Saturday, August 24, 2013

Cara Ciptakan Efek Chiaroscuro Foto dengan Teknik Low-Key Lighting

Kangje.com - Dunia photography memang tidak ada habisnya untuk dieksploitasi. Semakin berkembangnya perealatan photography menjadikan teknik untuk membuat foto yang eksklusif lebih mudah. Salah satu teknik yang menarik untuk dicoba adalah Low-Key Potrait.

Teknik ini akan memberikan efek menarik yang dinamakan efek Chiaroscuro. Low-Key Lighting hanya memerlukan satu key light untuk menciptakan efek untuk menciptakan efek Chiaroscuro seperti yang terjadi pada model photography tradisional yang memerlukan sebuah key light, fill light, dan back light untuk menciptakan efek Chiaroscuro.

Cara Ciptakan Efek Chiaroscuro Foto dengan Teknik Low-Key Lighting

Low-key lighting biasanya menggunakan background gelap untuk pengaturan latar belakang objek. Berikut adalah tips untuk mengambil gambar dengan efek Chiaroscuro menggunakan teknik Low-Key Lighting.
Cara Ciptakan Efek Chiaroscuro Foto dengan Teknik Low-Key Lighting

Pengaturan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi  untuk model Low-Key Lighting cenderung memerlukan lokasi yang gelap atau remang-remang. Bisa dilakukan di dalam kamar yang pengaturan cahayanya minimal atau dapat juga dilakukan di halaman rumah pada saat malam hari dengan penerangan yang minimal.

Pengaturan Sumber Cahaya

Sumber cahaya yang diperlukan pada model Low Key Lighting adalah Mono Source yaitu dari satu sumber saja. Jangan mengambil banyak sumber cahaya untuk mengenai objek foto, karena dapat mengurangi sisi dramatisasi objek. Arahkan objek pada sisi datangnya cahaya, ambil sudut yang pas untuk meningkatkan sisi dramatisasi objek pada hasil foto.

Pengaturan Exposure

Jangan lupa melakukan pengaturan exposure untuk menyesuaikan objek, latar, dan pencahayaan yang ada. Atur kelebaran aperture dan ketinggian ISO. Perhatikan juga timbulnya digital grain dengan penggunaan tingkat ISO yang terlalu tinggi. Atur lah Aperture priority pada arah bilangan f rendah untuk menunjang masuknya caha ke lensa dan menciptakan depth of field.

Matikan Fitur Flash pada Kamera

Low-Key Lighting hanya memerlukan satu sumber cahaya, jadi cahaya dari flash saat memotret harus dihilangkan. Jika tidak efek Chiaroscuro tidak akan didapatkan.

Pemilihan Komposisi

Silahkan bereksperimen dengan komposisi objek. Tidak perlu memegang aturan objek harus menghadap ke kamera/ eye contact dengan kamera. Silahkan mencoba dari sudut pandah yang lainnya.

Teknik photography muncul dari eksperimen, cobalah beberapa teknik dan sudut pandang dengan model yang sama untuk mencari hasil yang maksimal. Tips ciptakan efek chiaroscuro foto dengan teknik low-key lighting merupakan salah satu contoh teknik untuk membuat foto yang dramatis dan eksklusif. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon