Wednesday, November 2, 2011

Hati-Hati Dengan Aktivitas Phishing Di Internet

Kangje.com - Dalam dunia komputer terutama internet, Phishing sudah sangat dikenal untuk mencari celah keamanan suatu account milik orang lain. Dengan teknik Phishing, kita dapat masuk ke account orang lain yang menjadi target kita ketika target kita tersebut sudah terjerumus ke dalam umpan yang telah disiapkan sebelumnya.

Teknik Phishing menggunakan cara clone interface target sama persis seperti aslinya. Jalan yang biasa dipakai adalah website. Teknik Phishing sering memakai website sebagai media untuk menaruh umpan, agar pelaku Phishing dapat memperoleh username dan password account yang ditargetkan.


Teknik hacking dengan cara Phishing memanfaatkan URL atau link yang dikirimkan kepada target, dan ketika target masuk ke dalam URL atau link tersebut, pelaku Phishing akan mendapatkan username dan password dari target yang sudah termakan.

Hati-Hati Dengan Aktivitas Phishing Di Internet


Hati-Hati Dengan Aktivitas Phishing Di Internet

Begitu miripnya alamat URL atau link yang dikirimkan kepada target dengan halaman yang asli dan originalnya, terget tidak akan menyadari bahwa dia telah termakan oleh URL atau link phishing. Tampilan face pada URL atau link yang digunakan untuk Phishing sangat mirip sekali dengan keadaan aslinya, yang membedakan hanya alamat URL yang berbeda dengan aslinya.

Untuk menghindari kejahatan seperti Phishing ini, tips yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Bukalah halaman web resmi yang menjadi tujuan kita, jangan memakai link atau URL yang belum kita ketahui seluk beluknya.
  • Lihat pada alamat URL yang tercantum pada kotak URL pada web browser. Apakah sama dengan yang aslinya atau berbeda. Kalau berbeda, jangan lanjutkan untuk menggunakan link atau URL tersebut.
  • Hindari mengunjungi blog atau web yang cenderung menawarkan cara hack dengan mudah atau cara mendapatkan password dan username, karena kemungkinan besar itu adalah umpan untuk mendapatkan account anda.
  • Gunakan selalu antivirus yang terupdate dan support untuk perlindungan terhadap virus, malware dan spyware.
  • Untuk yang sudah terkena jebakan dari Phishing, segeralah mengubah password pada account anda melalui pusat bantuan web account anda.

Demikian sedikit tips untuk mengetahui ciri-ciri Phishing dan mengantisipasinya. Sehingga kita tidak menjadi korban teknik hack yang satu ini. Semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati dalam menggunakan internet.
Advertisement

2 comments

Maaf gan, ane masih newbie..apakah ada perintah atw cara agar website yg kita buat tidak di Block atw dikenal sebagai Phising oleh Host yg menjadi sarana kita...saya menggunakan IdHostinger...thank's

jika membangunnya dengan baik, misal menggunakan CMS yang baik dan plugin yang tertanam juga baik, saya rasa tidak ada masalah meskipun hostingnya di hosting gratisan. Berilah keamanan tambahan pada website yang agan bangun, misal memakai plugin keamanan yang baik.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon