Wednesday, December 3, 2014

Mengenal Perangkat Keras Komputer Dari Bentuk Sampai Fungsinya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Perangkat keras komputer atau yang sering kita dengar dengan nama hardware computer merupakan bagian utam komputer yang dapat dilihat dan disentuh oleh pengguna. Perangkat keras komputer berperan penting sekali untuk berjalannya suatu komputer. Peran hardware computer akan bersatu padu dengan peran software computer (perangkat lunak komputer) supaya dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Di dalam sebuah komputer yang mampu beroperasi dengan baik, terdapat banyak sekali perangkat keras yang menyusunnya, mulai dari perangkat yang sangat kecil sampai perangkat keras terbesar yang ada dalam sebuah komputer. Dan pada kesempatan kali ini akan saya ulas mengenai perangkat keras komputer yang menjadi penyusun utama sebuah komputer bisa beroperasi.

Daftar Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

1# Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) adalah perangkat keras komputer yang sangat penting. Tanpa perangkat ini, komputer tidak ada artinya dan tidak akan pernah dapat berfungsi. CPU atau yang juga sering kita kenal dengan nama prosesor saja adalah otak dari komputer. CPU yang akan berpikir, memproses, dan memberikan hasil kepada user sesuai yang diminta user
Mengenal Perangkat Keras Komputer Dari Bentuk Sampai Fungsinya
Bentuk fisik dari CPU tampak seperti gambar di samping. Berbentuk chip dengan banyak kaki yang berfungsi sebagai penghubungnya dengan tempat bersarangnya (motherboard). 

Dalam perkembangannya sekarang, telah banyak sekali evolusi yang dialami oleh prosesor, dan puncak tertinggi yang dapat dicapai saat ini adalah prosesor generasi Core i7 besutan Intel.

2# Motherboard

Motherboard merupakan tempat bersarangnya semua perangkat keras komputer. Dengan kata lain, hardware akan dapat beroperasi ketika menempel pada motherboard sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

Motherboard berfungsi sebagai penghubung sekaligus pengontrol hubungan antar semua perangkat yang terhubung sesuai dengan perintah CPU.

Bentuk umum Motherboard dapat dilihat seperti gambar di samping. Spesifikasi motherboard harus disesuaikan dengan prosesor agar kinerjanya optimal.

3# Hard Disk (HDD)

Perangkat keras yang satu ini memiliki peran yang penting sebagai media penyimpanan data primer dan tidak bersifat temporari. HDD ini yang akan menampung sebagian besar data perangkat lunak yang akan dijalankan di dalam sebuah komputer. 
perangkat keras komputer harddisk
HDD yang sekarang umum dikenal ada dua tipe koneksi, yaitu HDD dengan koneksi ATA dan HDD dengan koneksi SATA. Perbedaan HDD ATA dan HDD SATA dapat dilihat secara fisik maupun kinerja.

4# Random Access Memory (RAM)

RAM memiliki peran yang penting untuk mencapai kinerja dengan kecepatan yang tinggi. Fungsi RAM adalah menampung instruksi yang diberikan oleh user dan membuatkan antrian sebelum dieksekusi oleh prosesor. 
perangkat keras komputer RAM
Data-data instruksi di dalam RAM bersifat sementara (temporari) dan akan hilang ketika komputer dimatikan atau dihidup-ulangkan. 

Dalam perkebangannya sampai saat ini, RAM juga telah mengalami banyak sekali masa evolusi, dan kondisi RAM terbaik yang saat ini digunakan secara umum adalah RAM dengan tipe DDR, dimana versinya semakin bertambah dan kualitasnya juga semakin bertambah.

5# Video Graphic Adapter (VGA) Card

Untuk perangkat keras yang satu ini berperan aktif pada interface grafis dengan monitor. VGA biasanya terdapat dua tipe dalam komputer, yaitu VGA yang berada langsung dengan motherboard dan VGA yang berbentuk eksternal periperal (VGA Card).
perangkat keras komputer VGA

Untuk VGA Card akan menggunakan slot AGP sebagai sarangnya untuk berhubungan dengan motherboard dan perangkat lainnya. Kinerja komputer akan lebih baik jika menggunakan VGA Card jika dibandingkan dengan menggunakan VGA Onboard.

6# Local Area Network (LAN) Card

LAN dalam sebuah komputer juga terdapat dua tipe, yaitu LAN onboard dan LAN Card
perangkat keras komputer LAN

LAN Card biasanya menggunakan slot PCI untuk tempat bersarangnya dan berhubungan dengan motherboard. Fungsi dari perangkat keras ini adalah untuk jalur network (jaringan) denga perangkat atau komputer lainnya.

7# CD-ROM

CD-ROM berfungsi untuk membaca atau menyimpan data di dalam Compact Disc (CD) dan sejenisnya dengan menggunakan komputer. 
perangkat keras komputer CD-ROM

CD-ROM juga biasanya digunakan sebagai jalan utama instalasi perangkat lunak komputer. Sama seperti HDD, CD-ROM juga ada tipe ATA dan SATA.

8# Floppy Disk

Meskipun sekarang sudah tidak digunakan lagi, tapi perangkat keras komputer ini pernah menjadi primadona di-eranya. 
perangkat keras komputer Floppy Disk

Fungsinya adalah untuk menyimpan data di dalam penyimpanan floppy disk.

Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak perangkat keras komputer yang lainnya. Hanya saja pembahasan kali ini hanya saya buat sebatas pada perangkat keras utama yang berada di dalam lingkup organ dalam.

Perangkat keras yang tergolong di dalam ruang lingkup organ luar seperti monitor, mouse, keyboard, speaker, printer, scanner, dan lain-lain.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara mengenal perangkat keras komputer dari bentuk sampai fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda semua tentang hardware computer yang selama ini kita jumpai.
Advertisement

2 comments

Perangkat keras sudah tahu informasinya, sekarang giliran harga dari perangkat keras itu sudah tau belum?? Kalau belum tahu ane mau share ilmu bermanfaat nih
disini
http://www.pricearea.com/harga/komputer/laptop

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon