Thursday, October 13, 2011

Berkreasi Dengan Google SketchUp untuk Arsitektur 3D

Kangje.com - Google SketchUp merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh raksasa internet Google. Software ini berupa software untuk menggambar sketsa grafik dengan hasil tiga dimensi (3D). Software ini dalam penggunaannya relatif lebih mudah dibandingkan dengan program sejenisnya seperti Blender.

Kemampuannya untuk menggambar tida dimensi (3D) juga tidak kalah dengan Blender. Ada dua paket yang ditawarkan oleh Google terkait produk ini. Yang pertama adalah Google SketchUp dengan penawaran GRATIS dan Google SketchUp Pro dengan penawaran berbayar.

Perbedaan antara yang gratis dengan yang berbayar adalah pada fasilitas berbagi file (ekspor/impor) hasil dari software tiga dimensi (3D) yang lainnya. Bagi pemula, Google SketchUp yang gratis sudah sangat mencukupi untuk bekerja membuat sketsa arsitektur yang dikehendaki.

Yang menambah nilai dari Google SketchUp ini adalah Google menambahkan beberapa komponen-komponen (bentuk hasil dari SketchUp yang sudah jadi) dan dapat di-download dengan gratis. Ada bentuk-bentuk transportasi, arsitektur, taman, ataupun material yang telah disediakan oleh Google untuk mengangkat nama Google SketchUp. Google sendiri memberikan contoh-contoh tersebut sebagai free-pack untuk produk Google SketchUp tersebut.
Berkreasi Dengan Google SketchUp untuk Arsitektur 3D

Berkreasi Dengan Google SketchUp untuk Arsitektur 3D

Yang menarik lagi, adanya Blogger yang membuat video tutorial dalam penggunaan Google SketchUp. Video tersebut dibuat dengan mode flash yang lebih mudah dipahami langkah latihannya. Bahasa yang digunakan dalam video tutorial tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Jumlah video tutorial itu bukan hanya satu, tetapi ada 12 video tutorial yang dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat sebuah karya dengan Google SketchUp

Step by step dari pengenalan Google SketchUp sampai dengan materi-materi yang lebih kompleks dibahas dalam masing-masing video tutorial ini. Yang membuat vidoe tutorial tersebut adalah dari situs Sangguru. Untuk vidoenya silahkan lihat di Youtube Channel resmi dari Sangguru disini.

Kalian bisa belajar Google SketchUp secara gratis melalui video tersebut. Selain itu kalian juga dapat bertanya melalui kolom komentar jika mengalami kesulitan saat belajar. Setelah mahir kalian dapat mengembangkannya untuk keperluan yang lebih luas.

Untuk latihan silahkan download versi FREE Google SketchUp ini. Jika sudah mahir silahkan untuk meningkatkan fitur dengan membeli lisensi asli.

Demikian informasi kali ini tentang Google SketchUp untuk merancang bangun 3D. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

1 comments:

wah adf.ly...wkwkwk

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon