Monday, August 15, 2011

"Terasi Jembret" Khas Pati Memang Terbukti Enaknya

Kanjge.com - Kabupaten Pati memang banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakatnya. Lokasi Kabupaten Pati yang ada di pesisir pantai utara jawa, membuat banyak sekali potensi laut yang dapat dihasilkan disini. Diantaranya adalah hasil laut dan hasil tambak, yang banyak dihasilkan di sepanjang wilayah kabupaten Pati bagian timur, yang memang langsung berbatasan dengan laut jawa.

Lokasi geografis yang demikianlah yang membuat sebagian besar masyarakat Kabupaten Pati bagian timur berprofesi sebagai nelayan dan petani tambak. Dari kedua profesi tersebut, membuat terasi adalah suatu nilai tambah yang dapat mereka lakukan pada waktu tertentu.

Nilai jual terasi jadi siap pakai yang tinggi membuat sebagian besar masyarakat tergiur untuk membuat terasi tersebut dan menjualnya. Terasi yang sudah jadi tidak terpaut waktu untuk menyimpannya, karena tidak akan busuk. Terasi yang bagus adalah semakin lama disimpan akan semakin bagus.
"Terasi Jembret" Khas Pati Memang Terbukti Enaknya

"Terasi Jembret" Khas Pati Memang Terbukti Enaknya

Hasil laut dan tambak yang cukup terkenal dan banyak dicari orang adalah "TERASI JEMBRET", bigitu orang Pati menyebutnya. Salah satu jenis terasi yang dibuat dari udang rebon asli dan murni tanpa campuran bahan lain dan dibuat dengan cara yang masih tradisional. 

Rasa dari jenis terasi ini tidak diragukan lagi, ketajaman rasa khas terasi dan gurihnya membuat semua orang ingin mencobanya untuk ditambahkan dalam berbagai jenis masakan. Bau yang tidak bigitu tajam menyengat membuat orang tidak merasa jijik atau enek saat memegangnya, bahkan seperti yang saya biasanya lihat, kebanyakan orang yang mau membeli jenis terasi ini tanpa segan-segan untuk menciumnya. 

Hal ini mereka lakukan karena dengan mencium baunya terasi tersebut, mereka dapat mengukur seberapa bagus dan enaknya terasi tersebut.

Potensi untuk pembuatan terasi sendiri banyak dilakukan oleh orang-orang yang ada di daerah kecamatan Dukuhseti, Tayu, Margotuwu dan Juwana. Masyarakat di daerah ini sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani tambak, sehingga mereka lebih tahu tentang bahan baku untuk membuat terasi jembret ini. 

Bahan baku terasi jembret sendiri dibuat dari udang rebon yang begitu halus, sehingga tidak meninggalkan ampas yang kasar saat sudah menjadi terasi. Akan tetapi kesulitan dari pembuatan terasi ini adalah soal bahan bakunya. Ini dikarenakan, bahan baku untuk membuat terasi ini adanya musiman dan tidak ada sepanjang tahun. 

Hal ini dikarenakan bulum adanya petani yang bisa membudidayakan udang rebon ini untuk bahan baku terasi.

Jika kalian ingin membelinya bisa datang langsung ke alamat Ds. Dukuhseti Kec. Dukuhseti Kab. Pati, Jawa Tengah.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon