Jumat, 17 Juni 2022

Cara Mengatur Format Teks Pada Microsoft Word (Font Formatting)

Mengatur format teks Microsoft Word - Mengganti jenis huruf, merubah ukuran huruf, memberikan warna pada huruf, memberikan tanda khusus pada huruf merupakan beberapa cara untuk membuat tampilan dokumen di Microsoft Word menjadi lebih baik. Bahkan, dengan melakukan pengaturan teks tersebut, maksud dari sebuah dokumen menjadi lebih mudah dimengerti.

Cara Mengatur Format Teks Pada Microsoft Word (Font Formatting)

 

Materi kali ini akan kami bagikan bagaimana cara melakukan pengaturan teks (font formatting) pada dokumen Microsoft Word. Kami akan jelaskan masing-masing fungsi dari perintah yang digunakan untuk mengatur teks pada Microsoft Word.

Cara Mengatur Format Teks Pada Microsoft Word (Font Formatting)

Alat untuk mengatur format teks pada Microsoft Word sudah tersedia lengkap. Alat tersebut dikenal dengan nama Ribbons pada Microsoft Word 2007 atau lebih baru. Beikut ini daftar ribbons yang digunakan untuk melakukan pengaturan format teks.

1. Font Type Ribbon 

Ribbon ini berfungsi untuk mengganti jenis huruf pada dokumen. Ada banyak jenis huruf yang telah tersedia pada pilihan ini. Silahkan klik mata panah ke bawah yang ada di samping nama huruf dan pilih jenis huruf dari daftar yang muncul. Sebelumnya, silahkan blok terlebih dahulu teks yang ingin diganti jenis hurufnya. 

2. Font Size Ribbon 

Bagian ini berfungsi untuk memilih ukuran huruf. Tersedia ukuran huruf dari 8 sampai dengan 72 dalam satuan "pt". Tetapi jika ingin menambahkan ukuran yang lain, kalian dapat mengetikkan angkanya secara langsung pada kolom tersebut.

Untuk menampilkan pilihan ukuran huruf, silahkan klik mata panah yang ada di samping ukuran. Untuk memilihnya, silahkan klik angka yang diinginkan. Sebelum memilih ukuran huruf, silahkan blok terlebih dahulu teks dokumen yang akan diubah ukuran hurufnya. 

3. Increase Font Size Ribbon 

Tombol perintah ini digunakan untuk membesarkan ukuran huruf dengan menambahkan ukuran satu poin setiap satu klik secara urut. Untuk menggunakan perintah ini silahkan blok terlebih dahulu teks yang ingin ditambahkan ukuran hurufnya. Klik icon increase font size untuk mulai menambahkan ukuran huruf. Lakukan sampai mendapatkan ukuran yang diinginkan dan hentikan klik. 

4. Decrease Font Size Ribbon

Ribbon ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran huruf dengan mengurangi ukuran satu poin setiap satu klik secara urut. Sebelum menggunakan perintah ini, silahkan blok terlebih dahulu teks yang ingin dikecilkan ukuran hurufnya. Kemudian klik icon decrease font size untuk mulai mengurangi ukuran huruf. Lakukan sampai mendapatkan ukuran yang diinginkan dan hentikan klik.

5. Change Case Ribbon

Ribbon Change Case berfungsi untuk mengubah kapitalisasi huruf pada dokumen. Misalnya adalah merubah dari huruf besar (kapital) menjadi huruf kecil, atau sebaliknya, merubah dari huruf kecil menjadi huruf besar (kapital). Ada beberapa model perubahan pada bagian ini, yaitu: Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, dan tOOGLE cASE.

Cara untuk menampilkan pilihan ini adalah dengan klik mata panah ke bawah yang ada di samping icon. Untuk menerapkannya pada teks, silahkan blok dulu teksnya dan klik salah satu pilihan dari Change Case tersebut.

6. Clear All Formatting Ribbon

Fungsi dari Clear All Formatting ini adalah untuk menghilangkan semua pengaturan teks sebelumnya pada dokumen. Teks akan kembali seperti awal dibuat sebelum dilakukan formatting.

Silahkan klik icon ini untuk menghilangkan semua pengaturan teks yang telah dilakukan pada. Perintah ini memiliki efek pada setiap baris dalam dokumen.

7. Font Color Ribbon

Ribbon penting ini berfungsi untuk memodifikasi warna teks pada dokumen. Tersedia pilihan warna solid dan warna gradient untuk memwarnai teks. Untuk menampilkan pilihan warna, silahkan klik mata panah ke bawah yang ada di samping icon.

Perlu melakukan seleksi teks terlebih dahulu sebelum memilih pengaturan ini. Silahkan blok terlebih dahulu bagian teks yang ingin diubah warnanya.

8. Text Highlight Color Ribbon

Fitur ini berfungsi untuk memberikan background warna pada teks atau kata yang diseleksi. Silahkan blok terlebih dahulu, teks atau kata atau kalimat yang ingin diberikan latar belakang warna. Kemudian klik mata panah ke bawah yang ada di samping icon untuk menampilkan pilihan warna sebagai background.

9. Text Effects and Typography Ribbon

Fitur ini akan memberikan efek pada teks yang diseleksi. Efek dari WordArt dapat diterapkan juga pada teks dengan fitur ini. Untuk memunculkan pilihan efek, silahkan klik mata panah ke bawah yang ada di samping icon. Sebelumnya, kalian perlu menyeleksi teks yang ingin diberikan efek terlebih dahulu.

10. Superscript Ribbon

Ribbon ini digunakan untuk membuat karakter kecil yang berada di atas karakter normal. Fitur ini biasanya digunakan untuk membuat kuadrat pada teks. Fitur ini sangat penting untuk kalian yang sering mengetik rumus di Microsoft Word.

Caranya tinggal blok angka atau huruf yang akan dibuat berada di atas sebuah karakter normal. Kemudian klik icon fitur ini sekali untuk menerapkan fiturnya.

11. Subscript Ribbon

Ribbon ini berfungsi untuk membuat karakter kecil di bawah karakter normal. Fitur ini biasa juga digunakan untuk menulis rumus-rumus kimia. Cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan Superscript ribbon.

12. Striketrough Ribbon

Fitur ini digunakan untuk membuat teks bergaris tengah atau teks dicoret. Untuk menggunakan fitur ini cukup dengan menyeleksi teks yang ingin diberikan garis tengah kemudian klik icon fitur tersebut sekali.

13. Bold, Italic, Underline Ribbons

Fitur Bold digunakan untuk memberikan pengaturan tebal pada teks yang telah diseleksi. Fitur Italic digunakan untuk memberikan pengaturan miring pada teks yang telah diseleksi. Dan fitur Underline digunakan untuk memberikan pengaturan garis bawah pada teks yang telah diseleksi.

Ketiga fitur ini paling sering digunakan pada sebuah dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Word.

Demikian cara mengatur format teks pada Microsoft Word (Font Formatting). Ada banyak fitur yang dapat digunakan untuk mempercantik dokumen di Microsoft Word. Jika ada pertanyaan seputar font formatting ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Format Teks Pada Microsoft Word (Font Formatting)"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,