Thursday, December 27, 2018

Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM

Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Siapa yang tidak ingin mendapatkan kecepatan download yang cepat? Pasti semua pengguna internet mengiginkannya, terutama untuk download file-file dengan ukuran yang besar.

Untuk mendapatkan kecepatan download tersebut, mayoritas dari kita memilih aplikasi down-loader yang mendukung parallel downloading. Dalam hal ini Internet Download Manager (IDM) adalah ahlinya.

Akan tetapi, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, yang harganya tergolong sangat mahal untuk penggunaan pribadi.

Alternatifnya dengan mencari aplikasi free yang mendukung parallel downloading, seperti: JDownloader, EagleGet, Free Download Manager, FlashGet, Internet Download Accelerator, dan lain-lain.

Hasilnya memang cukup menggembirakan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi free yang support parallel downloading tersebut. Tetapi jelas masih kalah jika dibandingkan dengan IDM yang full version.
Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM

Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM

Kabar gembira bagi para pengguna Google Chrome. Browser besutan Google Inc. ini ternyata juga memiliki fitur yang support parallel downloading.

Sistem kerjanya sama dengan IDM dan beberapa aplikasi free alternatifnya. Dan kecepatan yang dihasilkan juga tidak kalah sama IDM dan sejenisnya.

Keuntungan dari penggunaan parallel downloading feature Google Chrome ini adalah kita tidak perlu menginstal dan sinkronisasi aplikasi lain dengan browser. Cukup mengaktifkan fiturnya dan menjalankan download standar Google Chrome sudah otomatis menggunakan fitur parallel downloading.

Fitur ini tidak secara langsung aktif ketika Google Chrome dipasang. Aktivasi dilakukan secara manual by user.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Parallel Downloading Google Chrome.
  • Buka browser Google Chrome. Kemudian ketikkan “chrome://flags” (tanpa tanda petik) di kolom URL dan tekan Enter.
  • Pada halaman yang ditampilkan, ketikkan “Parallel downloading” di kolom pencarian. Otomatis akan muncul pengaturan fitur Parallel Downloading Google Chrome. Kurang lebih tampilan seperti gambar di bawah ini.
Step 1 - Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM
  • Secara normal, fitur ini dalam keadaan pengaturan Default, di mana fitur download diatur normal dan parallel downloading tidak aktif.
  • Untuk mengaktifkannya, silakan kalian klik tombol Default tersebut dan ganti dengan memilih Enable. Hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini.
Step 2 - Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM
  • Efek aktivasi fitur ini akan berpengaruh setelah browser Google Chrome di restart (ditutup dan dibuka kembali).
  • Perhatikan peringatan aktivasi yang ada di bagian bawah halaman browser, biasanya bertuliskan “Your changes will take effect the next time you relaunch Google Chrome.”, dengan dilengkapi tombol “RELAUNCH NOW”. Silahkan klik tombol tersebut dan browser akan ditutup dan terbuka kembali secara otomatis.
Step 3 - Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM

Langkah aktivasi fitur Parallel Downloading Google Chrome sudah selesai dan silahkan dicoba untuk download. Apakah sudah ada perubahan kecepatan yang dihasilkan Google Chrome?

Hasil Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome Menyamai IDM
Kecepatan yang dihasilkan tergantung juga dengan kecepatan internet yang kalian gunakan ya.

Ini adalah alternatif yang cukup bagus untuk mendapatkan kecepatan download seperti IDM tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Kelemahan dari fitur ini adalah resiko resume download.

Setelah Kangje coba beberapa kali download, ada beberapa file yang dapat melakukan resume ketika ganti koneksi internet dan ada beberapa file yang failed (tidak dapat resume download dan memulai download lagi dari awal).

Kalo komputer dimatikan atau browser ditutup sudah dapat dipastikan download tidak dapat dilanjutkan melalui fitur resume.

Hal ini berbeda dengan download menggunakan IDM, yang dapat kita lanjutkan kapan saja dan dimana saja melalui fitur resume.

Semoga artikel kali ini tentang Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Chrome dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100