Tuesday, March 4, 2014

Mengatur Ukuran Ketas Pada Microsoft Office Word 2007

Mengatur Ukuran Ketas Pada Microsoft Office Word 2007 ~ Belajar Microsoft Office Word memang tidak ada habisnya. Meskipun Microsoft Word telah lama digunakan dan sering digunakan oleh pengguna komputer, tetapi ada beberapa pengeturan yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna. Salah satunya adalah pengeturan mengenai ukuran kertas yang akan digunakan untuk membuat dokumen. Bagi pengguna yang telah sering menggunakan dan memahami tentang Microsoft Word, mengatur ukuran kertas pasti tidak akan mengalami kesulitan. Tetapi untuk beberapa orang yang memang jarang menggunakan atau belum begitu memahami penggunaan Microsoft Word pasti akan mengalami kesulitan menggunakan menu pengaturan ukuran kertas. Kali ini saya akan mengulas tentang cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word 2007.

Ukuran kertas untuk membuat dokumen di dunia ini ada beberapa ukuran dan namanya. Secara default, lembar kerja Microsoft Word atau yang disebut juga page layout adalah Letter atau A4. Tentunya ukuran kertas yang akan kita gunakan juga berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu melakukan perubahan pada ukuran kertas yang akan disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran kertas yang sering digunakan dalam Microsoft Word adalah Letter, A4, dan F4. Selain ukuran tersebut, masih banyak lagi ukuran kertas yang lainnya. Akan tetapi untuk ukuran yang sering dipakai di Indonesia adalah 3 ukuran kertas tersebut.
Mengatur Ukuran Ketas Pada Microsoft Office Word 2007

Masalahnya sekarang adalah, secara default ukuran kertas F4 atau HVS tidak tersedia otomatis pada pilihan ukuran kertas yang disediakan oleh Microsft Word. Untuk itu perlu pengaturan manual ketika ingin menggunakan ukuran kerta F4 untuk dokumen kita. Caranya tidaklah sulit, cukup klik menu yang ada dan lakukan pengaturan, makan ukuran kertas F4 akan jadi.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2007

  • Buka Microsoft Word 2007 atau versi setelahnya.
  • Perhatikan deretan menu di atas halaman Microsoft Word 2007 tersebut. Kemudian klik menu Page Layout.
  • Setelah menu Page Layout terpilih, perhatikan deretan ribbon yang ada dibawahnya. Kemudian klik anak panak kecil yang berada di sudut kanan bawah kelompok ribbon dari menu Page Layout. Akan muncul pop up menu.
  • Pada pop up menu yang menucul, pilih tab Paper. Untuk mengatur ukuran kerta menjadi HVS, isikan ukuran 33 cm pada kotak Height. Kemudian klik OK.
  • Lembar kerja atau kertas dokumen Anda sudah menjadi ukuran F4 atau HVS dan siap digunakan.
Mudah bukan cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word 2007 atau versi setelahnya. Untuk ukuran kertas, F4 memiliki panjang/tinggi halaman 33 CM dan lebar halaman 21 CM.

Demikian sedikit ulasan mengani cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word 2007, semoga dapat membantu Anda mempelajari Microsoft Word. Baca juga cara membuat penomoran berbeda dalam satu file di Microsoft Word 2007.
Advertisement

1 comments:

Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget …

Kamu butuh tutorial yang menggunakan bahasa Indonesia? Pusing cari dimana? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis Tutorial berbahasa Indonesia, yang bisa membantu kamu melakukan aktivitas sehari-hari

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon