Tuesday, September 4, 2012

Cara Akses Google.com dari Internet Indonesia

Kangje.com - Google memberikan batasan regional untuk domain search engine-nya. Batasan regional ini disimbolkan dengan extension dari domain Google. Seperti untuk Indonesia, Google memberikan batasan regional dengan domain name Google.co.id. Batasan ini berbeda-beda untuk setiap negara sesuai dengan extension domain yang terdaftar. Lalu bagaimana caranya kita dapat akses domain publik Google.com dari internet di Indonesia? Berikut ini kita bagikan caranya gratis untuk kalian.

Ketika kita mengetikkan Google.com dari internet di Indonesia, maka kita akan di-redirect otomatis ke Google.co.id. Perbedaan domain extension ini mempengaruhi hasil pencarian ketika kita mengetikkan kata kunci di search engine ini. Google.co.id akan menampilkan prioritas hasil pencarian dalam lingkup Indonesia saja. Sedangkan Google.com akan menampilkan hasil pencarian dari seluruh dunia.

Cara Akses Google.com dari Internet Indonesia

Lalu bagaimana jika kita memerlukan akses ke Google.com untuk keperluan tertentu? Apakah kita bisa menggunakan internet di Indonesia untuk mengakses domain extension tersebut? Jawabannya BISA. Meskipun kita berada di Indonesia, menggunakan internet di Indonesia, dan domain extension otomatis redirect ke Google.co.id, kita masih bisa mengakses Google.com dengan mudah menggunakan fasilitas yang diberikan Google.

Salah satu contoh kita harus mengakses Google.com adalah kita ingin mengetahui seberapa bagus indeks blog atau website kita di dunia global. Untuk mendapatkan informasi itu harus menggunakan Google.com, karena untuk Google regional tadi merupakan server lokal dari negara masing-masing dengan prioritas hasil pencarian lokal. Lain halnya dengan Google.com, yang global di seluruh dunia dengan database indeks yang meliputi seluruh negara di dunia.
Cara Akses Google.com dari Internet Indonesia


Untuk mengetahui trafik kita di dunia global intenet tentunya kita harus masuk ke Google.com terlebih dahulu. Tetapi permasalahannya seperti yang dijelaskan di atas, pasti kita akan di-redirect ke server lokal masing-masing. Untuk mengatasi hal tersebut dan tetap bisa menikmati fasilitas penjelajaha Google.com kita dapat menggunakan tips berikut ini.

  • Buka browser kesayangan kalian.
  • Ketikkan alamat Google global dengan URL google.com/ncr
  • Terakhir tekan Enter.
Cara Akses Google.com dari Internet Indonesia


Dengan menambahkan NCR pada URL Google.com kama kita tidak akan di-redirect ke Google.co.id. NCR sendiri merupakan singkatan dari No Country Redirection yang merupakan kode untuk menghilangkan pembatasan terhadap regional tertentu saja. Jadi dimanapun Anda berada akan tetap bisa menikmati fasilitas Google.com.

Bagaimana, mudah bukan cara akses Google.com dari Internet di Indonesia? Silahkan dicoba dan semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon