Sunday, August 25, 2013

Tips Menciptakan Foto Objek Siluet

Kangje.com - Jenis foto yang satu ini atau foto siluet sangat berbeda sekali dengan mayoritas foto yang dimuat oleh fotografi. Pada kebanyakan pengambilan gambar dari sebuah objek, fotografi mengangkat objek yang tampak jelas dengan full color sesuai dengan kenyataannya menjadi sebuah gambar atau foto yang full color dan detail bentuk.

Tetapi berbeda dengan jenis foto yang satu ini. Foto siluet mengangkat pengambilan gambar objek dengan mono color object, yaitu objek hanya akan berwarna tunggal atau satu warna saja.

Jenis foto siluet dipandang lebih tepat untuk memuat foto dengan nilai drama, emosi, misteri, dan suasana khusus pada penikmat foto. Foto siluet memberikan kesan yang menonjol dengan kesederhanaan komposisi dan cerita yang dihasilkan.
Tips Menciptakan Foto Objek Siluet


Tips untuk menciptakan foto objek siluet

Foto siluet lebih menekankan pada struktur objek yang berada diatas background yang terang. Dengan memotret berlawanan sumber cahaya akan memberikan sisi berbeda pada objek yang membelakangi latar belakang dan mendepani kamera. 

Foto siluet menggambarkan foto yang jelas struktur objeknya tetapi hanya menggambarkan seperti imajinasi semata.

Berikut ini tips untuk kalian yang ingin membuat karya foto siluet dengan kamera kesayangan kalian.

Memilih Objek yang Kuat

Secara umum, semua objek yang ada dapat dipergunakan untuk menciptakan foto siluet. Tetapi tentunya ada beberapa objek yang diunggulkan dalam menciptakan foto siluet yang menarik. 

Dengan menentukan objek yang tepat, yang perlu diperhatikan adalah objek harus memiliki karakter yang kuat dan bentuknya mudah dikenali oleh penikmat foto. 

Foto siluet dibentuk dari mono color onjek dimana objek tidak akan dapat menjelaskan kondisi karena tidak adanya warna, tekstur, dan tone objek. 

Oleh sebab itu penekanan pada ciri khas objek yang berkarater kuat dan memiliki bentuk yang khas adalah satu-satunya cara untuk membuat orang yang melihat lebih lama menerjemahkan isi dari foto tersebut.

Mematikan Fitur Flash

Sudah pasti fitur yang satu ini harus dimatikan, karena fitur ini akan memberikan cahaya yang cukup untuk menerangi objek dari depan kamera sehingga foto siluet gagal dilakukan. 

Pada setting otomatis, fitur ini akan memberikan cahaya (flash) secara otomatis karena objek kekurangan cahaya. Oleh karena itu, pengaturan manual sangat diperlukan untuk menghindari pemberian cahaya oleh fitur flash kamera.

Memastikan Posisi Pencahyaan yang Tepat

Cahaya yang yang dibutuhkan dalam menciptakan foto siluet adalah cahaya yang berposisi di belakang objek utama. 

Cahaya akan menerangi bagian belakang objek sehingga bagian depan objek akan terlihat gelap karena terhalang. Hindari posisi cahaya yang berada di depan objek utama (bagian objek yang menghadap ke kamera).

Pemilihan Framing

Framing yang tepat adalah framing yang memiliki sedikit objek lain. Hal ini akan meningkatkan karakter ban bentuk objek utama yang dijadikan siluet.

Mengatur Jarak Antar Objek Siluet

Untuk siluet yang terdiri dari beberapa objek utama perlu dilakukan pengaturan jarak dan menata kerapian objek. Hal ini akan memberikan sebuah kesan siluet yang memiliki isi panjang dan bervariatif.

Tips dasar untuk menciptakan foto siluet adalah dengan menempatkan objek yang akan dijadikan siluet utama di depan sebuah sumber cahaya terang dan melakukan eksposure kamera pada background yang terang tersebut bukan pada objek utama siluet.

Nah, apakah sekarang kalian ingin mencobanya? Silahkan buat karya yang menarik dengan pengambilan mode foto siluet sesuai teknik yang diterangkan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon