Thursday, February 7, 2019

5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Manual

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kalian sudah pernah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan belum? Jika kalian seorang pekerja di sebuah perusahaan sebaiknya sesekali cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian, agar tahu berapa jumlah Jaminan Hari Tua yang akan kalian dapatkan nanti. BPJS Ketenagakerjaan ini adalah salah satu fasilitas dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pegawainya.

Jika kalian masih belum tahu bagaimana caranya cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu khawatir karena cara ceknya sangat mudah dan banyak cara. Syaratnya cukup mudah, yaitu kalian dapat mengoperasikan sebuah ponsel/smartphone dengan cukup baik saja.

Saat ini tercatat ada lima cara yang dapat digunakan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Cara tersebut ada yang dilakukan secara online dan ada yang dilakukan secara manual. Semua cara tersebut menghasilkan output yang sama, yaitu informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian secara up to date.

5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Manual

Untuk menggunakan lima cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan berikut ini ada beberapa syarat yang harus kalian pesiapkan terselebih dahulu. Karena di beberapa cara nanti kalian akan diminta untuk membuat akun dan memasukkan beberapa identitas persyaratan.

Berikut ini syarat-syarat yang harus kalian siapkan dulu untuk menunjang kelancaran proses cek saldo BPJS.
  • KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Alamat E-mail aktif dan bisa kalian buka.
  • Smartphone Android dengan OS Android minimal harus versi 5.0 (Lolipop).
  • Pulsa dan akses internet untuk smartphone.
  • Rekening dan ATM BNI.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kalian miliki (minimal persyaratan nomor 1-4), kalian sudah dapat melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online dan mandiri.

Silahkan dipilih salah satu satau sesuka kalian mau pakai cara yang mana dari yang kami bagikan di bawah ini.
Kembali ke daftar isi ↑

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Untuk cara yang pertama ini sangat mudah, meskipun bagi kalian yang tidak dapat mengoperasikan smartphone dengan baik.

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS ini hanya membutuhkan kemampuan kalian untuk mengoperasikan fitur SMS pada ponsel. Semua ponsel bisa menjalankan cara ini asalahkan ponsel tersebut support fitur SMS (Short Message Service)

Dan kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah atau alur yang akan dikirimkan melalui SMS resmi BPJS Ketenagakerjaan nantinya. Jika masih bingung, berikut ini langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS.
  1. Buka fitur SMS pada ponsel kalian.
  2. Tulis pesan dengan ketik “DAFTAR” (tanpa tanda petik) dan kirim ke nomor 2757.
  3. Kalian akan menerima balasan SMS dari 2757. Balasan pertama ini isinya menyatakan kesetujuan untuk pendaftaran service BPJS Ketenagakerjaan via SMS. Balas dengan mengetik “OK” dan kirimkan ke 2757.
  4. Kalian akan menerima balasan SMS yang kedua dari 2757. Balasan ini berisi daftar layanan yang dapat diakses melalui SMS BPJS Ketenagakerjaan ini. Silahkan kalian baca isi SMS-nya, salah satunya ada layanan SALDO. Balas SMS tersebut dengan mengetik “SALDO” dan kirim ke 2757.
  5. Kalian akan menerima SMS kembali berisi persetujuan untuk akses layanan SALDO. Balas dengan ketik “OK” dan kirim ke 2757.
  6. Kalian akan menerima SMS lagi yang berisi format SMS untuk layanan cek saldo. Ketikkan balasan dengan format “SALDO NO_PESERTA”, contoh “SALDO 08017635245” kemudian kirim ke 2757.
  7. Akan ada SMS balasan berisi persetujuan, kalian balas saja dengan “OK”.
  8. Dan terakhir kalian akan mendapatkan SMS dengan isi Nama, Besarnya Upah, Besarnya Iuaran, Bulan terakhir bayar, dan Saldo Akhir BPJS Ketenagakerjaan kalian.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS ini cukup sering dilakukan oleh pengguna. Silahkan kalian menjadi salah satu dari mereka.
5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Manual
Kembali ke daftar isi ↑

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website

Cara kedua untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui website. Cara kedua ini terbilang cukup rumit untuk dilakukan oleh orang awam. Karena kalian harus berproses dulu dari pembuatan akun. Tetapi tidak ada salahnya dicoba kan? Kalau kalian bingung bagaimana caranya, ini kami buatkan panduan langkah-langkahnya.
  1. Buka website resmi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Klik tombol Daftar Pengguna.
  3. Pilih Segmen sebagai Penerima Upah (PU) dan masukkan E-mail aktif yang telah kalian siapkan sebelumnya. Klik KIRIM untuk melanjutkan.
  4. Kamu akan dikirim kode OTP ke email yang tadi kami masukkan. Silahkan buka email tersebut dan masukkan kode OTP yang dikirimkan ke kolom yang tersedia dan klik lanjutkan.
  5. Silahkan isi data-data diri kalian sesuai dengan identitas E-KTP kalian dan ikuti langkahnya sampai dengan selesai.
  6. Kalian akan menerima kode aktivasi akhir melalui SMS atau email, silahkan masukkan kode aktivasi tersebut untuk menghidupkan semua fitur yang ada di akun BPJS Ketenagakerjaan kalian.

Jika akun sudah teraktivasi, silahkan kembali ke halaman utama https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan login menggunakan akun yang tadi telah dibuat. Lengkapi data-data kartu JHT dan lain-lain yang kalian miliki.

Di dalam website ini setelah login kalian akan melihat beberapa menu utama, salah satunya adalah menu Lihat Saldo. Silahkan pilih menu ini untuk melihat besarnya saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kalian miliki.
Kembali ke daftar isi ↑

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU

Cara ketiga hampir sama dengan cara kedua, hanya saja cara ketiga ini kalian perlu install aplikasi bernama BPJSTKU di smartphone Android kalian.

Aplikasi BPJSTKU dibuat dan didistribusikan resmi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi jangan salah install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ya, karena cukup banyak aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang beredar di Google Play Store.

Untuk cara mengoperasikan aplikasi BPJSTKU ini secara lengkap telah kami bahas di dalam artikel tersendiri. Silahkan menuju artikel Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU.
Kembali ke daftar isi ↑

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Kantor Layanan

Cara keempat ini adalah cara manual tetapi masih sangat banyak penggunanya.

Caranya kalian tinggal datang saja ke Kantor Layanan BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan tempat tinggal kalian. Untuk ccek saldo saja tidak perlu ke Kantor Layanan BPJS Ketenagakerjaan saat pertama mendaftar.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via Kantor Layanan ini sama halnya ketika kalian datang ke Bank untuk menabung atau transfer. Kalian harus antri terlebih dahulu untuk mendapatkan giliran dilayani oleh petugas. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung banyaknya antrian yang ada.

Cara ini memang tergolong kurang praktis jika hanya untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian.
Kembali ke daftar isi ↑

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via ATM BNI

Cara kelima termasuk kategori cukup mudah dilakukan. Hanya saja syaratnya kalian harus menjadi nasabah bank BNI terlebih dahulu dan memiliki kartu ATM BNI atau Kartu Debit BNI.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via ATM BNI juga sangat mudah. Tinggal masukkan kartu ATM di mesin ATM BNI, masukkan PIN, dan akses menu Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya siapkan dulu nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kalian, nomornya ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan kalian.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan baik secara online maupun offline. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi jika ingin mengambil sisi praktisnya, silahkan manfaatkan layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, bisa melalui SMS, website, aplikasi Android, maupun ATM.
Kembali ke daftar isi ↑

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Jika mengalami masalah atau kesulitas dan menginginkan informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui email admin@kangje.com.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100