Wednesday, January 23, 2013

Cara Meningkatkan SEO dengan Kelengkapan Identitas Gambar

Kangje.com - Setelah membahas tentang SEO untuk konten artikel, sekarang akan dibahas tentang SEO untuk gambar yang ada di blog atau website. Gambar menjadi satu bagian yang penting dalam sebuah blog atau website. Gambar menjadi satu alternatif pemahaman dalam memvisualkan penjelasan dalam konten teks artikel blog atau website.

Di samping itu, keberadaan gambar juga membuat blog atau website menjadi lebih menarik dan lebih hidup. Tetapi jika terlalu banyak menggunakan gambar dalam sebuah blog atau website juga tidak terlalu baik bagi kondisi website tersebut. Website bisa menjadi lambat dan terlihat penuh serta kurang rapi. Tetapi dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keuntungan gambar yang ada di dalam blog atau website untuk meningkatkan kondisi SEO website atau blog.

Gambar merupakan bentuk file yang tidak dapat diurai di dalam struktur HTML website maupun blog. Dalam hal Search Engine Optimization, gambar yang dimasukkan ke dalam website tidak akan memberikan apa-apa sebelum mendapatkan sentuhan identitas gambar yang dimasukkan ke dalam bagian gambar tersebut. Sistem kerja dari mesin pencari seperti Google dan Yahoo adalah membaca bagian teks dari konten website.
Cara Meningkatkan SEO dengan Kelengkapan Identitas Gambar

Cara Meningkatkan SEO dengan Kelengkapan Identitas Gambar

Mesin pencari tidak dapat membaca data dalam bentuk image (gambar). Oleh sebab itu, gambar yang disertakan di dalam website atau blog harus memiliki identitas berbentuk teks supaya dapat dibaca oleh mesin pencari. Dengan melengkapi identitas gambar tersebut, langkah untuk optimalisasi gambar dalam SEO sudah dilakukan.

Beberapa identitas gambar yang biasa disertakan di dalam sebuah gambar pada artikel dan lainnya adalah sebagai berikut:
  • Menambahkan teks Alternatif atau yang biasa disebut sebagai "atribut alt" yang menjadi identitas utama sebuah gambar. ALT TEXT akan memberikan nama pengenal bagi gambar tersebut ketika didatangi oleh petugas mesin pencari (spider dan crawler).
  • Nama file gambar yang sesuai dengan isi konten atau bahkan keyword dari konten itu sendiri.
  • Ukuran gambar yang akan dimasukkan harus sesuai dengan standar, tidak terlalu besar. Hal ini akan berpengaruh terhadap akses website atau blog serta akses penjelajahan spider dan crawler.
  • Letakkan gambar dengan identitas lengkap dan keyword pada sisi yang tepat. Pada sebuah artikel, letak gambar yang tepat adalah sebelah kiri atas artikel. Hal ini berkaitan dengan sistem kerja spider dan crawler mesin pencari yang membaca konten website atau blog dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
  • Tambahkan link yang memiliki URL keyword yang bagus.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk optimalisasi gambar dalam SEO. Semoga artikel in bermanfaat bagi para pembaca.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon