Monday, September 9, 2013

Memahami Seluk Beluk Hard Disk Komputer

Kangje.com - Hard disk menjadi perangkat yang vital bagi komputer atau notebook. Hard disk berfungsi sebagai media penyimpanan utama yang akan menampung semua data yang akan diolah di dalam komputer. Data mulai dari dokumen, gambar, audio, video, sampai dengan file sistem operasi.

Fungsi sangat penting tersebut sebaiknya didasari juga dengan pengetahuan yang baik oleh kita tentang hard disk komputer. Hal ini akan membantu kita untuk mengantisipasi kehilangan data yang paling tidak diinginkan oleh setiap orang.

Hard disk komputer juga memiliki umur maksimal penggunaan. Jika sudah mendekati batas maksimal umur penggunaan, biasanya akan mengalami penurunan kemampuan hard disk

Penurunan kemampuan tersebut dapat ditandai oleh banyak hal, seperti sering hang, ada bunyi ketika hard disk bekerja, sampai dengan adanya bad sector.


Memahami Seluk Beluk Hard Disk Komputer

Hard disk memiliki struktur seperti halnya rumah. Hard disk memiliki kamar-kamar seperti rumah yang dinamakan dengan "sector". 

Sector inilah yang akan ditempati oleh data-data dengan pengaturan dari software pendukungnya. Dalam satu hard disk biasanya terdiri dari jutaan sector yang terbagi secara urut dan berdasarkan kategori data.
Memahami Seluk Beluk Hard Disk Komputer

Selain memiliki sector, hard disk juga memiliki pembagian kapasitas hard disk yang disebut "partisi".

Partisi akan membagi hard disk menjadi beberapa bagian menurut fungsinya. Partisi ini biasanya berbentuk drive yang dapat kita lihat pada Windows Explorer di sistem operasi Windows.

Dari beberapa seluk beluk di atas, pastinya ada masalah-masalah yang dapat terjadi pada hard disk komputer. Masalah-masalah tersebut seperti bad sector dan partisi hilang.

Sebagai pengguna komputer aktif sebaiknya kita mengetahui beberapa seluk beluk hard disk di atas demi keamanan data yang kita simpan didalamnya. 

Hard disk pasti akan mengalami masalah entah kapan masalah itu akan terjadi. Jadi sebagai antisipasi sebaiknya kita pahami seluk beluk dan masalah yang mungkin terjadi.

Demikian penjelasan singkat mengenai hard disk dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan untuk kita semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon