Sunday, March 23, 2014

Belajar Dari Pengertian Microsoft Excel dan Memahami Fungsi Microsoft Excel

Belajar Dari Pengertian Microsoft Excel dan Memahami Fungsi Microsoft Excel ~ Microsoft Excel menjadi salah satu program bundle dari Microsoft Office yang sangat populer dan lengkap dalam pengolahan tabel dan perhitungan matematika. Program ini memiliki ciri khusus dengan bentuk lembar kerja spreedshet. Lembar kerja spreedshet sudah kita kenal sejak munculnya aplikasi Lotus 123 yang beroperasi pada sistem operasi DOS. Microsoft Excel saat ini memiliki sistem kerja seperti Lotus 123, tetapi memeiliki kemampuan yang jauh lebih besar dan lebih luas. Kali ini saya akan ulas tentang pengertian Microsoft Excel dan Fungsi Microsoft Excel dalam pengolahan data di komputer.

Pengertian Microsoft Excel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Microsoft Excel adalah aplikasi besutan Microsoft yang di-bandle ke dalam Microsoft Office. Microsoft Excel memiliki ciri khusus dalam lembar kerjanya, yaitu berbentuk spreedshet yang terdiri dari kolom dan baris. Aplikasi ini sering digunakan untuk pengolahan data aretmatika (perhitungan matematika). Microsoft Excel menyediakan berbagai jenis formula baku dan formula logika menurut penggunanya. Sampai dengan versi Mocrosoft Excel yang sekarang, fitur dan penggunaan semakin meluas.

Lembar kerja yang berbentuk spreedshet dan dukungan dari formula sangat membantu sekali untuk keperluan pengolohan data keuangan dan sejenisnya (berhubungan dengan angka). Selain berhubungan dengan angka, Microsoft Excel juga menyediakan fitur pembentukan grafik dari data-data yang dibangun di spreedshet.
pengertian microsoft excel dan fungsi microsoft excel

Dalam perkembangannya, Microsoft Excel mengalami beberapa kali perubahan baik dalam bentuk maupun penambahan fungsi (fitur). Perubahan tersebut ditandai dengan perubahan versi yang di-bandle pada Microsoft Office yang ada beberapa versi.

Fungsi Microsoft Excel / Penggunaan Microsoft Excel

Membahas mengenai fungsi dari Microsoft Excel, kali ini yang akan diulas adalah penggunaannya, bukan masalah fungsi (fitur fungsi Microsoft Excel) yang ada di dalam Microsoft Excel. Fungsi Microsoft Excel tidak jauh beda dengan fungsi program aplikasi pada umumnya dan aplikasi Microsoft Office pada khususnya. Tetapi yang membedakan adalah spesifikasi penggunaan saja. Kalau di Microsoft Word kita kenal dengan fungsi pengolahan kata, pada Microsoft Excel kita akan mengenal program ini dengan program pengolah tabel. Sangat luas sekali pengertian program pengolah tabel, tetapi spesialisasi ini akan mendukung sepenuhnya pengolahan angka (aretmatika) baik yang sederhana maupun yang rumit. Bahkan dalam perkembangannya, Microsoft Excel juga memiliki fungsi dalam hal pengolahan database (basis data).

Fitur dan fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel tentu saja berpengaruh terhadap penggunaan Microsoft Excel dalam operasional kerja seharian. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan kapasitasnya yang diperlukan oleh suatu pekerjaan yang mampu diselesaikan dengan menggunakan Microsoft Excel.

Itulah sedikit ulasan saya tentang Pengertian Microsoft Excel dan Fungsi Microsoft Excel dalam hal penggunaan. Semoga dapat membantu Anda memahami tentang pengertian dan fungsi Microsoft Excel.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon