Saturday, January 14, 2012

Mengatasi OSD Locked pada Monitor LCD

Kangje.com - Monitor LCD memang sudah menjadi media interface yang umum dipakai oleh berbagai kalangan untuk komputer meraka. Berbagai keunggulan monitor LCD dibandingkan dengan monitor sebelumnya (monitor tabung) membuatnya dipilih untuk melengkapi kebutuhan perangkat komputer dalam bidang grafis. 

Berbagai penyempurnaan juga dilakukan oleh vendor yang telah mengembangkan produk tersebut. Hal ini dimaksudkan hanyalah untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakannya. 

Berbagai monitor LCD telah muncul dengan berbagai macam dan style yang berbeda-beda dari pabrikannya. Salah satunya adalah vendor LG yang telah mengeluarkan model monitor LCD bagi pecinta merk LG.
Mengatasi OSD Locked pada Monitor LCD

Mengatasi OSD Locked pada Monitor LCD

Pada produk LCD dari LG memiliki hasil pengembangan pada beberapa titik, salah satunya adalah pada segi pengamanan setting interface monitor. Semisal setting contrast, color, dal lain-lain. Pengamanannya berbentu penguncian terhadapa tombol menu yang sering disebut OSD Locked

OSD ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan untuk melindungi setting interface monitor. Sifat monitor LCD ini yang sensetif membuat sistem pengaman ini sangat berguna bagi pengguna untuk menjaga agar pengaturan yang telah dibuat dapat terlindungi. 

Cara untuk mengaktifkan sistem pengamanan ini terletak pada tombol menu monitor. Untuk mengaktifkan sistem pengaman OSD Locked kita dapat menekan dan tahan tombol menu selama kurang lebih 10 detik. Tanda jika OSD Locked sudah aktif adalah akan muncul pesan OSD Locked pada layar monitor kita. Jika sudah muncul pesan OSD Locked pada layar monitor kita, berarti sistem pengamanan OSD Locked sudah aktif dan setting kita terlindungi dari perubahan. 

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara untuk menonaktifkan sistem pengamanan ini. Jangan sampai kita bisa mengaktifkan tetapi tidak bisa mononaktifkan. 

Cara untuk menonaktifkan sistem pengamanan OSD Locked ini juga tidak susah. Langkahnya sama dengan langkah saat kita ingin mengaktifkan sistem pengamanan ini. Tekan dan tahan tombol menu selama kurang lebih 10 detik sampai muncul pesan OSD Unlocked pada layar monitor.


Jika sudah muncul pesan tersebut, berarti menu setting pada monitor kita sudah terbuka dan siap untuk diatur sesuai keinginan kita.

Itulah sedikit tips untuk menjaga setting pada interface monitor LCD kita. Semoga bermanfaat !
Advertisement

18 comments

teriamaksih banyak kawan,,,sangat-sangat membantu sekali...


cyber-newtron

OK, sama-sama gan.... terimakasih untuk kunjungannya..... :D

tombol menu tu yamg mana sih?

Tombol menu biasanya ada di tepi bawah monito LCD. Biasanya ada tulisannya kok, MENU gitu...

Terimakasih, Baru aja pusing mikirin untuk unlocked, trims a lot..

Iya sama-sama... semoga bisa membantu memecahkan masalah agan tentang OSD Locked.. :D

Sama-sama gan.. terimakasih buat kunjungan dan komentarnya ya.. :)

sangat membantu sekali

terima kasih banyak ndorow.... ^_^

Terimakasih gan, dari kemarin ane pusing cara matiin monitor ane karena monitornya cuman punya saatu tombol (Power, dan menu jadi satu) jadi otomatis kalau tombolnya ter-lock LCDnya gk bisa mati,, :D

hehehe iya gan... model sekarang memang kayak gitu og... terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...

Sama-sama gan.. terimakasih sudah berkunjung ke blog ane ya...

Bagaimana klau tombolnya macam layar sentuh? Apakah cara ini bisa? Saya udah coba beberap kali dan melebihi 25 detik tetap tidak bisa unlock osd

Untuk yang ane alami ini juga tombol layarnya touchscreen gan. Jadi dipasin saja di bagian tombol powernya kemudian tahan kurang lebih 25 detik itu.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon