Sunday, May 4, 2014

Menghapus Default Search Engine Ask.com di Browser Mozilla Firefox

Menghapus Default Search Engine Ask.com - Sering kita alami ketika membuka browser Mozilla Firefox, tampilan pertama yang muncul adalah halaman Ask.com. Kenapa bisa seperti itu? padahal kita tidak pernah melakukan pengaturan terhadap Mozilla Firefox untuk tampilan pertama adalah halaman Ask.com.
Menghapus Default Search Engine Ask.com di Browser Mozilla Firefox
Perlu kita ketahui bahwa Ask.com adalah sebuah layanan search engine (mesin pencari) yang biasanya nimbrung (ngikut) pada beberapa free software atau plugin browser. Dengan terinstalnya software atau plugin tersebut maka Ask.com secara default akan menjadi search engine utama browser Mozilla Firefox yang terinstal di komputer.

Lalu bagaimana cara menghapus Search Engine Ask.com sebagai default search engine browser Mozilla Firefox? Kali ini akan dibagikan tips untuk menghapus default search engine Ask.com dari browser Mozilla Firefox.

Menghapus Default Search Engine Ask.com di Browser Mozilla Firefox

Secara default, browser Mozilla Firefox akan membawa search engine Google ketika pertama dibuka. Tetapi pada saat terkena dampak instal free software yang kita lakukan, default search engine ini akan berubah secara otomatis ke Ask.com.

Jika kalian merasa terganggu dengan perubahan tersebut, kalian dapat mengubahnya kembali ke pengaturan awal Mozilla Firefox

Berikut langkah-langkah untuk menghapus default search engine Ask.com di Firefox.
  1. Buka browser Mozilla Firefox.
  2. Pada kotak URL (Address bar), ketikkan perintah "about:config" tanpa tanda petik dan tekan Enter.
  3. Jika ada peringatan muncul, silahkan klik saja tombol yang ada di bawahnya, biasanya bertuliskan "I'll be carefull, I promise",
  4. Akan muncul halaman config yang ditampilkan, pada bagian kotak Filter, ketikkan penyaringan "keyword.url" tanpa tanda petik.
  5. Akan muncul hasil penyaringan dibawahnya, silahkan klik dua kali pada hasil penyaringan (keyword.url).
  6. Akan terbuka sebuah pop up pengaturan keyword.url, ganti String Value yang ada di kotak pop up tersebut. Penggantian dari "https://www.ask.com" menjadi "https://www.google.com" tanpa tanda petik.
  7. Langkah terakhir klik OK.

Dengan pengaturan tersebut, kalian telah berhasil menghapus default search engine Ask.com dari Mozilla Firefox dan berhasil menggantinya menjadi Google.com. Tutup browser Mozilla Firefox dan jalankan lagi, yang terbuka pertama akan menjadi Google.com.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon