Monday, July 21, 2014

Kuota Internet Cepat Habis, Ini Alasannya

Kangje.com - Seringkali pengguna internet mengalami masalah yang sama, yaitu kehabisan kuota internet. Tidak memandang operator atau provider apa yang digunakan, jika ambang batas maksimal penggunaan kuota internet tercapai maka kuota akan segera habis juga. Menurut beberapa analisis, ada dua aktivitas internet yang dapat menyebabkan kuota internet cepat habis. 

Aktivitas penyebab kuota internet cepat habis pada semua operator ini meliputi aktivitas disengaja dan aktivitas tak disengaja. Pada kesempatan ini akan saya jelaskan mengenai kedua aktivitas tersebut dan cara menghemat kuota internet yang benar untuk semua operator atau provider.

Disini saya tekankan pada masalah internet berbasis kuota, bukan internet berbasis data unlimited dari masing-masing operator atau provider. 

Misalkan internet berbasis kuota adalah internet Three, internet Telkomsel, Internet XL, dan lain-lain. Sedangkan internet berbasis data unlimited seperti Speedy unlimited, Smartfren unlimited, dan ISP lainnya tidak mengalami masalah yang akan dibahas dalam artikel ini.
Menghemat Kuota Internet

Sekarang saya bahas dulu mengenai aktivitas internet yang disengaja, yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Namanya juga aktivitas yang disengaja, sudah pasti dilakukan oleh pengguna secara sadar. 

Aktivitas ini tentunya juga sering dilakukan dalam dunia internet, seperti: sering melakukan streaming video, sering melakukan download file-file (terutama file berkapasitas besar), melakukan update antivirus manual, dan masih banyak aktivitas lain yang dapat menyebabkan kuota internet cepat habis.

Alasan Kuota Internet Cepat Habis

Sedangkan untuk aktivitas internet tak disengaja yang menyebabkan kuota internet cepat habis sering disebabkan oleh aktivitas yang sifatnya otomatis. 

Namanya juga otomatis, pasti aktivitas ini terkadang tidak disadari oleh pengguna ketika berjalan (bekerja). Aktivitas otomatis tersebut dapat berupa aktivitas sistem operasi maupun aplikasi yang terpasang di komputer dan ingin mengambil sesuatu dari server induk mereka. 

Contohnya adalah aktivitas automatic update pada antivirus, aktivitas automatic update pada sistem operasi dan aplikasi, bahkan aktivitas ilegal dari penyusup yang ingin mengambil beberapa keuntungan dari komputer kita. [Baca : Cara Cek Kuota Internet 3]

Untuk masalah pada aktivitas yang pertama, cara mengatasi tergantung pada kesadaran masing-masing pengguna untuk mengelola penggunaan yang begitu besar memakan kuota internet. 

Cara Menghemat Kuota Internet

Tetapi untuk aktivitas yang kedua ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan kuota oleh aktivitas tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota internet semua operator (provider):
  • Matikan semua proses automatic update yang ada pada komputer, baik pada sistem operasi maupun pada aplikasi.
  • Matikan automatic update pada antivirus dan lakukan manual update antivirus pada saat terkoneksi internet unlimited seperti internet unlimited Speedy.
  • Gunakan antivirus terupdate virus definition untuk menghindari update otomatis antivirus berjalan dan mencegah aktivitas gelap dari penyusup yang masuk ke komputer Anda.
  • Minimalkan penggunaan plugin pada browser yang digunakan untuk browsing di internet.

Beberapa hal tersebut dapat memberikan dampak penghematan kuota internet yang lumayan besar jika dilakukan. Semoga penjelasan mengenai cara menghemat kuota internet ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon