Tuesday, August 28, 2012

Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

Kangje.com - Belajar membuat animasi memang menyenangkan. Apalagi jika menggunakan tool yang mudah penggunaannya, proses belajar akan lebih menyenangkan lagi. Seperti yang satu ini, membuat animasi menggunakan aplikasi Scratch sangat cocok untuk mengembangkan ide kreatif anak-anak. Karena membuat animasi menggunakan Scratch tidak perlu memikirkan bahasa pemprograman yang rumit. Yang dibutuhkan disini hanyalah logikanya dulu saja.

Membuat animasi dengan Scratch memang tergolong mudah dan menyenangkan. Berbagai tool dan plot program untuk memberikan aksi pada objek sudah tersedia dan tinggal menerapkkannya dengan cara drag and drop.

Dalam projek kali ini kita akan membuat sebuah bentuk animasi sederhana yaitu 2 bola yang saling berkejaran, dengan bola satu mengikuti pergerakan mouse dan bola 2 mengikuti pergerakan bola 1.

Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

Langkah-langkah untuk membuat animasi dengan deskripsi di atas kami tuangkan dalam poin-poin di bawah ini. Silahkan diikuti dengan baik-dan urut untuk membuat animasi yang menarik ini.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat obyek bola 1 terlebih dahulu menggunakan fasilitas paint pada Scratch dan beri nama bola1.
Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

  • Selanjutnya kita akan memberikan perintah program untuk menggerakkan obyek bola1 tersebut.
Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

  • Perintah 1 digunakan untuk mengaktifkan keselurah perintah yang ada dibawahnya. Perintah 2 merupakan perintah perulangan yang akan menjalankan perintah di dalamnya secara terus menerus sampai kita menekan tombol stop. Perintah 3 merupakan perintah untuk interval waktu perintah di bawahnya, jadi perintah di bawahnya akan menunggu berapa waktu yang diatur diperintah ini untuk benjalan. Perintah 4 berfungsi untuk mengerakkan obyek berapa kali sesuai jumlah yang kita masukkan. Perintah 5 berfungsi untuk memberikan tujuan bola1 satu itu mengikuti obyek lain atau mouse. Perintah 6 berfungsi untuk memberikan perintah memantul ketika membentur batas halaman.
  • Selanjutnya membuat obyek 2 dan beri nama bola2. Berikan warna yang berbeda untuk membedakan antara bola1 dan bola2. Caranya sama dengan membuat bola1. Buat ukuran bola lebih besar daripada bola1.
Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

  • Berikan perintah pada bola2 untuk mengikuti pergerakan bola1.
Tutorial Scratch untuk Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse

  • Perintah 1 digunakan untuk mengaktifkan keselurah perintah yang ada dibawahnya. Perintah 2 merupakan perintah perulangan yang akan menjalankan perintah di dalamnya secara terus menerus sampai kita menekan tombol stop. Perintah 3 merupakan perintah untuk interval waktu perintah di bawahnya, jadi perintah di bawahnya akan menunggu berapa waktu yang diatur diperintah ini untuk benjalan, berikan nilai yang lebih besar dari pada bola1. Perintah 4 berfungsi untuk mengerakkan obyek berapa kali sesuai jumlah yang kita masukkan, atur untuk mengikuti bola1. Perintah 5 berfungsi untuk memberikan tujuan bola1 itu mengikuti obyek lain atau mouse. Perintah 6 berfungsi untuk memberikan perintah memantul ketika membentur batas halaman.

Jika urutan plot programnya sudah disusun seperti di atas cobalah untuk tes pergerakannya. Pasti kedua bola akan berkejaran dengan salah satunya mengikuti kemana geraknya mouse yang kalian pegang.

Demikian tutorial kali ini tentang Membuat Animasi Bola Berkejaran Dengan Mouse di Scratch. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika mengalami keuslitan silahkan tuliskan di kolom komentar ya.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon