Friday, January 19, 2018

Cara Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

Kangje.com – Halo sobat Kangje apa kabarnya semua? Semoga kalian tetap sehat dan terus belajar ya. Pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan tips mengetahui status aktivasi Windows 10 secara offline. Kami rasa tips ini akan sangat bermanfaat untuk kalian yang baru saja membeli laptop atau komputer bersistem operasi Windows 10 atau baru saja membeli Windows 10 dan diinstal di komputer kalian. Cara ini berguna untuk mengetahui status aktivasi Windows 10 dan penting bagi kalian untuk mengetahuinya.
Cara Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Cara Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

Aktivasi Windows 10 itu ada yang berbatas waktu dan ada yang permanen selamanya. Tergantung dari lisensi aktivasi yang digunakan untuk mengaktivasi Windows tersebut. Perbedaan ini juga berbeda untuk harganya saat kalian membeli. Biasanya lisensi untuk aktivasi permanen jauh lebih mahal dari pada lisensi yang berbatas waktu.

Lalu adakah cara untuk mengetahui lisensi yang kita pasang itu berbatas waktu atau permanen? Jawabannya adalah ADA. Windows 10 atau bahkan versi Windows sebelumnya telah menyediakan perintah untuk menampilkan status aktivasi Windows 10. Perintah tersebut dapat dieksekusi melalui fitur Command Prompt atau Windows PowerShell dalam mode running administrator.

Langkah Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

Nah untuk kalian yang ingin mengetahui status aktivasi Windows 10 dengan cara ini akan kami terangkan langkah-langkah di bawah ini. Silahkan untuk diikuti langkah-langkahnya secara bertahap.

  • Pertama kalian hidupkan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 (versi bebas). Setelah Windows berjalan normal, silahkan kalian tekan tombol Windows dan huruf X pada keyboard secara bersamaan. Perhatikan gambar berikut ini!
Langkah 1 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Langkah 1 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

  • Setelah menekan tombol Windows dan huruf X secara bersamaan, akan muncul beberapa menu dari Icon Windows di pojok kiri bawah. Pada tampilan tersebut silahkan kalian pilih menu Windows PowerShell (Admin). Setelah kalian klik Windows PowerShell (Admin) maka akan muncul notifikasi Run Administrator, silahkan pilih YES saja.
Langkah 2 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Langkah 2 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

  • Tampilan Windows PowerShell mode running Administrator akan muncul, kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.
Langkah 3 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Langkah 3 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

  • Pada lembar kerja Windows PowerShell tersebut kalian ketikkan perintah “slmgr /xpr” (tanpa tanda petik). Kemudian kalian tekan ENTER sekali saja.
Langkah 4 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Langkah 4 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

  • Setelah mengeksekusi perintah tadi di Windows PowerShell, akan muncul sebuah kotak dialog yang akan menjelaskan status aktivasi Windows 10 kalian.
Langkah 5 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline
Langkah 5 Cek Status Aktivasi Windows 10 Secara Offline

  • Kotak dialog Windows Script Host tersebut menjelaskan status aktivasi Windows 10 kalian. Jika di dalam kotak dialog tersebut tertuliskan The machine is permanently activated berarti Windows 10 kalian sudah teraktivasi selamanya. Sedangkan jika yang tertulis adalah range tanggal, bulan, dan tahun berarti Windows 10 kalian teraktivasi dengan lisensi berjangka.

Cara ini pernah dicoba untuk Windows versi lain juga bisa. Silahkan kalian coba untuk mengetahui status aktivasi Windows 10 yang kalian miliki. Karena memiliki Windows yang teraktivasi legal itu banyak manfaatnya. Jadi Kangje sarankan untuk menggunakan produk dan lisensi asli Windows ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon