Wednesday, August 13, 2014

Tentang Uang NKRI Yang Akan Segera Digunakan, Ini Klarifikasinya

Mata Uang NKRI - Memang sudah lumayan lama beredar rumor akan adanya uang baru yang disebut-sebut sebagai Uang NKRI. Banyak orang dan lembaga yang membicarakan keberadaan rumor ini. Tetapi keberadaan pasti dari uang NKRI ini dan kapan akan mulai beredar masih menjadi rahasia dari Bank Indonesia. 
mata uang NKRI
Selain kapan uang ini akan beredar yang masih bertanda tanya besar, bentuk dari uang ini dan besarnya nominal juga masih menjadi rahasia di kalangan Bank Indonesia saja. Tetapi yang pasti, Bank Indonesia telah memberikan kepastian akan datangnya Uang NKRI dengna desain yang baru dan akan segera digunakan.

Tentang Uang NKRI Yang Akan Segera Digunakan

Pada bulan Agustus 2014, rumor tentang Uang NKRI yang lama menjadi perbincangan telah terkuak. Uang terbaru di negara Indonesia ini dikabarkan oleh Bank Indonesia akan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 17 Agustus 2014, bersamaan dengan perayaan HUT RI yang ke-69. Sebagai langkah awal penjelasan mengenai bentuk dari mata uang baru NKRI ini akan diadakan jumpa pers oleh Bank Indonesia sendiri pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2014.

Dari keterangan Bani Indonesia mengenai mata Uang NKRI ini, perlu kita perhatikan bahwa bentuk dan nominal dari matau uang baru ini masih dalam rahasia sampai jumpa pers dilakukan. Jadi untuk menanggapi beredarnya beberapa gambar mata uang yang diklaim sebagai mata uang NKRI belum dijamin kebenarannya atau lebih cenderung ke berita palsu belaka. 

Jika sudah dilakukan jumpa pers pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2014 ini, baru bentuk dan nominal uang NKRI akan diperlihatkan oleh Bank Indonesia dan kalayak umum. Sedangkan untuk beredarnya sendiri, Uang NKRI diprediksi akan mulai beredar pada tanggal 18 Agustus 2014 sebagai alat pembayaran yang sah di negara Indonesia.

Untuk menanggapi banyaknya gambar mata uang NKRI yang telah beredar, Bank Indonesia mengeluarkan surat resmi sebagai bahan klarifikasi uang NKRI. Surat tersebut berisi 3 (tiga) poin penting, yaitu:

1. Gambar tersebut bukan merupakan gambar uang Rupiah yang akan diterbitkan.
2. Uang Rupiah (kertas) yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, sebagai berikut
  • gambar lambang negara ”Garuda Pancasila”;
  • frasa ”Negara Kesatuan Republik Indonesia”;
  • sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya;
  • tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia;
  • nomor seri pecahan;
  • Teks ”DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …”; dan
  • tahun emisi dan tahun cetak.
3. RUU Redenominasi saat ini masih dalam pembahasan di DPR-RI dan belum ditetapkan. Dengan demikian maka kebijakan redenominasi Rupiah belum diimplementasikan dalam waktu dekat.

Isi surat tersebut telah menyatakan bahwa Uang NKRI yang gambarnya telah beredar tersebut belumlah benar. Masih harus mengunggu sampai tanggal 17 Agustus 2014 untuk memastikan bentuk uang tersebut secara benar.

Sumber : bi.go.id ; besnis.liputan6.com
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon