Friday, December 29, 2017

Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Kangje.com – Halo sobat Kangje.com, mari kita belajar tentang Microsoft Word. Pada kesempatan kali ini Kangje akan menerangkan bagaimana cara menambahkan page number dan mengatur posisinya di Microsoft Word. Semoga pembahasan ini akan membawa manfaat untuk kita semua, terutama bagi kalian yang sedang menyusun karya ilmiah seperti skripsi, laporan magang, laporan PKL, tesis, dan lain-lain. Karena menambahkan page number atau penomoran halaman sangat penting dan harus ada pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman. Kami akan jelaskan secara singkat dan terinci dalam beberapa langkah yang dapat kalian praktikkan secara langsung.
Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word
Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Page number atau penomoran halaman memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu memudahkan pembaca maupun penyusun dokumen untuk mencari letak suatu data. Page number ini nanti akan erat hubungannya dengan daftar isi dari sebuah dokumen banyak halaman. Oleh karena itu kalian harus membuat penomoran halaman agar pembaca lebih mudah dalam menelaah karya tulisan kalian.

Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Kalian pasti pernah melihat beberapa dokumen dengan penomoran halaman yang berbeda-beda letaknya. Kadang ada di atas sebelah kanan halaman, kadang ada di bawah kanan halaman, kadang ada di tengah bawah halaman, dan lain-lain. Semua itu adalah model penempatan nomor halaman menurut standar tertentu. Untuk karya ilmiah seperti skripsi dan tesis biasanya menggunakan posisi page number di kanan atas halaman dan atau bawah tengah halaman.

Cara menambahkan page number tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini pasti sudah sangat populer dan sering kalian manfaatkan untuk membuat dokumen. Jika kalian belum tahu bagaimana cara menambahkan penomoran halaman di Word, berikut ini akan kami jelaskan langkah demi langkahnya. Silahkan diikuti untuk praktik secara langsung. Oh ya, dalam pembahasan ini Kangje menggunakan Microsoft Word 2016. Untuk langkahnya tidak akan jauh beda dengan versi Ms. Word yang lainnya.

Langkah #1: Buatlah sebuah lembar dokumen di Microsoft Word, baik itu kosong maupun sudah ada isinya. Setelah terbuka lembar dokumennya silahkan letakkan kursor di dalam lembar dokumen kemudian klik menu Insert.
Langkah 1 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word
Langkah 1 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Langkah #2: Pada hasil tampilan menu Insert, perhatikan sub menu bagian kanan dengan nama Page Number yang ada di kelompok menu Header & Footer. Klik sub menu Page Number dan akan muncul dropdown pilihan posisi page number.
Langkah 2 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word
Langkah 2 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Di dalam dropdown tersebut ada beberapa pilihan yang berbeda-beda, pejelasannya sebagai berikut:

  1. Top of Page: ini ada kelompok menu yang akan menempatkan page number di posisi atas halaman. Ketika kalian klik pilihan ini akan muncul banyak model page number dengan penempatan di atas halaman.
  2. Bottom of Page: ini adalah kelompok menu yang akan menempatkan page number di posisi bawah halaman. Ketika kalian klik pilihan ini akan muncul banyak model page number dengan penempatan di bawah halaman.
  3. Page Margin: ini adalah kelompok menu yang akan menempatkan page number di posisi dalam atau  luar margin secara horisontal atau vertikal. Kalian bisa melihat pilihannya dengan klik menu ini.
  4. Current Position: ini adalah kelompok menu yang akan menempatkan page number di posisi kursor sedang aktif, meskipun di dalam dokumen. Ada beberapa model page number yang dapat dipilih, silahkan klik menu ini untuk melihat model yang ada.
  5. Format Page Number: ini adalah menu untuk masuk dalam pengaturan page number. Misalkan ingin penomeran dengan nomor biasa atau dengan abjad atau dengan romawi. Ini akan kita bawah di sesi lainnya.
  6. Remove Page Number: menu ini untuk menghapus page number yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah mengeteahui semua bagian dari menu Page Number ini, selanjutnya kita akan masuk ke langkah #3. Misalkan kita akan menambahkan penomoran halaman di bawah tengah halaman.

Langkah #3: Klik menu Bottom of Page, kemudian pada pilihan yang tampil silahkan pilih Plain Number 2 dengan gambar posisi nomornya di tengah.
Langkah 3 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word
Langkah 3 Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Setelah kalian klik pilihan Plain Number 2 maka secara otomatis halaman akan ditarik ke bawah dan akan muncul nomor halaman 1. Ini menandakan langkah yang kalian lakukan sudah benar dan berhasil menambahkan page number di dokumen Word. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.
Hasil dari Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word
Hasil dari Cara Menambahkan Page Number Dan Mengatur Posisinya Di Microsoft Word

Langkah  #4: Silahkan scroll ke atas dokumennya dan klik 2x di bagian tengah dokumen untuk keluar dari mode Header & Footer. Setelah keluar dari mode Header & Footer kalian dapat mencoba keberhasilan menambahkan page number dengan menambahkan halaman baru, cara tekan ENTER terus sampai ada beberapa halaman, dan kalian akan melihat nomor halaman yang berurutan dari 1,2,3,4, dst.

Nah itu tadi bagaimana cara menambahkan page number dan mengatur posisinya di Microsoft Word. Jika kalian sudah berhasil seperti contoh di atas, silahkan dilanjutkan dengan mencoba penempatan posisi page number yang lainnya.

Caranya hapus dulu page number yang telah dibuat dengan klik menu Remove Page Number yang ada di menu page Number tadi. Kemudian ulangi langkah #3 dengan posisi penomoran yang berbeda. Silahkan dicoba terus sampai kalian lancar ya, nanti setelah lancar akan kami lanjutkan dengan cara menambahkan page number berbeda penempatan di dalam satu dokumen. Misalkan halaman 1 ada di bawah tengah halaman dan halaman 2 seterusnya ada di kanan atas halaman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon