Wednesday, April 30, 2014

Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan

Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan ~ Pernahkah Anda mengalami suatu keadaan dimana Anda tidak dapat mengakses BIOS komputer secara penuh? Tentunya pernah Anda alami ketika komputer yang Anda gunakan telah diproteksi di bagian BIOS dengan password BIOS. Memang penting juga mengamankan BIOS dari oprekan pengguna lain atau orang lain yang meminjam komputer kita. Salah satu cara mengamankan BIOS yang menjadi pusat pengaturan hardware komputer kita adalah dengan cara memasang atau mengaktifkan fitur Password BIOS-nya. Akan tetapi tidak jarang dari kita yang lupa dengan password BIOS yang kita berikan pada komputer tersebut karena saking lamanya nggak dibuka dan akhirnya password yang terpasang jadi lupa. Dan tentunya kita akan bingung jika ingin masuk ke pengaturan BIOS dan melakukan perubahan. Tetapi tenang saja, kali ini saya akan memberikan tips rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut. Cara yang populer disebut dengan cara reset password BIOS ini adalah yang paling direkomendasikan dan minim resiko kerusakan.

Password BIOS dan pengaturan BIOS yang lainnya pada komputer disimpan pada chip yang dinamakan chip CMOS. Chip CMOS ini memiliki kondisi default (pabrikan) dan kondisi perubahan (pengaturan oleh user). Kondisi default bersifat permanen dan tidak dapat berkurang, tetapi pada kondisi perubahan, CMOS memerlukan catuan daya listrik untuk dapat mempertahankan perubahan pengaturan yang dilakukan. Catuan daya tersebut dicatu oleh sebuah batrai kecil yang terletak di dekat chip tersebut. Batrai tersebut diberi nama batrai CMOS. Ketika pada kondisi perubahan, CMOS akan kembali ke pengaturan awal (default) ketika tidak mendapatkan catuan daya tersebut. Nah, cara inilah yang nantinya akan dapat kita gunakan untuk mereset password BIOS agar kembali ke posisi default.
Cara Reset Password BIOS PC yang Direkomendasikan

Cara reset password BIOS yang direkomendasikan

1. Reset password BIOS dengan cara melepas batrai CMOS, berikut langkah-langkahnya:
  • Lepaskan semua hubungan listrik, power supply harus terputus dari hubungan listri.
  • Lepaskan semua hubungan hardware seperti mouse, keyboard, printer, scanner, monitor, dll.
  • Perhatikan pada motherboard dan cari sebuah batrai yang berbentuk bulat.
  • Lepaskan batrai tersebut dari tempatnya dan biarkan kondisi batrai terlepas sampai beberapa menit (minimal 5 menit).
  • Pasang kembali batrai dan pasang semua hardware kembali.
  • Nyalakan komputer dan masuklah ke BIOS, dan password BIOS anda sudah hilang.
2. Reset password BIOS melalui Jumper CMOS, berikut langkahnya:
  • Perhatikan motherboard dan temukan sebuah jumper CMOS, biasanya letaknya tidak jauh dari batrai CMOS dan ada tulisannya CLR CMOS.
  • Ada 3 kaki dan 1 slot jumper, ubah posisi menjadi berlawanan posisi semula, diamkan beberapa menit (minimal 2 menit).
  • Kemudian kembalikan ke posisi semula dna nyalakan komputer, kemudia masuk BIOS.
  • BIOS anda sudah kembali kepengaturan awal (default).
Kedua cara reset password BIOS di atas adalah cara yang paling direkomendasikan dan paling aman dengan resiko kerusakan hardware dan software yang sangat kecil. Soalnya ketika BIOS diubah-ubah, maka resiko terbesar dari aktivitas reset password BIOS adalah komputer akan mati total. Jadi harap berhati-hati dalam melakukan reset password BIOS. Tetapi dengan kedua cara di atas, maka resiko mati seperti itu dapat diminimalisir.

Demikian sedikit tips untuk reset password BIOS. Semoga dapat menjadi bahan referensi menyelesaikan masalah password BIOS Anda.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon