Sunday, August 11, 2013

Cara Menghilangkan Label Powered By Opencart pada CMS Opencart

Kangje.com - Opencart merupakan sebuah CMS yang sering dipergunakan untuk membangun toko online. CMS ini memiliki basis bahasa PHP dalam penyusunan CMS-nya. CMS ini menjadi pilihan utama ketika membangun toko online karena memiliki kelebihan dalam segi loading. CMS ini memiliki tingkat loading pages yang sangat cepat, sehingga sangat bagus untuk mendongkrak kinerja toko online.

Editing untuk membuat tampilan dan fitur Opencart juga cukup mudah. Selain itu support modul dan plugin juga banyak, terlebih lagi gratis. Jadi tidak salah jika memilih Opencart sebagai platform toko online.

Tetapi karena Opencart ini dibuat oleh suatu organisasi, pastinya akan ada bentuk label yang mengatasnamakan identitas pembuat CMS tersebut. Salah satu label tersebut tercantum dalam kata "Powered By Opencart".
Cara Menghilangkan Label Powered By Opencart pada CMS Opencart

Cara Menghilangkan Label Powered By Opencart pada CMS Opencart

Secara default, label tersebut berada di bagian footer template CMS Opencart. Label ini dapat dimodifikasi ataupun dihilangkan.  Untuk menghilangkan label tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan melalui edit file master yang bertipe PHP dan TPL. File tersebut tentunya berada di web hosting yang digunakan untuk instalasi membangun toko online dengan Opencart.

Cara menghilangkan label Powered by Opencart kami tuangkan dalam beberapa langkah di bawah ini.
  • Masuk ke hosting yang Anda gunakan untuk instalasi CMS Opencart yang digunakan. Kemudian masuk ke fitur File Manager untuk melihat seluruh file yang ada di hosting tersebut.
  • Masuk ke directorypublic_html/admin/view/template/common dan lakukan pengeditan pada file footer.tpl.
  • Cari skrip berikut: <div id=”footer”><?php echo $text_footer; ?></div> yang ada pada file footer.tpl.
  • Hapus bagian skrip di atas yang berwarna merah.
  • Selanjutnya masuk ke directorycatalog\language\english\common dan edit file footer.php yang ada di dalamanya.
  • Cari kalimat "powered by opencart" dengan memanfaatkan fasilitas pencarian. Kemudian hapus kalimat tersebut.
  • Terakhir, simpan hasil edit dengan cara klik Save setiap file yang di-edit.

Powered by Opencart menjadikan identitas dari pembuat CMS tersebut melekat pada setiap toko online yang dibangun dengan menggunakan CMS Opencart. Tetapi jika yang membangun toko online dengan CMS Opencart ingin menghilangkannya, tidak ada aturan yang melarangnya, karena CMS Opencart merupakan CMS yang open source untuk membangun toko online-nya sendiri.

Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Label Powered By Opencart pada CMS Opencart. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

2 comments

Yang minat payment transfer BCA, BNI, BRI, Mandiri (dalam 1 paket) Khusus opencart 2.3.0.2 silahkan WA: 0823 3030 1747, harga 100rb doang

Sip... terimakasih atas kunjungannya ya gan.. semoga ada yang berminat...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon