Monday, September 26, 2011

Membuat Database MySQL Menggunakan Command Prompt

Kangje.com - Membuat database MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Cara yang pertama adalah menggunakan fasilitas command prompt yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Proses pembuatan dengan menggunakan cara yang pertama ini memang tergolong sulit bagi pemula.

Membuat database dengan menggunakan command prompt harus mengetahui terlebih dahulu command-command yang akan digunakan. Seseorang yang akan membuat database MySQL dengan menggunakan command prompt harus hafal terlebih dahulu perintah-perintah yang akan digunakan. 

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan web browser. Cara ini lebih mudah digunakan oleh pemula karena semua perintah sudah ada keterangan dan penjelasan yang cukup jelas. Seseorang yang akan membuat database dengan menggunakan web browser akan sangat terbantu dengan fasilitas yang disediakan di dalam web browser tersebut.

Membuat Database MySQL Menggunakan Command Prompt

Saat ini kita akan membahas cara membuat database dengan menggunakan cara yang pertama, yaitu membuat database menggunakan command prompt miliknya Windows. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Aktifkan terlebih dahulu MySQL nya. Dianjurkan menggunakan aplikasi Xampp dan buka xampp control panel.
  • Klik tombol Start untuk Apache dan MySQL pada XAMPP Control Panel tersebut. Jika sudah berubah menjadi Running berarti Apache dan MySQL sudah siap untuk digunakan.
  • Selanjutnya kita buka command prompt miliknya Windows. Caranya adalah buka kotak dialog Run dan ketikkan cmd, kemudian tekan OK.
  • Maka akan keluar halaman command prompt Windows seperti di bawah ini.
  • Kita keluar dulu dari direktori seperti di atas (C:\Documents adn Setting\Users) menjadi C:\. Caranya adalah kita ketikkan cd\ untuk keluar dari semua direktori tersebut sekaligus.
  • Selanjutnya adalah kita akan masuk ke dalam command MySQL. Sebelumnya kita harus masuk terlebih dahulu ke MySQL nya. MySQL biasanya terdapat pada folder C:\xampp\mysql\bin>mysql.exe. Kita ketikan perintah tersebut ke dalam command prompt satu per satu.
  • Kita ketikkan perintah cd xampp.
  • Kemudian lanjutkan dengan perintah cd mysql.
  • Dilanjutkan lagi dengan perintah cd bin.
  • Yang terakhir adalah mengetikkan perintah mysql –u root
  • Halaman MySQL sudah terbuka dan siap digunakan untuk membuat database.

Langkah-langkah untuk membuat database adalah sebagai berikut.
  • Pada halaman MySQL tersebut ketikkan perintah pertama untuk membuat database yaitu create database namadatabase;. Misalkan create database kantorku;
  • Database sudah dibuat, untuk melihat databasenya dengan mengetikkan perintah show databases; pada command prompt.
  • Selanjutnya adalah membuat tabel untuk database tersebut. Untuk membuat tabel pada database, kita harus mengaktifkan terlebih dahulu database yang akan kita tambahkan tabel di dalamnya. Caranya ketikkan perintah use namadatabase;. Misalkan use kantorku;.
  • Jika sudah ada tulisan Database changed, berarti database sudah siap untuk ditambahi tabel. Ketikkan perintah create table pegawai (nip char(15) not null primary key, nama char(25) not null, alamat char(50), status char(10)); kemudian tekan ENTER.
  • Membuat tabel pegawai sudah selesai dengan primary key nip.
  • Untuk melihat tabel yang sudah dibuat, ketikkan perintah show tables;
  • Untuk melihat fields dalam tabel ketikkan perintah berikut ini show fileds from namatabel;. Contoh show fields from pegawai; lalu tekan enter.
  • Membuat database dengan tabel beserta primary key sudah selesai.

Demikian cara membuat database MySQL dengan menggunakan Command Prompt. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada pertanya silahkan dituliskan di kolom komentar ya!
Advertisement

10 comments

Penjelasan sangat lengkap, cocok untuk yang baru belajar tentang mysql.

Thanks atas kunjungan dan komentarnya ya....

Terimaskih,
selamat mencoba cara tersebut ya...

makasiiiih......ane ninggalin jejak om.ane saluuuut!

Terimaksih juga ya atas kunjungan dan komentarnya yang membangun....

Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget …

Sekarang ini hampir setiap pekerjaan menuntut kita untuk menggunakan komputer dan berbagai software penunjang. Mulai dari software pengolah kata, angka, program, dan desain grafis. Bingung cara belajarnya? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis berbagai konten tutorial gratis yang bisa membantu kamu

Mohon maaf ya, untuk link aktif tidak diijinkan di blog ini. Moohon menggunakan link non aktif di dalam komentar.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon