Sunday, January 3, 2021

Tombol Shortcut Memiringkan Huruf (ITALICS) Di Microsoft Office

Apakah bisa memiringkan huruf dengan cepat di Microsoft Office tanpa klik mouse? Tentu saja bisa! Caranya? Ya menggunakan shortcut untuk memiringkan huruf.

Bagi pengguna komputer yang wajar apalagi awan mungkin masih senang-senangnya menggunakan mouse. Itu wajar, karena kita dari awal memang diajari untuk menggunakan komputer memakai mouse atau kalau di laptop bisa menggunakan touchpad.

Tombol Shortcut Memiringkan Huruf (ITALICS) Di Microsoft Office

Tapi perlu dipertimbangkan juga untuk mulai menggunakan shortcut ya, Sob. Karena shortcut sudah terbukti membuat suatu perintah di komputer lebih cepat dilakukan dibandingkan melalui langkah mouse. Terutama untuk kalian pengguna Microsoft Office nih, penggunaan shortcut akan lebih menghemat waktu dan tenaga kalian saat mengetik dokumen.

Italics, Shortcut untuk Memiringkan Huruf

Salah satu penggunaan shortcut yang paling sering dilakukan di dalam pengerjaan dokumen dengan Microsoft Office adalah shortcut untuk memiringkan huruf. Di dalam Microsoft Office disebut dengan nama Italics. Perintah ini biasanya masuk dalam kelompok paket perintah bersama dengan Underline, Italics, dan Bold. (Shortcut "ke masa depan" dan "ke masa lalu" di Ms. Office baca disini)

Untuk kalian pengguan sistem operasi Windows dan aplikasi Microsoft Office yang memakai mouse dapat melakukan perintah memiringkan huruf ini dengan klik icon I yang ada di toolbar.

Tetapi jika kalian ingin lebih cepat dalam menerapkan fungsi Italics tersebut, kalian dapat menekan tombol kombinasi CTRL + I. Tombol CTRL I merupakan shortcut Italics yang berfungsi untuk memiringkan karakter yang dipilih.

Kedua cara di atas dapat dilakukan sebelum mengetik huruf/kata/kalimat yang akan dimiringkan karakternya atau setelah mengetik huruf/kata/kalimat yang akan dimiringkan karakternya.

Memeringkan Karakter Sebelum Mengetik Karakternya

Jika dilakukan sebelum mengetikkan karakter, ikutilah tiga langkah berikut ini:

  1. Klik icon Italics (I) menggunakan mouse atau tekan tombol kombinasi CTRL I.
  2. Selanjutnya ketikkan huruf/kata/kalimat yang akan dimiringkan sampai selesai, sesuai yang diinginkan.
  3. Di akhir kalian klik lagi icon Italics (I) menggunakan mouse atau tekan tombol kombinasi CTRL I untuk mengakhiri perintah dan mengembalikan huruf/kata/kalimat berikutnya menjadi tegak kembali.

Memiringkan Karakter Setelah Mengetik Karakternya

Jika karakternya telah ada (telah terketik) dan ingin memiringkannya, ikutilah dua langkah berikut ini:
  1. Blok huruf/kata/kalimat yang akan dimiringkan.
  2. Tekan tombol kombinasi CTRL I untuk memiringkan huruf/kata/kalimat yang akan dimiringkan.

Kedua cara di atas telah selesai dilakukan dengan langkah-langkah tersebut sesuai pilihan cara masing-masing. Coba kalian biasakan saja dulu untuk menggunakan shortcut memiringkan huruf ini, nanti otomatis akan hafal juga tombol kombinasinya.

Selain shortcut untuk memiringkan huruf, di Microsoft Office masih banyak lagi shortcut lain yang akan membantu kalian menjalankan perintah dengan lebih efisien. Contoh lainnya adalah shortcut menebalkan huruf dan shortcut menggaris bawahi huruf. Keduanya akan kami bahas dalam artikel yang berbeda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan seputar shortcut ini silahkan tuliskan di kolom komentar.

0 Response to "Tombol Shortcut Memiringkan Huruf (ITALICS) Di Microsoft Office"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,