Rabu, 30 April 2014

Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan

Cara Reset Password BIOS PC - Pernahkah kalian mengalami suatu keadaan di mana kalian tidak dapat mengakses BIOS komputer secara penuh? Masalah ini sering dialami karena BIOS dari awal sudah diatur dengan password. Ini terjadi ketika kita membeli komputer second dan pemilik sebelumnya telah mengatur password pada BIOS.
Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan
Sebenarnya memang penting juga mengamankan BIOS dengan menggunakan password, apalagi untuk tipe komputer yang dipakai bersama. Hal ini berfungsi untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan dari pengguna lain.

Akan tetapi tidak jarang dari kita yang lupa dengan password BIOS yang kita berikan pada komputer tersebut. Mungkin karena saking lamanya tidak dibuka dan akhirnya password yang terpasang jadi lupa. Dan tentunya kita akan bingung jika ingin masuk ke pengaturan BIOS dan melakukan perubahan.

Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan

Tetapi tenang saja, kali ini saya akan memberikan tips rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut. Cara yang populer disebut dengan cara reset password BIOS ini adalah yang paling direkomendasikan dan minim resiko kerusakan.

Password BIOS dan pengaturan BIOS yang lainnya pada komputer disimpan pada chip yang dinamakan chip CMOSChip CMOS ini memiliki kondisi default (pabrikan) dan kondisi perubahan (pengaturan oleh user).

Kondisi default bersifat permanen dan tidak dapat berkurang, tetapi pada kondisi perubahan, CMOS memerlukan catuan daya listrik untuk dapat mempertahankan perubahan pengaturan yang dilakukan. Catuan daya tersebut dicatu oleh sebuah batrai kecil yang terletak di dekat chip tersebut.

Baterai tersebut diberi nama batrai CMOS. Ketika pada kondisi perubahan, CMOS akan kembali ke pengaturan awal (default) ketika tidak mendapatkan catuan daya tersebut. Nah, cara inilah yang nantinya akan dapat kita gunakan untuk me-reset password BIOS agar kembali ke posisi default.

Ada dua cara untuk reset password BIOS yang direkomendasikan, yaitu:

Reset Password BIOS dengan Cara Melepas Baterai CMOS

Berikut langkah-langkah untuk reset password BIOS dengan melepas baterai CMOS.
  1. Lepaskan semua hubungan listrik, power supply harus terputus dari hubungan listrik.
  2. Lepaskan semua hubungan hardware seperti mouse, keyboard, printer, scanner, monitor, dll.
  3. Perhatikan pada motherboard dan cari sebuah baterai yang berbentuk bulat.
  4. Lepaskan baterai tersebut dari tempatnya dan biarkan kondisi batrai terlepas sampai beberapa menit (minimal 5 menit).
  5. Pasang kembali baterai dan pasang semua hardware kembali.
  6. Nyalakan komputer dan masuklah ke BIOS, dan password BIOS kalian sudah hilang. 

Reset Password BIOS melalui Jumper CMOS

Berikut langkah-langkah untuk reset password BIOS dengan jumper.
  1. Perhatikan motherboard dan temukan sebuah jumper CMOS, biasanya letaknya tidak jauh dari baterai CMOS dan ada tulisannya CLR CMOS.
  2. Ada 3 kaki dan 1 slot jumper, ubah posisi menjadi berlawanan posisi semula, diamkan beberapa menit (minimal 2 menit).
  3. Kemudian kembalikan ke posisi semula dan nyalakan komputer, kemudian masuk BIOS.
  4. BIOS kalian sudah kembali kepengaturan awal (default). 

Kedua cara reset password BIOS di atas adalah cara yang paling direkomendasikan dan paling aman dengan resiko kerusakan hardware dan software yang sangat kecil. Karena ketika BIOS diubah-ubah, maka resiko terbesar dari aktivitas reset password BIOS adalah komputer akan mati total. Jadi harap berhati-hati dalam melakukan reset password BIOS

Demikian sedikit tips untuk reset password BIOS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,