Thursday, April 11, 2019

Rekomendasi Contoh dan Format CV Yang Baik, Menarik, dan Kreatif

Contoh dan Format CV - Membuat CV yang baik adalah tuntutan wajib bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan. Karena dengan mengirimkan CV yang baik ke perusahaan yang dituju, maka akan meningkatkan peluang kalian diterima disana. Dan untuk dapat mengirimkan CV yang baik tersebut maka kalian perlu tahu bagaimana cara membuat CV yang baik, menarik, dan kreatif.

Bagian penting dalam CV atau Curriculum Vitae tidak hanya data lengkap diri kalian. Format CV yang baik, menarik, dan kreatif juga menjadi bagian penting dan sebuah Curriculum Vitae.

Sebenarnya tidak ada format baku dari susuan CV yang dipatenkan. Semua orang bebas menyusun format CV sendiri semenarik mungkin. Sehingga kreatifitas sangat dituntut untuk dapat membuat CV yang menarik dan kreatif.

Format CV yang baik, menarik, dan kreatif akan membuat para HRD atau pimpinan perusahaan untuk membaca CV kalian. Hal ini akan berbeda keadaannya jika tampilan CV kalian tidak menarik dan terkesan awut-awutan.

Format CV yang Baik

Agar CV dapat dikatakan baik, maka harus memuat beberapa bagian penting berikut ini. Bagian penting ini cenderung menjelaskan tentang diri kalian sendiri untuk hubungannya dengan pekerjaan.

Bagian yang sebisa mungkin harus ada di dalam sebuah Curriculum Vitae adalah sebagai berikut:

Identitas Pribadi

Bagian ini berisi tentang identitas pribadi kalian. Biasanya data sesuai dengan yang ada di KTP, SIM, atau Pasport. Isinya antara lain:
  • Nama lengkap
  • Alamat lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Status perkawinan
  • Kebangsaan
  • Agama
  • Nomor telepon/HP
  • Email
  • Website/blog/media sosial
Terkadang juga ada yang menambahkan beberapa data seperti hobi dan peminatan.

Riwayat Pendidikan

Bagian ini harus kalian tulis lengkap terkait riwayat pendidikan kalian. Tuliskan mulai dari pendidikan terakhir ke belakang.

Misalkan pendidikan terakhir kalian adalah Sarjana. Itu yang kalian tuliskan paling atas diikuti dengan tahun masuk dan lulusnya. Selanjutnya diikuti dengan riwayat pendidikan lainnya.

Riwayat Pengalaman Kerja

Bagian ini penting untuk kalian cantumkan. Bagian ini lebih bagus lagi jika didukung dengan surat keterangan yang telah dikeluarkan oleh tempat kerja sebelumnya.

Bagian ini sangat berpotensi sekali dalam meningkatkan peluang kalian diterima. Tuliskan semua riwayat pengalaman kerja yang pernah kalian alami.

Format penulisan riwayat pengalaman kerja yang baik harus berisi tentang informasi berikut ini:
  • Tahun bekerja
  • Nama perusahaan tempat bekerja
  • Nama bagian atau jabatan yang ditempati saat berkerja di perusahaan
Tuliskan informasi tersebut mulai dari riwayat pengalaman kerja terbaru sampai dengan yang terlama.

Informasi Keahlian

Untuk kalian yang melamar pekerjaan untuk jenis pekerjaan profesional dengan keahlian tertentu sangat penting mencantumkan informasi ini.

Informasi keahlian yang kalian cantumkan di dalam CV akan membantu para HRD dan pimpinan perusahaan mengenali potensi kalian. Apalagi jika keahlian kalian itu didukung dengan indentitas seperti sertifikat yang dikeluarkan oleh badan yang berkompeten.

Sebisa mungkin tuliskan keahlian secara spesifik. Jadi misalkan keahlian kalian dalam bidang komputer, tuliskan secara spesifik seperti keahlian di database, pegolahan kata (Microsoft Office), grafis (Photoshop, CorelDraw, dll), dan lain sebagainya. Sebutkan secara spesifik agar lebih mudah bagi pimpinan perusahaan untuk menilai keahlian kalian.
Rekomendasi Contoh dan Format CV Yang Baik, Menarik, dan Kreatif

Kemampuan Komunikasi

Ada yang menyebutkan bagian ini kurang vital dalam sebuah CV. Tetapi bagi kami, kemampuan komunikasi sangat vital dicantumkan dalam CV.

Hal ini karena orientasi kita ke arah perusahaan multi-nasional yang menuntut kemampuan komunikasi yang baik dengan beberapa macam bahasa.

Jadi sebaiknya kalian cantumkan kemampuan komunikasi kalian di dalam CV yang akan kalian kirimkan ke perusahaan besar.

Isinya tentang penguasaan komunikasi aktif dan pasif dalam beberapa bahasa, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandari, dan bahasa-bahasa lainnya.

Berikan keterangan yang sesuai dengan kemampuan kalian. Misalkan Bahasa Inggris Aktif dan Pasif, Bahasa Mandarin Pasif.

Pengalaman Berorganisasi

Untuk menunjang penilaian karakter diri kalian oleh para pemimpin perusahaan, cantumkan juga pengalaman organisasi yang pernah kalian ikuti, entah semasa menempuh pendidikan maupun secara bermasyarakat.

Formatnya dibuat simple tapi jelas, seperti nama organisasinya apa, tahun berapa bergabung, dan mengurusi di bagian apa.

Minat atau Hobi

Bagian ini kami anggap sebagai bagian terakhir yang melengkapi informasi Curriculum Vitae kalian.

Dari pengalaman kami, pengaruh dari informasi ini tidak terlalu signifikan. Tetapi informasi ini biasa digunakan untuk melihat antusiasme pelamar pekerjaan terhadap pekerjaan yang dilamarnya.

Mungkin bagi bagian HRD yang cenderung memahami psikologi akan dapat memanfaatkan informasi ini dengan baik.

Poin-poin di atas adalah bagian-bagian penting dari sebuah CV yang wajib ada dan bagian pendukungnya.

Setelah tahun bagian-bagian penting sebuah CV, selanjutkan kalian harus mengetahui juga format CV yang baik itu seperti apa.

Bagian selanjutnya di bawah ini akan menjelaskan hal tersebut.

Rekomendasi Format CV yang Baik

Format CV yang baik akan meningkatkan pemahaman informasi yang ingin kalian sampaikan kepada perusahaan tentang diri kalian.

Format CV yang baik ini terkait dengan urutan dari informasi bagian-bagian penting CV di atas.

Dengan urutan yang baik dan nyambung akan meningkatkan peluang kalian diterima oleh perusahaan tersebut. Karena informasi yang disampaikan runtut nyambung dan lengkap.

Menurut Kangje pribadi, dari pengalaman yang pernah dialami, format CV yang baik akan kami urutkan seperti di bawah ini.
  1. Identitas Pribadi
  2. Riwayat Pengalaman Kerja
  3. Riwayat Pendidikan
  4. Informasi Keahlian
  5. Kemampuan Komunikasi
  6. Pengalaman Beroganisasi
  7. Minat atau Hobi

Format CV ini mungkin akan berbeda lagi dengan pendapat yang lainnya.

Setelah kalian tahu bagian-bagian penting dan format yang baik dari sebuah CV, apakah kalian sudah siap untuk membuat CV kalian sendiri?

Jika masih juga bingung, kalian tenang saja. Di bawah ini ada kok contohnya yang dapat kalian jadikan referensi.

Sedangkan untuk masalah Format CV yang Kreatif itu tergantung dengan sekreatif apa kalian ya. Buatlah semenarik mungkin.

Berikut ini contoh format CV yang baik, menarik, dan kreatif menurut kami. Silahkan kalian jadikan referensi sendiri dan buatlah yang cocok untuk diri kalian.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuatnya.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100