Wednesday, August 28, 2013

Tips Menjaga Umur Baterai Smartphone dan Ponsel Android Tetap Awet

Kangje.com - Memiliki ponsel smartphone Android memang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya di era Mobile sekarang ini. Perkembangan perangkat mobile yang semakin cepat dan besar mendorong juga penggunaan sumber daya yang cukup besar. Masalah umum yang sering terjadi di dalam penggunaan smartphone terkait pada daya baterai. Kita harus pandai-pandai menjaga baterai smartphone agar tetap awet dan mencukupi untuk digunakan beroperasi.

Bagi perangkat Android jaman sekarang, kebutuhan daya dengan penyedia daya sudah diseimbangkan. Hal ini menjadi pengaruh yang kuat untuk keawetan perangkat sumber daya atau baterai smartphone.

Smartphone yang canggih akan terasa kurang membanggakan jika terlalu sering menmpel dengan charge sumber daya karena baterai cepat habis.
Tips Menjaga Umur Baterai Smartphone dan Ponsel Android Tetap Awet


Tips Menjaga Umur Baterai Smartphone dan Ponsel Android Tetap Awet

Berikut ini kami bagikan informasi menarik terkait tips menjaga baterai smartphone agar lebih awet. Selain itu tips ini juga dipandang dapat menhemat sumber daya batereai dan meningkatkan permforma baterai.

Silahkakn disimak satu per satu tips yang kami tuliskan di bawah ini.

Menjaga suhu ponsel tetap stabil (tidak panas)

Dengan suhu yang panas, daya tahan baterai kemungkinan akan melemah dan lebih cepat rusak.

Selain itu, kontak langsung dengan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab menurunya daya tahan baterai. 

Baterai akan lebih awet ketika dalam kondisi suhu kamar. Dengan penyimpanan yang tepat, suhu ponsel akan terjaga dan baterai akan terjaga keawetannya.

Kurangi Konsumsi Daya dengan Turunkan Brightness Layar dan Screen Timeout

Layar menjadi komponen yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai. Semakin terang layar pada ponsel, semakin tinggi juga penggunaan daya pada baterai. 

Oleh karena itu, menurunkan tingkat brightness perlu dilakukan. Dengan menurunkan tingkat brightness, konsumsi daya pada layar akan menurun, dan keadaan baterai akan lebih hemat.

Selain pengaturan brightness, screen timeout juga perlu diatur untuk menghemat daya baterai. Atur screen timeout menjadi semakin singkat. 

Dengan pengaturan screen timeout yang semakin singkat, layar akan segera mati jika tidak ada operasi sehingga dapat memperpanjang umur baterai.

Aktifkan Power Saving Mode dan Matikan Vibrasi

Power saving mode difungsikan oleh beberapa ponsel sekarang untuk mode menghemat baterai.

Dengan mengaktifkan fitur ini, beberapa fitur yang tidak beroperasi akan dimatikan oleh fitur ini untuk mengurangi konsumsi baterai. 

Dengan power saving mode memiliki pengaruh yang tinggi dalam performa ponsel. 

Mengatur posisi vibrasi ponsel juga sangat penting. Dalam keadaan aktif, vibrasi akan mengkonsumsi daya baterai yang cukup tinggi. Jadi untuk menghemat baterai, lebih baik menonaktifkan fitur ini.

Mematikan Koneksi yang Tidak Perlu secara Manual

Ponsel smartphone dan Android biasanya memiliki banyak sekali mode konektivitas. 

Setiap mode kenoktivitas pasti akan mengkonsumsi sumber daya baterai yang lumayan tinggi. Oleh karena itu, jika tidak digunakan sebaiknya konektivitas tersebut dimatikan secara manual saja, seperti Bluetooth.

Aturlah Penggunaan Flash dan Wallpaper

Penggunaan flash saat menggunakan kamera akan memakan daya yang lumayan besar. Oleh karena itu sebaiknya batasi penggunaan flash saat menggunakan kamera. 

Selain itu penggunaan wallpaper animasi cukup cepat untuk menghabiskan daya baterai. Lebih baik menonaktifkan wallpaper yang berbentuk animasi.

Hentikan Pencarian Sinyal secara Berlebihan

Pada kondisi berada di wilayah susah mendapatkan sinyal ponsel, smartphone akan berusaha keras secara otomatis untuk mencari sinyal. 

Dalam proses pencarian sinyal tersebut, daya yang dibutuhkan oleh ponsel akan meningkat drastis. Oleh karena itu ketika berada di daerah sulit sinyal matikan saja ponsel.

Dengan menurunkan konsumsi daya pada baterai akan membantu umur batera menjadi lebih panjang.

Tips agar baterai smartphone lebih awet tersebut sudah banyak dilakukan oleh pemegang smartphone. Sebaiknya jika kita ingin menjaga baterai ponsel menjadi lebih awet bisa mengikuti tips tersebut.
Advertisement

2 comments

terima kasih :)
sangat bermanfaat.

Terimakasih kembali.. thanks buat kunjungannya.. :)

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon