Thursday, February 13, 2014

Sejarah Microsoft Word dan Pengertian Microsoft Word Untuk Anda

Sejarah Microsoft Word dan Pengertian Microsoft Word ~ Sebagai pengguna komputer, apakah kita sadar mengenai sejarah suatu aplikasi atau software yang kita gunakan? Pastinya masalah tersebut sangat terabaikan bukan. Kita menggunakan tetapi tidak mengetahui secara pasti sejarah pembuatannya, awal mula dibuatnya aplikasi atau software tersebut. Alangkah baiknya kita mengetahui sejarah software atau aplikai yang kita gunakan. Salah satu yang akan diulas disini nanti adalah mengenai sejarah Microsoft Word. Selain mengetahui sejarah Microsoft Word, kita juga akan ulas mengenai pengertian dan fungsi Microsoft Word, software yang sering kita gunakan untuk keseharian kita di depan komputer.
Sejarah Microsoft Word dan Pengertian Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi buatan Microsoft yang berada satu bandle dalam paket Microsoft Office. Micerosoft Word merupakan aplikasi andalan untuk aplikasi pengolah kata. Tahukah Anda bahwa nama aplikasi pengolah kata yang saat ini kita kenal Microsoft Word tersebut tidak merupakan nama lahir dari aplikasi ini. Aplikasi pengolah kata dari Microsoft ini pertama kali lahir dan diluncurkan dengan nama Multi-Tool Word pada tahun 1983. Multi-Tool Word bekerja untuk sistem operasi Xenix. (id.wikipedia.org)

Pengembangan Multi-Tool Word untuk menjadi Microsoft Word dimulai pada tanggal 1 Februari 1983 dan pada tanggal 25 Oktober 1983, nama Microsoft Word diterbitkan untuk komputer IBM (IBM PC). Dan pada tahun 1985, Microsoft mengeluarkan Word for Macintosh yang merebut perhatian mayoritas pengguna komputer. Sedangkan Word untuk Windows baru dirilis pada tahun 1989 yang berjalan pada Windows 1.0. Ketika Windows 3.0 diluncurkan pada tahun 1990, penggunaan Word untuk Windows sangat mendominasi penggunaan pengolah kata bagi pengguna komputer.

Pada tahun 1997 pengembangan Microsoft Word mengalami kemajuan pesat dengan diluncurkannya Microsoft Word 97 yang berada pada paket Microsof Office 1997. Pada paket Microsoft Office 97, dibuat dalam 2 versi kebutuhan, yaitu Profesional dan Small Business. Setelah Microsoft Office 97 mulai usang dan pengembangan menghasilkan Microsoft Office 2000 yang diluncurkan pada tahun 1999. Microsoft Office 2000 membawa fitur Office Assistant. Micrososft Office 2000 memiliki 4 versi produk, yaitu Standard, Profesional, Small Business, dan Premium. Tidak lama produk ini digantikan oleh generasi baru yang munculnya bersamaan dengan Windows XP dengan nama Microsoft Office XP di tahun 2001. Dan pada tahun 2003, kemunculan Microsoft Office 2003 menjadi titik pesat pengembangan Microsoft Office yang didalamnya ada Microsoft Word 2003. Microsoft Office 2003 memiliki beberapa versi jual yaitu Profesional Edition, Smal Business Edition, Standard Edition, dan Student and Teacher.

Microsoft Office Word mengalami perubahan interface yang mencolok ketika peralihan dari Microsoft Word 2003 ke Microsoft Word 2007. Toolbar yang dikenal pada versi Microsoft Word sebelumnya digantikan dengan nama Ribbon pada Microsoft Word 2007. Perubahan drastis ini terjadi pada tahun 2007 ketika Microsoft Word 2007 (Microsoft Office 2007) dirilis.

Dari Microsoft Office 2007 ini rilis software paket Microsoft ini menjadi stabil per tiga tahun sekali. Setelah Microsoft Office 2007, pengembangan software terus dilakukan dan akhirnya dikeluarkan produk baru yang dinamakan Microsoft Offcie 2010 yang dirilis pada tahun 2010. Interface Microsoft Word 2010 masih mengusung Microsoft Word 2007, hanya terjadi perubahan pada beberapa titik dan adanya penambahan paket bandle Microsoft Office. Microsoft Word 2010 suppot pada sistem operasi Windows XP Profesional (SP 3), Windows Vista (SP 2), Windows 7, dan Windows 8.

Dan yang terakhir saat ini adalah keberadaan Microsoft Word dan Microsoft Office yang terbaru adalah Microsoft Office 2013 yang dirilis pada tahun 2013 kemarin. Tema interface lebih cenderung mungusung interface Windows 8 yang bertema Metro. Microsoft Office 2013 support dengan sistem operasi Windows Server 2008 R2, Windows 7, dan Windows 8.

Mungkinkan akan muncul Microsoft Office selanjutnya yang menruut perkiraan adalah per tiga tahun sekali? Jika iya kita tunggu saja tahun 2016, kemunculan dari pengembangan Microsoft Office 2013.

Pengertian Microsoft Office Word

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang dibesut oleh Microsoft dan dimasukkan dalam bandle Microsoft Office. Microsoft Word menjadi program pengolah kata yang handal dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Microsoft Word memiliki beberapa versi sejak kelahirannya di tahun 1983. Beberapa versi memang didesain untuk sistem operasi Windows seperti Microsof Word 97, Microsoft Word 2000, Microsoft Word XP, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, dan Microsoft Word 2013. Kesemuanya memiliki kelebihan berdasarkan pengembangan dari versi sebelumnya.

Fungsi Microsoft Word

Fungsi utama dari Microsoft Word adalah sebagai software pengolah kata bagi user. Banyak sekali fitur pengolah kata dan pelengkap yang disertakan di dalam Microsoft Word. Pengguna tinggal melakukan operasi dengan menggunakan tools tersebut untuk mebuat dokumen kata sesuai dengan keinginannya. Dan yang paling menarik adalah Microsoft Word mendukung sistem WYSWYG (What You See, What You Get). Jadi apa yang ada buat dengan pengaturan menggunakan Microsoft Word, seperti itulah nantinya yang akan Anda peroleh ketika dicetak.

Demikian sedikit ulasangan menganai Sejarah Microsoft Word, Pengertian Microsoft Word, dan Fungsi Microsoft Word. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua, sehingga kita tidak hanya sekedar menggunakan saja, tetai juga mengetahui sejarah, pengertian, dan fungsinya aplikasi yang kita gunakan.
Advertisement

7 comments

saya sering pake microsoft word buat nulis novel karangan saya.
ngomong ngomong saya komentar dari tadi kok gagal terus ya :v

Oh iya gan/sis.... Memang sangat cocok untuk kegiatan menulis aplikasi ini.
Komentarnya yang ini masuk kok. Mungkin gagal karena danya gangguan koneksi internetnya...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon