Kamis, 03 Januari 2019

Susunan Kabel Straight UTP dan Fungsi Kabel Straight dalam Jaringan Komputer

Susunan Kabel Straight UTP Susunan kabel UTP yang paling sering digunakan dalam jaringan komputer adalah susunan kabel straight. Alasannya mungkin cukup simple, yaitu karena urutan kabel straight jauh lebih mudah diingat dan diinstalasi.

Dua sisi dari kabel yang terhubung ke konektor RJ-45 urutannya sama.

Bahkan untuk perangkat jaman sekarang sudah tidak spesifik lagi dalam menggukanan urutan kabel UTP. Perangkat jaman sekarang sudah bisa terkoneksi dengan menggunakan kabel cross maupun straight. Baik untuk perangkat yang sama maupun perangkat yang berbeda.
Susunan Kabel Straight UTP dan Fungsi Kabel Straight dalam Jaringan Komputer


Susunan Kabel Straight menurut Standar Internasional 568B

Membuat instalasi kabel UTP dengan urutan kabel straight tidaklah sulit. Karena tidak ada perubahan atau tukar posisi warna kabel antara dua sisi. Ini berbeda dengan susunan kabel cross yang ada 2 kabel yang bertukar posisi.

Sisi-1 urutannya sesuai dengan standar aturan 568B dan sisi-2 juga sama.

Dari aturan 568B, urutan kabel straight yang benar dapat kalian lihat seperti gambar di bawah ini:
Susunan Kabel Straight UTP dan Fungsi Kabel Straight dalam Jaringan Komputer

Keterangan gambar:
  1. Susunan kabel UTP sesuai aturan 568B adalah: 1. Putih-Orange, 2. Orange, 3. Putih-Hijau, 4. Biru, 5. Putih-Biru, 6. Hijau, 7. Putih-Coklat, 8. Coklat.
  2. Untuk urutan kabel straight, urutan antara sisi-1 dan sisi-2 sama.
  3. Urutan kabel cross menjadi: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 di sisi-1 dan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 di sisi-2.

PENTING untuk diingat! Hadapan konektor RJ-45 sama antara dua sisi tersebut. Jadi jangan membalik hadapan konektor ketika instalasi.

Setelah kalian paham tentang urutan kabel straight UTP tersebut, silahkan dicoba untuk mengurutkannya dulu. Kemudian lanjutkan dengan mencoba memasukkan ke dalam konektor RJ-45. Tidak perlu langsung dikrimping, kalian coba saja dulu untuk menyusun dan memasukkannya ke dalam konektor. Jika sudah mantab baru silahkan dikrimping.

Kembali ke daftar isi ↑

Fungsi Kabel Straight

Selanjutkan kita akan jelaskan tentang fungsi kabel straight UTP.

Pengertian fungsi kabel straight secara umum adalah kabel UTP yang digunakan untuk mengkoneksikan dua atau lebih perangkat yang berbeda.

Perangkat yang bebeda yang dimaksud adalah perangkat dengan arsitektur dan kegunaan yang berbeda. Misalkan mengkoneksikan komputer dengan hub/switch secara langsung.

Koneksi seperti itu sangat disarankan menggunakan kabel UTP tipe straight.

Fungsi kabel straight ini harus diterapkan ketika ingin mengoneksikan perangkat-perangkat buatan lama. Sedangkan untuk perangkat-perangkat jaman sekarang sudah tidak terlalu spesifik. Kalian dapat menggunakan kabel tipe cross maupun straight untuk menghubungkan perangkat yang berbeda atau sama.
Kembali ke daftar isi ↑

Membuat kabel straight itu tidaklah sulit. Dengan mengetahui susunan kabel straight yang benar menurut standar internasional, kalian dapat membuat kabel dengan urutan straight dengan benar juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Belum ada Komentar untuk "Susunan Kabel Straight UTP dan Fungsi Kabel Straight dalam Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,