Friday, February 2, 2018

Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

Kangje.com – Halo sobat Kangje dimanapun berada, apa kabarnya hari ini? Semoga kalian tetap sehat untuk belajar hal baru hari ini. Pada kesempatan kali ini kami ada info menarik untuk kalian, terutama kalian pengguna Android dan pengguna aplikasi Youtube. Pada kesempatan artikel kali ini kami akan membagikan bagaimana cara download video Youtube di Android secara legal dan gratis. Di dalam tips ini kalian tidak perlu instal aplikasi pihak ketiga untuk dapat men-download video Youtube. Cukup dengan menggunakan aplikasi Youtube itu sendiri kalian sudah dapat menikmati video Youtube yang di-download di dalam smartphone Android.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

Sebenarnya ada penjelasan yang lebih tepat tentang download video Youtube di Android menggunakan aplikasi Youtube. Aplikasi Youtube di Android atau bahkan di IOS dibekali dengan fitur download video terenkripsi. Keunggulan dari fitur ini adalah kalian dapat men-download video yang telah diijinkan oleh publisher-nya. Hasil download itu telah dienkripsi khusus oleh Google sebagai pemilik Youtube. Setelah di-download video dapat diputar secara offline tanpa memakan kuota data yang kalian miliki. Tentu saja memutarnya menggunakan aplikasi Youtube dan tidak bisa menggunakan aplikasi lain, karena telah dienkripsi khusus oleh Youtube.

Langkah Download Video Youtube Di Android

Kami yakin sebagian dari kalian sudah pada tahu fitur aplikasi Youtube untuk Android dan IOS ini dan sudah sering menggunakannya. Tetapi tidak ada salahnya disini kami tunjukkan bagaimana caranya, terutama untuk kalian yang belum tahu. Berikut langkah download video Youtube di Android, silahkan diikuti.

  • Langkah pertama pastikan koneksi internet di smartphone kalian bagus dan bisa akses internet. Kemudian buka aplikasi Youtube yang sudah terinstal di smartphone kalian.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Langkah kedua pilih salah satu video yang kalian sukai dan ingin di-download. Ketika video diputar, coba kalian lihat beberapa icon yang ada di bawah judul video. Deretan icon uplike dan downlike, share, Download, Add to. Silahkan tekan icon Download dan tentukan kualitas video yang akan kalian download, kalian dapat memilihnya.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Ketika icon Download berubah warna, biasanya warna biru, maka proses download sudah dimulai dan tunggu sampai tanda icon berubah menjadi tanda centang garis bawah dan keterangan berubah menjadi Downloaded.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Silahkan cari beberapa video lain dan lakukan hal yang sama untuk men-download videonya.

Hanya saja ada yang perlu kalian tahu, tidak semua video di Youtube dapat kalian download. Karena ini terkait dengan ijin dari uploadernya saat mengunggah video tersebut boleh di-download atau tidak. Di dalam dashboard Youtube uploader tersebut ada pengaturannya. Ciri video yang tidak bisa di-download adalah bentuk icon Download dicoret miring dan berbwarna abu-abu. Ketika icon tersebut kalian tekan aka nada popup muncul dengan penjelasan “video ini tidak dapat didownload”.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

Melihat dan Memutar Hasil Download Video Youtube Di Android

Untuk melihat hasil Download kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Back dulu ke halaman awal aplikasi Youtube.
  • Kemudian pilih menu Library. Di dalam menu ini ada sub menu di bagian Available offline yang menyimpan video yang telah kita download.
  • Silahkan tekan direktori Downloads yang ada dan daftar video yang telah kalian download ada disana.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Silahkan pilih video hasil download yang kalian inginkan dan tekan untuk memutarnya kembali.
Video yang ada di Library Downloads ini dapat kalian putar meskipun jaringan data kalian dimatikan. Jadi kalian dapat menghemat kuota data dan tetap bisa mendengarkan atau melihat video yang kalian sukai. Tipsnya, silahkan download video di Youtube sebanyak-banyaknya ketika kalian konek dengan wifi gratis.

Video hasil download telah dienkripsi dan disimpan di dalam memori smartphone kalian. Untuk media penyimpanan kalian dapat mengaturnya untuk menyimpan hasil download di memori SD Card. Ikuti langkah berikut jika kalian belum tahu bagaimana cara setting penyimpanan untuk hasil download Youtube.
  • Back ke halaman utama aplikasi Youtube.
  • Tekan foto profile kalian yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Settings.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Pilih menu Downloads.
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

  • Aktifkan pilihan Use SD Card (Download videos to SD Card)
Cara Download Video Youtube Di Android Secara Legal

Nah itu tadi tips bagaimana cara untuk download video Youtube di Android dan IOS. Kalian dapat menikmati video kesukaan kalian tanpa mikir kehabisan kuota dan kualitas jaringan setelah kalian download videonya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon