Thursday, November 8, 2018

[SOLVED] Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM Bluescreen Windows 10

Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM - Pernah kemarin Kangje mengalami masalah dengan laptop kesayangan. Windows 10 yang terinstall gagal booting atau gagal masuk startup desktop. Di pertengahan booting terjadi crash yang mengakibatkan blue screen. Dan blue screen tersebut menerangkan Windows stop code adalah NTFS File System.

Melihat itu Kangje simpulkan ini yang masalah sistem operasinya, karena blue screen untuk kasus hardware seperti RAM diinformasikan stop code nya bukan itu.

Kemudian Windows auto restart dan memulai kembali booting, tetapi yang terjadi tetap sama saja. Booting kedua kali ini juga memunculkan Windows Stop Code NTFS File System. Dan cukup bingung juga, masa harus install ulang Windows 10 lagi. Malas juga karena harus install banyak aplikasi yang penting dan saat ini sudah ada.

Akhirnya cari-cari solusi dan mencobanya. Dan beginilah cara Kangje mengatasi masalah Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM blue screen.

Cara Mengatasi Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM Blue screen Windows 10

Menurut Kangje, cara ini adalah cara termudah dan tercepat yang dapat dilakukan untuk memperbaiki NTFS File System yang rusak atau corrupt. Cara dengan memanfaatkan perintah “CHKDSK /f drive:” melalui Command Prompt (CMD).

Tetapi bagaiman cara membuka CMD, padahal Windows saja belum masuk desktop?

Jawabannya ada setelah Windows kalian restart untuk kedua kalinya setelah blue screen pertama.
[SOLVED] Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM Bluescreen Windows 10

Secara lengkap ikutilah langkah-langkah di bawah ini.
  1. Nyalakan komputer dan biarkan Windows 10 booting seperti biasa, jika muncul blue screen biarkan saja, nanti akan restart sendiri (secara default auto restart setelah blue screen Windows 10). Jika tidak mau auto restart, coba kalian tekan Ctrl+Alt+Del bersamaan.
  2. Setelah restart dan kembali booting, blue screen masih muncul lagi. Biarkan saja sampai restart untuk kedua kalinya.
  3. Nah disini Windows tidak akan masuk boot standar, tetapi akan masuk ke boot auto repair/recovery. Boot inilah yang akan kita manfaatkan.
  4. Biarkan saja Windows 10 melakukan boot recovery. Kalian akan diminta untuk memilih tipe layout Keyboard yang akan digunakan, pilih saja US (klik).
  5. Tunggu sebentar dan kalian akan ditampilkan menu utama, diantaranya yaitu: Continue (melanjutkan booting standar), Troubleshoot (menampilkan menu perbaikan), dan Turn off your PC (untuk mematikan komputer).
  6. Kalian pilih saja menu Troubleshoot dan akan tampil beberapa menu tools yang dapat digunakan untuk melakukan perbaikan sistem Windows.
  7. Kalian pilih saja menu tool Command Prompt dan akan terbuka CMD Windows dengan mode Administrator. Dan disinilah kita akan menjalankan perintah “CHKDSK /f” tersebut.
  8. Misalkan di komputer kalian ada 3 partisi, yaitu: C, D, dan E. Partisi C adalah partisi untuk sistem Windows.
  9. Ketikkan perintah “chkdsk /f c:” pada Command Prompt. Jangan pakai tanda petik. Tunggu proses sampai selesai dan lihat di hasil perintah yang dijalankan. Jika ada file sistem yang bermasalah, akan ada baris-baris report yang menjelaskan Deleting dan Creating. Tunggu sampai selesai.
  10. Setelah selesai, silahkan jalankan perintah tersebut untuk drive partisi yang lain, yaitu: D dan E. Caranya tinggal menggantinya menjadi seperti berikut ini: “chkdsk /f d:”, tunggu sampai selesai dan “chkdsk /f e:”, tunggu sampai selesai.
  11. Jika sudah selesai semua, silahkan kalian restart komputer/laptopnya.

Cara ini sudah Kangje coba dan berhasil mengembalikan Windows laptop Kangje menjadi normal kembali. Semoga setelah kalian menjalankannya dan restart Windows 10, hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian artikel kali ini tentang Windows Stop Code NTFS FILE SYSTEM Blue screen Windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika mengalami kesulitan, silahkan tuliskan di kolom komentar, kami akan coba membantu.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100