Wednesday, November 12, 2014

Update BBM Aman Tanpa Hilang History Chat, Ini Caranya !

Mengindari Hilangnya Chat History saat Update BBM : BBM atau Blackberry Messenger adalah salah satu aplikasi paling popular saat ini. Kepopuleran itu tentunya juga diperoleh dari ketenaran Android yang menjadi nyawa utama smartphone saat ini. Aplikasi BBM untuk Android mengalami perkembangan dan pembenahan bug-bug dari mulai rilis sampai sekarang. Pengembangan dan pembenahan tersebut tentunya diperuntukkan oleh pengguna supaya mereasa lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi RIM yang telah dibeli oleh Google ini. Dalam dunia Android, pembenahan tersebut dapat dinikmati oleh setiap pengguna yang sebelumnya telah menggunakan aplikasi BBM di dalam smartphone-nya. Istilah yang sering kita kenal untuk mendapatkan versi pembenahan atau versi terbaru dari Aplikasi BBM ini adalah “Update” atau “Perbarui”. Tetapi ada beberapa masalah yang akan dialami ketika aplikasi BBM kita update. Masalah yang paling sering muncul dan terkadang membuat kita berfikir dua kali untuk melakukan update adalah hilangnya history chat atau semua percakapan yang telah dilakukan sebelum dilakukan update. Tentu saja ini akan sangat menggangu jika chat yang kita lakukan adalah chat penting dan ada percakapan penting didalamnya. Tetapi ternyata ada sebuah fasilitas dari aplikasi ini yang menyediakan fasilitas simpan percakapan. Jadi meskipun dilakukan update pada aplikasi BBM, semua percakapan yang telah dilakukan sebelum update akan masih terjaga di dalam. Fasilitas ini terdapat dalam menu Save Chat History.
Update BBM Aman Tanpa Hilang History Chat, Ini Caranya !

Fasilitas ini secara default memang dalam keadaan mati ketika kita menginstal aplikasi BBM ini. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat loading aplikasi ini. Karena semua percakapan disimpan, maka ketika aplikasi dibuka akan membaca semua data percakapan yang telah disimpan dan menampilkannya. Oleh karena itu, dalam keadaan default, fasilitas ini akan kita temukan dalam keadaan mati. Jadi untuk menggunakannya, kita harus melakukan sedikit pengaturan (mengaktifkan fasilitas ini).

Tidak perlu diaktifkan secara terus menerus, karena fasilitas ini akan menyimpan semua history percakapan baik yang berlangsung sebelum fasilitas hidup dan setelah fasilitas hidup. Jadi dalam kasus ini, untuk menghilangkan rasa takut akan kehilangan semua data percakapan setelah melakukan update aplikasi BBM yang terbaru, fasilitas ini akan sangat berperan penting dan membantu Anda. Cukup dengan mengaktifkan fasilitas ini sebelum melakukan update dan mematikan kembali fasilitas ini setelah melakukan update, supaya loading aplikasi tetap cepat.

Cara untuk melakukan pengaturan Save Chat History ini adalah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi Blackberry Messenger (BBM),
  • Pilih menu More > Settings,
  • Scroll ke bawah dari tampilan menu Settings dan cari pilihan Save Chat History.
  • Hidupkan fasilitas tersebut dengan cara drug tombol ON/OFF yang ada di samping menu.
  • Kemudian back dan tutup aplikasi.
Setelah melakukan pengaturan pada Save Chat History dan memastikan fasilitas tersebut menyala, silahkan melakukan update aplikasi BBM melalui Google Play Store. Setelah update selesai, jangan langsung membuka aplikasi, tunggulah beberapa menit. Setelah kurang lebih 5 menit pasca update, silahkan buka kembali aplikasi BBM Anda. BBM sudah menjadi versi yang terbaru dan chat history tetap muncul. Tetapi loading untuk membaca chat history ini akan lumayan lama, jadi harus bersabar.

Dan yang terakhir, untuk menjaga loading aplikasi BBM tetap cepat, sebaiknya fasilitas Save Chat History dimatikan saja. Cara mematikannya sama dengan saat mengaktifkan, hanya saja drug tombol ke arah OFF. Nah demikianlah sedikit pengalaman saya saat saya melakukan update aplikasi BBM dan di dalam chat saya banyak data yang penting. Semoga pengalaman saya ini dapat membantu Anda jika mengalami permasalahan yang sama seperti saya.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon