sesuai ISO 216, yaitu kertas tipe A, B, C, dan beberapa standar US lainnya. Sedangkan untuk tipe ukuran kertas F4/ Folio/ Foolscap tidak ada.

Jika ingin menggunakan ukuran kertas F4 kita dapat mengaturnya secara mandiri, baik melalui aplikasi seperti Microsoft Word maupun melalui printer server properties.

Jika kita mengatur ukuran kertas F4 melalui aplikasi seperti Microsoft Word, maka hasilnya bersifat sementara dan mandiri setiap dokumen.

Caranya dengan memasukkan secara manual angka ukuran kertas F4 di dalam pengaturan page setup, tidak ada pilihan secara langsung. Dan ini dilakukan untuk setiap dokumen dengan cara yang sama. Secara lengkap penjelasannya dapat kalian baca di artikel cara mengatur ukuran kertas F4 di Word.

Sedangkan jika mengatur ukuran kertas F4 melalui printer server properties, maka hasilnya akan permanen nempel dan menjadi pilihan seperti halnya pilihan kertas A4 di pilihan page setup.

Untuk caranya kalian dapat baca artikel sebelumnya tentang cara menambahkan ukuran kertas F4 di Windows dan hasil permanen.

Silahkan dicoba dari kedua cara menambahkan ukuran kertas F4 di Word dan di Windows tersebut. Jika kalian mengalami kesulitas, silahkan kontak kami melalui kolom komentar atau halam Kontak Kami. In Syaa Allah kami akan coba bantu untuk menjelaskannya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon