Rabu, 22 November 2023

SOLVED! Masalah Safe Exam Browser (SEB) Error Prohibited Display Configuration

Safe Exam Browser (SEB) sangat populer di kalangan pegiat asesmen/ujian berbasis online. Versi gratis aplikasi ujian online ini sudah cukup powerful untuk digunakan. Akan tetapi, terkadang ada saja masalah yang muncul ketika akan menjalankan aplikasi SEB di komputer client. Salah satu masalah yang muncul adalah error prohibited display configuration yang membuat aplikasi SEB gagal dijalankan.

SOLVED! Masalah Safe Exam Browser (SEB) Error Prohibited Display Configuration
 

Masalah error prohibited display configuration muncul saat pertama aplikasi SEB dijalankan dan load sistemnya. Error ini akan menampilkan sebuah jendela informasi berisi pesan berikut ini:

"The active display configuration is not permitted. 1 internal or external display(s) are allowed, but 0 internal and 0 external display(s) were detected. Please consult the log files for more information. SEB will now shut down..."

Arti dari pesan tersebut kurang lebih adalah bahwa SEB tidak menteksi satupun display di komputer yang sedang dipakai. Hal ini tentu akan membuat kita bingung, karena kita sedang menggunakan komputer tersebut dan nyata-nyata ada monitor yang sedang menampilkan tayangan dari komputer tersebut.

Masalah error prohibited display configuration banyak terjadi pada SEB versi 3.x.x untuk sistem operasi Windows.

Solusi Mengatasi Error SEB Prohibited Display Configuration

Penyebab masalah tersebut menurut Kangje ada beberapa hal, antara lain:

Masalah Driver Display Graphic

Masalah error prohibited display configuration pada SEB ini kemungkinan pertama disebabkan oleh driver display graphic yang terpasang pada komputer tersebut belum sempurna atau belum update terbaru.

Untuk mencoba mengatasi masalah ini, silakan install atau update driver display graphic dengan driver versi terbaru. Setelah selesai install/update, silakan restart komputer dan jalankan kembali SEB.

Masalah Versi Aplikasi terhadap Chipset Display Graphic

Masalah yang kedua kemungkinan juga disebabkan oleh versi SEB ysng baru tidak mendukung chipset display graphic tertentu.

Untuk mengatasi masalah dengan penyebab ini dapat dilakukan dengan mengganti versi SEB ke yang labih lama. Atau juga dapat menunggu update terbaru lagi yang kemungkinan akan membawa perbaikan untuk masalah error prohibited display configuration.

Kangje sudah mencoba solusi untuk kedua penyebab masalah ini. Yang pertama berhasil untuk beberapa komputer, tetapi masih ada beberapa komputer lain yang tidak berhasil dengan solusi pertama. Akhirnya Kangje coba dengan solusi kedua, yaitu mengganti versi SEB yang digunakan.

Kangje berhasil mengatasi masalah error ini ketika menggunakan SEB versi 2.4.1 yang dapat kalian download disini.

Semoga solusi untuk mengatasi error prohibited display configuration ini dapat membantu rekan-rekan semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "SOLVED! Masalah Safe Exam Browser (SEB) Error Prohibited Display Configuration"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,