Wednesday, August 21, 2013

Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda Dalam Satu File di Ms. Word

Kangje.com - Microsoft Office memang menjadi satu program aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia komputer. Program aplikasi ini merupakan package yang memiliki beberapa program aplikasi turunan dengan memiliki spesialisasi sendiri-sendiri. Salah satu program turunan dari Microsoft Office tersebut adalah Microsoft Office Word.

Microsoft Office Word atau yang bisa juga disebut Ms. Word merupakan program pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen berbentuk struktur kalimat atau text formatting.

Kali ini akan dibahas mengenai pengolah kata yang satu ini, yaitu cara membuat ponomoran berbeda dalam satu dokumen di Ms. Word.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menyusun sebuah buku, makalah, laporan praktik, laporan skripsi, dan lain-lain. 

Dokumen yang terdiri dari bermacam-macam struktur penulisan akan lebih efektif karena berada dalam satu dokumen saja. Misalkan dokumen yang terdiri dari daftar isi, kata pengantar, dan lain-lain memiliki struktur yang berbeda dengan struktur yang ada di isi dokumen, bab, dan lain-lain.
Cara Membuat Penomoran Berbeda Dalam Satu Dokumen di Microsoft Office Word

Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda Dalam Satu File di Ms. Word

  • Buka aplikasi Microsoft Office Word, kemudian isikan sebuah kalimat pada halaman 1, misalkan "HALAMAN 1"
  • Tambahkan Page Number, caranya klik menu Insert > Page Number. Pilih posisi yang diinginkan, misalkan di bawah (bagian Footer). Nomor halaman 1 akan muncul.
  • Untuk mengganti nomor, Klik menu Design pada posisi Header/Footer aktif, letakkan kursor di sebelah nomor halaman yang sudah jadi, kemudian klik ribbon Page Number > Format Page Numbers. Pilih bentuk nomor pada pilihan Number Format. Kemudian klik OK, nomor halaman akan berubah.
  • Selanjutnya klik tombol Close Header and Footer.
  • Buat halaman baru di bawah halaman tadi dengan cara menekan enter terus. Halaman yang terbentuk adalah nomor urutan dari atasnya.
  • Letakkan kursor pada halaman terakhir yang telah dibuat. Klik menu Page Layout > Breaks > Next Page
  • Halaman yang muncul pada halaman berikutnya (halaman ketiga) masih urut dari atasnya, tapi jangan kuatir, disinilah kita akan melakukan perubahan.
  • Klik menu Insert > Footer > Edit Footer. Posisikan kursor pada Footer halaman terakhir kemudian klik ribbon Link to Previous, buatlah link tersebut menjadi tidak aktif.
  • Selanjutnya klik menu Design dengan posisi Header and Footer aktif, letakkan kursor pada footer halaman terakhir kemudian klik ribbon Page Number > Format Page Number. Kemudian pilih format nomor pada Number Format.
  • Jangan lupa setting juga Page Numbering ke posisi Start at dan atur posisi halaman untuk pertama kali, isikan saja 1. Kemudian klik OK.
  • Selajutnya klik ribbon Close Header and Footer.
  • Buatlah halaman baru di bawah halaman terakhir tadi dengan cara enter terus. Halaman yang muncul akan urut dengan halaman yang baru dibuat, untuk halaman yang pertama dibuat sudah terputus.
Untuk yang masih bingung, bisa mengikuti panduan dari video berikut ini https://youtu.be/7uu70TOB1lc

Begitulah cara membuat ponomoran berbeda dalam satu dokumen di Microsoft Office Word. Cukup mudah dan efektif kan untuk mengatur dokumen-dokumen kalian.

Selamat mencoba dan jika mengalami kesulitan silahkan hubungi kami melalui kolom komentar yang tersedia.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon